Mesin Pengolahan Sampah di Tasikmalaya Meledak, 1 Orang Luka-luka

Pengolahan Sampah
Korban ledakan pengolahan sampah yang mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Foto: Apip Wilianto/HR.

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Mesin pengolahan sampah di Tasikmalaya, Jawa Barat, meledak. Satu orang relawan kebersihan alami luka bakar dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa meledaknya mesin pengolahan sampah (incei krator) itu terjadi di Kampung Jareged, Desa Jayaputra, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (14/07/2021).

Sedangkan, relawan kebersihan yang menjadi korban dalam insiden tersebut bernama Dendi Saputra (32). Korban mengalami luka bakar pada bagian wajahnya, sehingga harus mendapatkan perawatan medis.

Saat warga membopong korban ke Puskesmas terdekat, kondisi sekujur tubuhnya penuh sisa-sisa pembakaran sampah berwarna hitam akibat meledaknya mesin sampah (incinerator).

Baca Juga : Tasikmalaya Zona Merah, Ruang Isolasi RSUD SMC Overload

Kepala Dusun Jareged, Sopyan Ependi mengatakan, ledakan terjadi dari mesin tungku uap pembakaran sampah, Saat itu korban sedang bakar sampah.

Ia menyebutkan, korban mengalami luka bakar pada bagian mata. Sampai sekarang matanya belum bisa ngebuka, karena bagian mukanya hampir semua mengalami luka bakar.

“Jadi tungku uap itu baru diperbaiki pada sore hari, dan pagi-pagi baru pembakaran. Namun pas siang hari meledak. Kesalahan tersebut tidak tahu apa penybabnya. Mungkin tungku pembakaran maksimal atau bagaimana,” tutur Sopyan, saat ditemui di RSUD SMC Tasikmalaya.

Korban merupakan relawan kebersihan sampah. Sedangkan, alat tersebut baru berjalan 3 minggu. Sedangkan, di tempat lain sudah ada yang berjalan sekitar 1 bulan.

“Sementara ini korban mendapat perawatan dalam ruang IGD RSUD SMC untuk penanganan medis. Agar luka bakarnya cepat kering dan bisa sehat seperti biasanya,” kata Sopyan. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva