Mengetahui Akun Google Aman atau Tidak, Simak Cara Mengeceknya!

Mengetahui Akun Google Aman
Ilustrasi Mengetahui Akun Google Aman. Foto: Ist/Net

Mengetahui akun Google aman atau tidak dapat Anda lakukan dengan cara cukup sederhana. Keamanan akun Google adalah salah satu hal yang perlu pengguna perhatikan.

Baca juga: Menghapus Akun Google di HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Karena pada akun ini berisi berbagai data pribadi yang dapat disalahgunakan oleh pihak lain. Para pengguna dapat cek keamanan akun Google.

Selain itu, pengguna juga dapat melihat apakah komputer, smartphone, maupun perangkat lain tengah atau telah menggunakan akun Google pengguna.

Dalam hal ini, pengguna dapat memeriksa informasi untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang menggunakan akun pengguna. Sehingga dapat memastikan dan mengetahui akun Google aman dari peretes.

Cara Mengetahui Akun Google Aman atau Tidak

Saat ini, serangan malware Gooligan atau perpaduan Google dan Hooligan yang mengincar perangkat Android, sudah menginfeksi jutaan akun Google.

Pada perangkat Android yang telah terkena malware Gooligan saat ini mengalami peningkatan sebanyak 13.000 pengguna dalam setiap harinya.

Berdasarkan studi dari Check Point Gooligan pada umumnya membidik perangkat yang berjalan pada Android 4 (Jelly Bean dan Kitkat) serta Android 5 (Lollipop).

Parahnya lagi, infeksi Gooligan tersebar melalui aplikasi pihak ketiga pada toko aplikasi. Lalu sejumlah tautan phising ke pesan singkat untuk mencuri informasi pribadi dalam mengetahui akun Google aman atau tidak.

Selain itu, infeksi Gooligan akan membuat software tools terunduh untuk mencuri token pada Google Drive, Google Play, Gmail, dan berbagai jenis program lainnya tanpa sepengetahuan para penggunanya.

Seperti penjelasan sebelumnya, mengetahui akun Google aman atau tidak merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan karena berhubungan dengan berbagai data pribadi yang tersimpan.

Baca juga: Cara Mengatasi Google Keeps Stopping untuk Semua Perangkat Android

Oleh karena itu, jangan sampai data pribadi tersebut disalahgunakan oleh pihak lain. Untuk mengecek keamanan akun Google yang Anda miliki, dapat memeriksa informasi tersebut untuk memastikan tidak ada pihak lain yang menyalahgunakan akun Anda.

Sebagai pengguna perangkat mobile, kita harus lebih waspada serta berhati-hati jika hal ini terjadi. Akan tetapi, untuk memastikannya, Anda dapat mencari tahu sendiri apakah akun Google Anda pernah diretas atau tidak.

Berikut ini beberapa cara mengetahui akun Google aman atau tidak yang dapat Anda lakukan:

Melalui Situs Check Point

Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Langkah pertama, masukkan email Anda yang kemudian sistem akan mengeluarkan hasil apakah akun Google Anda pernah disusupi atau tidak.
  2. Selanjutnya cek pada postingan blog yang terdapat pada situs Check Point untuk mencari daftar aplikasi yang terinfeksi Gooligan. Siapa tahu, di antara aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang telah Anda pasang
  3. Jika benar akun Google Anda telah diretas, jangan panik terlebih dahulu. Cobalah untuk wipe akun Anda pada perangkat Android. Lalu lakukan clean install ataupun metode instal sistem operasi (OS). Anda juga dapat hapus data-data pada partisi yang Anda jadikan sebagai tempat menginstal OS.
  4. Langkah terakhir, ubah kata sandi akun Google pada perangkat yang Anda gunakan.

Cara mengetahui akun Google aman selanjutnya adalah dengan menggunakan alamat web https://myaccount.google.com/. Berikut ini cara pengecekannya:

Memeriksa Perangkat yang Pengguna Gunakan untuk Login

  1. Langkah pertama, buka akun Google dengan cara mengakses alamat https://myaccount.google.com/.
  2. Selanjutnya pada panel navigasi kiri, klik opsi keamanan.
  3. Berikutnya gulir ke bagian bawah hingga Anda akan menemukan panel perangkat.
  4. Lalu pilih opsi Kelola Perangkat, maka pengguna akan lihat perangkat apa saja yang saat ini tengah login ke akun milik Anda.
  5. Untuk keterangan lebih lengkap, silahkan Anda klik pada perangkat.

