Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi, Begini Caranya Paling Mudah!

Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi, Begini Caranya Paling Mudah!
Ilustrasi Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi. Foto: Ist/Net

Mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi cukup penting Anda ketahui agar tampilannya menjadi lebih menarik dan unik. Memang di dalam aplikasi WhatsApp sendiri sudah tersedia wallpaper default yang sudah dapat Anda ubah agar tampilan background menarik.

Baca juga: Begini Cara Melihat Status WhatsApp Teman Tanpa Diketahui Pemiliknya

Meski demikian tema default dari WhatsApp sendiri masih membosankan karena hanya berupa gambar polos saja. Sehingga hal ini akan membuat tampilan background Anda sangat monoton dan membosankan.

Untuk tema dari aplikasi tersebut masih default dan tidak dapat diganti menggunakan tema yang Anda inginkan. Meski demikian, saat ini WhatsApp telah meng-upgrade tema baru yang bisa Anda lakukan.

Ingin mengganti tampilan background WhatsApp dengan mudah atau tanpa aplikasi? Anda tidak perlu khawatir dan bingung, sebab kali ini kita akan membahas seputar cara mengganti tema WhatsApp dengan beberapa langkah paling mudah.

Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi Paling Mudah dan Tidak Membosankan

Di era modern seperti sekarang ini, WhatsApp telah memiliki banyak fitur menarik serta banyak perubahan terbaru yang bisa Anda rasakan. Jadi tak heran jika aplikasi yang satu ini kini sudah menjamur di kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebab, dengan WhatsApp akan memudahkan kita untuk menjalin komunikasi antara satu orang dengan yang lain. Sehingga aplikasi yang satu ini sangat wajib Anda miliki karena juga memiliki banyak modifikasi yang jauh lebih menarik dan unik.

Jika Anda menggunakan WhatsApp bawaan tentu ingin menikmati hal yang berbeda bukan? Artinya dalam hal ini, sesuatu hal yang cukup menonjol adalah pada bagian tampilan tema WhatsApp.

Sebab kita sering merasa bosan dengan background atau tampilan tema WhatsApp Original yang hanya itu-itu saja. Oleh karena itu, mengganti tema merupakan cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa bosan Anda.

Karena dengan mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi, maka Anda akan merasa lebih bahagia karena tampilannya sangat menarik. Bahkan tidak hanya satu jenis tema yang bisa Anda gunakan, bahkan dengan foto Anda sendiri sudah bisa Anda jadikan sebagai tema.

Maka dari itu Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab kami telah menyediakan panduan yang mudah untuk mengganti tema WhatsApp. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Mengganti Tema pada WhatsApp Bawaan Tanpa Aplikasi

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas seputar tips mengganti tema WhatsApp bawaan dengan menggunakan foto sendiri. Bahkan dengan menggunakan tema ini, Anda tidak perlu melakukan proses root dahulu pada Android.

Caranya cukup dengan mengubah tampilan atau background pada layar utama WhatsApp menggunakan foto sendiri atau gambar yang lain. Tidak hanya itu saja, melainkan juga dapat menggunakan aplikasi tambahan jika Anda ingin mencobanya.

Baca juga: Aplikasi Font untuk Whatsapp, Pengguna Android dan iOS Wajib Punya

Maka dari itu Anda perlu menyimak bagaimana caranya untuk mengganti tema WhatsApp dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi. Tujuannya agar Anda bisa langsung mencoba atau mempraktekkannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Menggunakan Foto Sendiri

Supaya chatting yang Anda lakukan lebih menarik lagi dan tidak membosankan, maka Mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi adalah hal yang cocok. Misalnya saja seperti mengganti tema menggunakan foto sendiri, karena hal ini sangat mudah untuk Anda lakukan.

Pasalnya gambar background yang sesuai dengan keinginan kita, akan membuat suasana lebih menarik dan tidak terlihat monoton. Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini!

Pertama-tama, Anda langsung membuka aplikasi WhatsApp yang ada di Android lalu membuka menu Settings pada bagian titik tiga bagian pojok kanan atas. Selanjutnya akan muncul pilihan menu Pengaturan dan yang paling bawah terdapat menu lainnya dan bisa Anda pilih.

Langkah berikutnya adalah pilih opsi Chat dan klik tulisan Wallpaper lalu pilih gambar yang ada di galeri Anda. Ketika Anda sudah memilihnya, maka tingkat klik opsi Setel dan secara otomatis foto atau gambar Anda sudah menjadi tema background.

Jika Anda sudah merasa bosan, maka bisa mengganti tema yang lain dengan cara yang sama seperti di atas. Seperti opsi default yang sudah tersedia untuk Anda yang ingin menggunakan tema sederhana dari aplikasi bawaan itu sendiri.

Menggunakan Wallpaper Lain

Cara mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi berikutnya yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah dengan mengubah wallpaper Anda. Sebab, aplikasi pengirim pesan ini telah menyebabkan banyak wallpaper yang sangat menarik.

Bahkan wallpaper seperti ini telah rilis secara resmi dari pihak WhatsApp itu sendiri. Apabila Anda ingin mencoba wallpaper tersebut, maka bisa langsung mendownloadnya pada laman WhatsApp Inc. Jika wallpaper tersebut sudah Anda unduh, selanjutnya ikuti langkah-langkah pemasangannya berikut ini.

Pertama Anda bisa membuka aplikasi WhatsApp yang sudah ada di HP Android Anda dengan memilih menu Settings pada bagian pojok atas. Selanjutnya pilih opsi Pengaturan yang ada pada pilihan paling bawah.

Pilih opsi Chat, klik opsi Wallpaper lalu pilih Galeri WhatsApp dengan tema yang Anda inginkan. Pilih salah satu wallpaper yang sudah Anda pilih kemudian tekan tombol Setel. Maa secara otomatis tema wallpaper WhatsApp Anda sudah berubah sesuai keinginan Anda.

Merubah Dark Mode

Tips mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan mengubah tema background menjadi dark mode. Bahkan baru-baru ini pengembang WhatsApp telah menambahkan sebuah fitur dark mode dalam aplikasi tersebut.

Pasalnya mode ini sangat berguna saat aplikasi Anda gunakan dalam kondisi lingkungan yang minim cahaya. Sehingga hal ini akan mengurangi kerusakan mata karena adanya paparan cahaya dari Android minimalis.

Selain itu, mode terbaru ini juga bisa menghemat pemakaian baterai pada Smartphone Anda. Jadi tak heran lagi jika mengganti tema seperti ini sangat diminati oleh orang banyak.

Pada dasarkan terdapat suatu perbedaan di pengaturan dark mode atau mode gelap pada smartphone berbasis iOS/iPhone dan sistem Android biasa. Mau tahu caranya? Ini langkah-langkahnya!

Baca juga: Cara Mematikan Auto Download WhatsApp, Hemat Kuota dan Memori HP

Smartphone Berbasis Sistem IOS iPhone

Pertama bagi Anda pengguna smartphone berbasis IOS atau iPhone bisa mengikuti cara ini untuk mengubah tema menjadi dark mode. Sehingga cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi menjadi dark mode atau mode gelap bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jika Anda memang telah menggunakan iOS 11, maka sudah tersedia sebuah pilihan menu bernama Pembalikan Cerdas. Menu ini adalah menu yang biasanya digunakan sebagai pengaktifan dark mode pada perangkat iPhone.

Fungsi dari dark mode pada iPhone juga sama halnya seperti smartphone berbasis Android pada umumnya. Untuk bisa melakukannya maka ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Pertama-tama Anda bisa memilih menu Settings yang sudah tersedia di aplikasi WhatsApp pada perangkat iPhone Anda. Selanjutnya pilihlah yang opsi Display & Brightness dan pilih Turn dark Mode On untuk mengaktifkannya menjadi mode gelap. Maka secara otomatis tema background Anda sudah berhasil.

Smartphone Berbasis Sistem Android

Bagi pengguna Android, mode gelap seperti ini hanya bisa dijalankan pada versi beta dari Android 10 atau Android Q. Mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi adalah dengan langsung masuk saja ke menu Setting maupun Pengaturan Anda dan pilih opsi Tampilan.

Selanjutnya bisa memilih Dark atau Gelap sesuai bahasa yang Anda gunakan pada HP Smartphone tersebut. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Pertama-tama masuk terlebih dahulu ke aplikasi WhatsApp pada Android Anda. Selanjutnya pilihlah menu Setting atau pengaturan pada bagian titik kanan atas di layar HP Anda.

Lalu buka opsi Tentang telepon atau About Phone dan klik opsi Build Number hingga tujuh kali. Berikutnya kembali lagi pada halaman Pengaturan Utama dengan membuka menu Opsi Pengembang.

Lanjutnya lagi dengan cara mengaktifkan opsi Override Force dark untuk menerapkan mode gelap ke seluruh aplikasi. Selesai maka secara otomatis tema WhatsApp Anda sudah berubah menjadi gelap.

Mengganti Tema pada WhatsApp Original

Cara mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi original ini bisa Anda lakukan apabila HP Android sudah memiliki tema bawaan sendiri. Sebab, penggantian tema pada whatsApp original bisa Anda lakukan melalui aplikasi tema bawaan Android.

Misalnya saja seperti smartphone merk Xiaomi yang bisa langsung Anda gunakan dengan mudah. Pasalnya HP ini tentu sangat mendukung fitur tersebut karena mempunyai aplikasi tema bawaan yang sudah bisa langsung Anda buka dengan mudah.

Pertama Anda cukup dengan membuka aplikasi tema bawaan HP Android tersebut. Selanjutnya pada menu pencarian ketika tulisan Dark Apek kemudian Anda bisa langsung mengunduh dan menerapkannya. Secara otomatis tema WhatsApp Anda sudah langsung terganti.

Mengganti Chat Gelembung

Selain hanya bisa mengubah tema WhatsApp original saja, cara seperti ini juga bisa Anda gunakan untuk mengganti tampilan chat gelembung. Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi yang bisa Anda lakukan adalah seperti:

Buka terlebih dahulu aplikasi tema bawaan HP Android Anda. Kemudian pilih menu Pencarian dan menulis Initial J dan unduh. Setelah Anda mengunduh maka bisa langsung menerakanya dan secara otomatis tampilan gelembung chat Anda sudah terganti.

Walaupun tidak akan mengganti tema WhatsApp secara keseluruhan, namun cara ini lebih efektif yang bisa Anda lakukan. Anda bisa langsung mencobanya sendiri sesuai dengan tutorial seperti di atas tadi.

Tentang WhatsApp

Ingin mengubah tema dari aplikasi WhatsApp supaya tidak bosan? Anda tidak perlu khawatir sebab cara mengganti tema Whatsapp tidak terlalu sulit serta tanpa menggunakan aplikasi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan yang sangat populer untuk semua kalangan. Bahkan lebih dari 83% pengguna internet di Tanah Air telah menggunakan WhatsApp sebagai layanan untuk melakukan komunikasi.

Jadi, hal yang sangat wajar jika saat ini telah banyak pengguna Android atau iPhone yang selalu menghabiskan waktunya untuk menggunakan WhatsApp. Selain hanya bisa mengirim dan menerima pesan, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk membuat status atau story seperti akun Instagram maupun Facebook.

Bahkan pengguna aplikasi WhatsApp sendiri mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa pasti telah menggunakannya. Jadi tak heran jika aplikasi ini kini semakin populer.

Setelah mengetahui cara mengganti tema WhatsApp tanpa aplikasi, mungkin Anda ingin segera mencobanya agar tampilan tidak membosankan. Karena langkah-langkahnya sangat mudah tanpa harus bantuan dengan aplikasi tambahan lain. (R10/HR-Online)