Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruMenghilangkan Plak Kuning di Gigi Hingga Bersih, Begini Caranya!

Menghilangkan Plak Kuning di Gigi Hingga Bersih, Begini Caranya!

Menghilangkan plak kuning di gigi ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Asalkan rutin melakukan pengobatan dengan ditambah menghentikan kebiasaan yang bisa memicunya, tanda kuning yang menempel di gigi dijamin akan hilang.

Baca juga: Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami yang Efektif

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada rongga mulut adalah karang gigi. Sayangnya permasalah ini kerap kali diremehkan. Padahal informasi tentang cara menghilangkan plak gigi sangatlah penting.

Jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan berbagai permasalahan. Lantas bagaimana tips ampuh menghilangkan plak kuning di gigi? Yuk simak informasinya di sini.

Langkah Mudah Menghilangkan Plak Kuning di Gigi

Menggunakan Proses Scaling

Cara pertama yang paling cepat untuk menghilangkan plak gigi adalah dengan menggunakan proses scalling oleh dokter gigi. Sebenarnya pilihan ini adalah yang paling praktis karena plak tebal yang sudah mengeras hanya bisa dihilangkan menggunakan perawatan khusus.

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Alat khusus ini bekerja untuk merontokkan karang yang ada di sela sela gigi dan bagian atas gusi yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi.

Cara menghilangkan plak kuning di gigi ini idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali, sehingga karang gigi yang menumpuk dapat dihilangkan tanpa perlu waktu yang lama. Semakin banyak karang giginya, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk scaling.

Berkumur Secara Rutin dengan Obat Kumur

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan obat kumur setiap hari yaitu di pagi, sore, dan malam hari. Selain itu, pastikan bahwa obat kumur yang digunakan memang memiliki khasiat yang untuk merontokkan karang gigi dengan efektif. Produk tersebut juga bisa menyegarkan aroma napas.

Baca juga: Dijamin Manjur! Ini Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Gigi

Berkaitan dengan obat kumur, ada baiknya jika anda memilih produk yang bebas alkohol. Komponen tersebut akan menyebabkan mulut menjadi kering. Takutnya, cara menghilangkan plak kuning di gigi yang anda tempuh ini malah membuat mulut terasa tidak nyaman. Selain itu perhatikan pula apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau tidak.

Membersihkan Karang Gigi dengan Benang

Langkah ketiga yang bisa anda lakukan untuk membersihkan karang gigi adalah menggunakan benang. Cara ini adalah yang paling manual, karena tidak memerlukan bahan tertentu. Anda hanya perlu seutas benang khusus yang bernama dental floss. Kemudian selipkan benang tersebut di sela sela gigi kemudian gerakkan benang secara perlahan.

Rutin membersihkan gigi dengan dental floss juga dapat mengurangi resiko penyakit gusi dan bau mulut. Dengan begitu, rongga mulut akan menjadi lebih bersih. Agar hasil yang didapat lebih efektif, lebih baik anda mempraktekkan cara menghilangkan plak kuning di gigi ini setelah menyikat gigi. Akan tetapi anda harus melakukannya dengan hati hati agar tidak menimbulkan luka di gusi.

Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Bahan keempat yang dapat digunakan untuk menghilangkan plak kuning di gigi adalah baking soda. Anda hanya perlu menggunakan bahan tersebut untuk menyikat gigi. Tidak hanya aman untuk dicoba, bahan ini juga diklaim aman untuk dicoba. Soda kue ini mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Baca juga: Tak Perlu Habiskan Banyak Uang, Ini 10 Tips Putihkan Gigi

Berhenti Merokok

Anda juga bisa mencegah penumpukan plak gigi dengan menghindari kebiasaan yang membuat gigi menjadi kuning. Salah satunya adalah dengan berhenti merokok. Kandungan bahan kimia di dalam rokok dapat memicu karang kiki menjadi semakin banyak. Hal tersebut akan membuat cara menghilangkan plak gigi menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Begitulah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat gigi menjadi putih dan bersih. Meskipun terlihat remeh, namun prosedur ini perlu dilakukan agar rongga mulut menjadi terbebas dari berbagai permasalahan. Untuk informasi lebih dalam terkait dengan tips dan trik untuk menghilangkan plak kuning di gigi, anda bisa membukanya di sini(R10/HR-Online)

- Advertisment -