Memeriksa Perangkat yang Baru-baru ini Digunakan untuk Logout

Dalam memeriksa perangkat yang baru-baru ini digunakan untuk logout akun Google Anda, pertama buka akun Google dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/. Lalu pada panel navigasi kiri, pilih Keamanan.

Baca juga: Mengaktifkan Tab Google Chat di Gmail Android, Ini Caranya

Gulir hingga bagian bawah dan temukan panel Perangkat Anda. Pilih “Kelola Perangkat”. Selanjutnya gulir kembali ke bawah menuju “Perangkat yang Anda gunakan untuk logout”. Maka Anda akan melihat perangkat pengguna gunakan untuk logout dari akun Google dalam 28 hari terakhir ini.

Cara Logout pada Perangkat yang Sudah Tidak Digunakan Lagi

Untuk mengetahui akun Google aman atau tidak, maka sebaiknya Anda harus logout pada perangkat yang hilang atau bukan milik Anda lagi.

Sebagai langkah logout pada perangkat yang sudah tidak Anda gunakan lagi, caranya dengan buka Akun Google yakni dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/.

Selanjutnya pada panel navigasi yang terdapat di sebelah kiri, klik Keamanan. Gulir menuju bagian bawah hingga Anda menemukan panel Perangkat Anda dan pilih “Kelola Perangkat > Perangkat > Logout.

Amankah Akun dari Perangkat yang Tidak Dikenal

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buka akun Google dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/. Kemudian pada panel navigasi sebelah kiri, klik Keamanan.

Selanjutnya gulir ke bagian bawah hingga temukan panel Perangkat Anda, pilihlah Kelola Perangkat dan pilih opsi Tak Mengenali Perangkat. Anda dapat mencari beberapa tanda di bawah ini apabila orang lain sedang menggunakan akun Anda: Dengan cara itu dapat memastikan dan mengetahui akun Google Anda aman.

Anda Tidak Mengenali Perangkat

Dalam hal ini, Anda mungkin tak mengenali aktivitas yang perlu Anda lakukan apabila:

  • Anda mulai memakai adanya perangkat baru
  • Anda memakai perangkat orang lain atau komputer publik. Dengan demikian, Anda perlu mempelajari bagaimana cara logout pada perangkat publik yang tidak berada di dekat Anda lagi.
  • Anda dalam beberapa waktu terakhir menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik. Pada proses ini, perangkat Anda pun akan tetap muncul.

Anda Sedang Tidak Berada di Lokasi pada Waktu yang Dicantumkan

Para pengguna juga mungkin tak mengenali lokasi area Anda berada sebenarnya apabila:

  • Anda melihat tempat terdekat, akan tetapi bukan lokasi yang tepat. Di sini Anda juga perlu mempelajari bagaimana menentukan lokasi perangkat.
  • Anda pergi ke area tersebut atau berhentilah sebentar, seperti di bandara.
  • Anda tidak ingat menggunakan akun Google Anda pada tanggal dan waktu tertentu
    Kemungkinan Anda juga tidak mengenal tanggal serta waktu tertentu apabila mempunyai aplikasi yang terhubung pada akun Google yang Anda miliki. Mulai dari Gmail atau Kalender, karena waktunya dapat menjadi lebih baru daripada yang Anda ingat.
  • Anda melihat browser yang berbeda seperti Chrome atau Safari dengan browser yang biasa Anda gunakan.

Melalui Avast Hack Heck

Cara mengetahui akun Google aman atau tidak selanjutnya adalah dengan mengeceknya melalui https://www.avast.com/hackheck/. Melalui situs ini, pengguna hanya perlu memasukkan alamat email pada kolom pemeriksaan.

Selanjutnya Avast akan mengirimkan hasil pemeriksaan ke alamat email yang dapat Anda periksa secara detail. Termasuk pada saat terhubung dengan situs mana.

Pada kasus yang berbeda, password yang mengalami kebocoran dalam bentuk enkripsi tanpa adanya bantuan pengetahuan khusus namun tetap mempunyai potensi bocor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengubah seluruh password yang menggunakan email tersebut.

Berdasarkan laman Avast Hack Heck, terdapat 30.031.208.297 kata sandi yang telah mereka peroleh sebagai bagian dari pelanggaran keamanan. Bentuk lain dari aktivitas online ilegal dalam mengetahui akun Google aman atau tidak.

Have I Been Pwned (HIBP)

Hampir sama dengan Avast, Have I Been Pwned juga dapat melacak keamanan dari akun Google yang Anda miliki. Caranya serupa, yakni dengan memasukkan alamat email atau username pada laman https:haveibeenpwned.com/.

Selanjutnya situs HBIP pun akan menampilkan hasil pemeriksaan. Selain itu, HBIP juga dapat memeriksa akun untuk tautan langsung pada akun tertentu.

Melalui fitur tersebut, Anda dapat langsung memperoleh hasil untuk satu alamat email tertentu. Terutama apabila Anda berencana akan melakukan banyak pencarian ulang.

1Password

1Password merupakan salah satu pengelola password yang cukup direkomendasikan oleh sejumlah ahli keamanan. Sehingga pengguna dapat memastikan dan mengetahui akun Google aman. Selain dapat menyimpan kata kunci dalam sebuah database terenkripsi, juga dapat menghasilkan password yang kompleks, unik, serta random untuk setiap layanan juga situs.

Baca juga: Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru Lebih Aman, Ini Caranya!

1Password juga dapat memperingatkan para pengguna jika terdapat password yang telah tersusupi. Di dalamnya terdapat fitur Watchtower yang memungkinkan adanya pembaharuan yang dapat diterima setiap terdapat pelanggaran keamanan baru yang dilaporkan.

Lalu ditambahkan ke dalam database HBIP. Oleh karena itu, pengguna tidak harus secara manual memasukkan setiap sandi yang akan mereka periksa.

Maka secara otomatis, fitur Watchtower mampu memberi tahu pengguna apabila terdapat peretasan kata sandi yang pengguna temukan.

Google Chrome

Peramban web Google Chrome dapat menjadi langkah berikutnya untuk mengetahui akun Google aman atau tidak. Melalui Google Chrome telah memberikan pembaharuan yang menyertakan fitur pemeriksaan kata sandi yang bertujuan untuk melihat apakah kata sandi yang Anda miliki tersusupi.

Mengutip dari Forbes, fitur ini bekerja secara lebih baik bagi pengguna yang memanfaatkan adanya pengelola kata sandi yang telah tersedia pada Google Chrome.

Untuk versi terbaru, Chrome 79, pengguna akan memperoleh peringatan apabila kata sandi pada situs yang telah Anda akses mengalami peretasan. Hal ini terjadi tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu pada browser.

Apabila versi ini telah tersedia serta Anda miliki, maka Anda dapat memeriksanya dengan masuk pada pengaturan browser yang berada di bawah “Sync and Google Services”.

Cara Lain Mengetahui Akun Google Aman atau Tidak dari Ancaman Hacker

Hacker terbagi dalam beberapa jenis, akan tetapi yang paling kita kenal adalah hacker black hat. Jenis hacker ini bertujuan untuk kejahatan dan telah banyak kasus seorang user kehilangan akun yang mereka miliki. Ada juga user yang hacker curi data penting dari akun tersebut.

Pihak Google sendiri telah memberikan fitur bagi para penggunanya agar dapat meningkatkan keamanan akun. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui hal ini.

Berikut ini trik mudah bagaimana mengetahui akun Google aman atau tidak dari ancaman Hacker:

  1. Langkah pertama login terlebih dahulu, kemudian klik tombol “Account”.
  2. Kemudian pilih pengaturan Security Checkup, lalu klik Get Started untuk mulai pengecekan akun Google
  3. Proses pengecekan pertama yang dapat Anda lakukan mengenai informasi recovery. Pastikan informasi recovery akun yang Anda miliki benar. Selalu up to date, kemudian klik Done.
  4. Selanjutnya periksa aktivitas akun Anda, apabila terdapat hal yang mencurigakan, maka langsung laporkan.
  5. Langkah berikutnya pastikan permissions atau izin perangkat mana saja yang terhubung dengan akun Google
  6. Pada saat semua kelihatan baik, maka klik Done dan pemeriksaan keamanan akun Anda pun selesai.

Mengetahui akun Google aman atau tidak adalah salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Karena setiap produk Google terhubung dengan satu akun.

Mulai dari Gmail, Google Drive, YouTube, dan berbagai produk Google lainnya. Dengan tercurinya akun Google yang kita miliki, maka data dari setiap produk tersebut menjadi sangat mudah terakses oleh pihak lain. Kini Anda bisa mengetahui akun Google aman atau tidak. (R10/HR-Online)