Model Jendela Rumah Bagian Depan Untuk Hunian Lebih Indah

Model Jendela Rumah Bagian Depan Untuk Hunian Lebih Indah
Ilustrasi model jendela rumah bagian depan. Foto: Ist/Net

Model jendela rumah bagian depan yang tepat bisa memperindah hunian. Miliki rumah dengan desain masa kini untuk hunian lebih nyaman. Anda juga pasti merasa betah tinggal di dalamnya. Desain rumah masa kini terlihat dari berbagai aspek, salah satunya jendela. 

Memilih model jendela rumah tidak mudah. Hal itu karena perlu mempertimbangkan beberapa hal. Seperti halnya ukuran rumah sampai bahan yang dibutuhkan. Adanya jendela tidak hanya memperindah rumah. Namun jendela fungsinya juga untuk memperlancar udara dalam rumah.

Inilah Beberapa Model Jendela Rumah Bagian Depan

Sebelum membangun rumah, perlu mempertimbangkan model jendela. Untuk itu, ketahui beberapa jendela rumah bagian depan berikut ini.

Jendela Slide

Jendela slide sebagai salah satu gaya jendela rumah bagian depan. Model jendela rumah ini umumnya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang.

Baca Juga: Model Teralis Jendela Besi Ulir Untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Untuk membukanya dengan cara menggesernya. Pada bagian pinggir jendela terbuat dari kayu. Sehingga dapat menambah estetika pada model jendela rumah ini.

Awning Window

Model jendela rumah lainnya yaitu awning window. Jendela awning ini banyak penggunaannya, termasuk di Indonesia. Bentuk jendela rumah klasik yang satu ini juga memiliki fungsi agar air hujan dapat mengalir pada bukaan jendelanya secara langsung.

Sehingga percikan air nantinya tidak akan masuk ke dalam rumah. Terlebih saat jendelanya dalam kondisi terbuka. Biasanya awning window banyak penggunaannya pada kabin ruang-ruang yang lebih mementingkan ventilasi udara daripada estetika.

Jendela Lipat

Model jendela rumah bagian depan lainnya yang dapat menjadi pilihan adalah jendela lipat. Bentuk jendela rumah satu ini tampak cukup unik. Hal itu karena penggunaannya sebagai penyekat ruangan. 

Baca Juga: Skylight Rumah Minimalis Untuk Jalan Cahaya Alami

Bentuk jendela rumah klasik ini juga sudah lama penggunaannya. Biasa digunakan untuk ruangan yang berbatasan langsung pada area terbuka. Seperti pada area taman atau kolam renang. Selain itu, penggunaannya untuk rumah-rumah zaman dahulu.

Jendela Gaya Eropa Klasik

Bagi Anda yang lebih menyukai hal-hal klasik dan tampak mewah, gaya jendela Eropa klasik ini juga cocok Anda gunakan. Jendela gaya Eropa klasik umumnya memiliki bentuk persegi. Model jendelanya dengan tambahan bentuk busur pada bagian atasnya.

Bagian tengahnya memiliki rangka-rangka dari kayu. Sehingga akan menjadikan jendela tampak semakin unik dan menarik apabila melihat jendelanya dari bagian depan rumah.

Jendela Transom

Bagi Anda yang tidak menyukai hal-hal biasa, maka model jendela rumah bagian depan ini cocok untuk Anda gunakan. Jendela transom sebagai salah satu jenis jendela yang mudah menjumpainya pada rumah luar negeri. 

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 3 Kamar, Inspirasi Tata Ruang yang Praktis

Jendela ini memiliki gaya klasik, namun telah mengalami pengembangan. Sehingga penggunaannya juga untuk rumah-rumah klasik modern.

Gaya jendela rumah klasik ini letaknya di atas jendela besar yang ada di rumah. Lalu memiliki rangka-rangka kayu pada bagian tengahnya. 

Frosted Window

Gaya jendela rumah bagian depan lainnya yang dapat menjadi pilihan Anda adalah frosted window. Desain jendela rumah bagian depan tersebut tampak berbeda dengan jendela-jendela lain. Hal itu karena bagian kacanya semi transparan ataupun buram. 

Jendela Casement

Model jendela rumah bagian depan lainnya yaitu jendela casement. Jendela satu ini juga banyak yang menyebutnya dengan jendela jungkat-jungkit. Bentuk jendela rumah satu ini juga populer.

Hal itu karena telah banyak penggunaannya. Model jendela ini tak memiliki rangka pada sisi tengahnya. Namun hanya terdapat kaca transparan dengan ukuran besar. Gaya jendela rumah ini cara membukanya dengan didorong ke luar.

Selain itu, juga dapat membukanya ke arah samping. Apabila Anda tipe orang yang tidak menyukai privasi dalam rumah terlihat oleh orang lain, maka bentuk jendela rumah satu ini cocok untuk Anda gunakan.

Jendela Statis

Berbeda dengan model jendela lainnya. Jendela rumah statis ini hadir dengan keunikan sendiri. Jendela rumah satu ini tidak dapat terbuka sama sekali. Hal itu karena fungsinya yang hanya sebagai tempat masuknya cahaya. Selain itu, juga akan menambah estetika rumah.

Kini Anda dapat mengetahui model jendela rumah bagian depan. Sehingga dapat memilih model jendela yang sesuai dengan desain rumah Anda. Anda bisa jadikan model ini sebagai referensi. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang