MPV Hyundai Staria Kini Hadir dengan Gaya Futuristik

MPV Hyundai Staria Kini Hadir dengan Gaya Futuristik
Ilustrasi MPV Hyundai Staria. Foto: Ist/Net

MPV Hyundai Staria kini mulai diperkenalkan. Mobil MPV terbaru besutan pabrikan otomotif dengan logo ‘H’ miring yang asalnya dari Negeri Gingseng, Hyundai Staria 2021 sepertinya akan melantai di Tanah Air pada tahun ini.

Baca juga: Mobil Hyundai Staria, Dikabarkan Sebagai Pesaing Toyota Avanza

Sebelumnya, produk terbaru dengan penampilan futuristik. Mobil MPV dari Hyundai Staria ini tertangkap kamera di Negara Gajah Putih. Hadir berselimutkan kamuflase sedang mencoba uji jalan.

Desain MPV Hyundai Staria

Tampak dalam beberapa foto yang tersebar pada media sosial, Staria menampilkan sisi eksteriornya menyerupai pesawat luar angkasa. Hyundai Staria mempunyai bentuk dengan kesan sangat futuristik.

Pada sisi fascia mobil ini menggunakan teknologi LED Daytime Running Light. Tepatnya pada bagian bawah bonnet dengan model pipih. Tampak seolah terhubung pada kedua sisinya. Sedangkan lampu utama letaknya pada bagian bawah menyatu dengan bumper.

Melihat bagian sampingnya pada teaser, mobil ini terdapat jendela model panoramic. Tampak sangat lebar untuk memberikan tingkat visibilitas semakin leluasa. Bagian lingkar rodanya, MPV Hyundai Staria tampak begitu dinamis.

Dengan mengusung model diamond cut berkelir two-tone. Bergeser ke bagian buritannya, Staria juga menggunakan lampu LED. Bentuknya vertikal memanjang, tampak begitu modern.

Varian

Masih melansir data pada NJKB, untuk saat ini Hyundai Staria 2021 hanya memiliki satu varian. Varian dari Hyundai tersebut STARIA 2.2 2WD 8AT.

Tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada varian lainnya apabila suatu saat MPV Hyundai Staria akan meluncur di Indonesia. Kabarnya menyebutkan bahwa Staria akan menjadi suksesor Hyundai H-1. Hyundai Staria dapat menampung 8 hingga 11 penumpang.

Baca juga: Hyundai Genesis G70 Shooting Brake Hadir Untuk Pasar Eropa

Melihat prediksi mengenai harga dan daya tampung yang ada, maka pesaing terdekat kelas atas mobil ini adalah Honda Odyssey. Sedangkan pesaing terdekat kelas bawahnya sepertinya adalah Toyota Voxy.

Staria juga menggunakan pintu geser pada baris keduanya. Tidak hanya pintu geser biasa, namun menggunakan power sliding door. Pintu tersebut akan memudahkan saat hendak menutup ataupun membuka pintunya secara otomatis.

Mesin

Hyundai Staria akan menggunakan mesin 2.200 cc. Sepertinya jantung pacu yang ada pada MPV terbaru Hyundai ini sama halnya mesin diesel. Mesin yang penggunaannya pada Hyundai Santa Fe.

Secara data, mesin diesel turbo dengan kode D4HB akan menghasilkan tenaga 193 PS @3.800 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimalnya 441 Nm @1.750-2.750 rpm. Mengenai sistem penggeraknya, MPV Hyundai Staria akan menggunakan satu sumbu.

Sebelum ditranslasikan pada penggerak roda belakang (Rear-Wheel Drive) putaran percepatannya akan diatur menggunakan transmisi secara otomatis 8-speed.

Fitur MPV Hyundai Staria

Hyundai Staria 2021 akan memperoleh panel instrumen full digital 10,25 inci. Memiliki jok nappa leather, premium relaxation seat, dual sunroof, dan speaker BOSE. Selain itu, adanya rem parkir elektrik, auto AC, power tailgate, dan surround view monitor.

Mengenai fitur keselamatan, Hyundai Staria telah menggunakan 6 airbags. Bagian kursinya lengkap dengan sabuk pengaman three-point dan sandaran kepala. Keamanan berkendara Hyundai Staria ini semakin lengkap.

Dengan dukungan fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Hal ini untuk memberikan perlindungan terhadap penumpang baris kedua sampai paling belakang.

Saat ingin membuka pintu dapat mencegahnya dengan Safe Exit Assist (SEA). Selain itu, MPV Hyundai Staria terdapat Rear Occupant Alert (ROA). Cara kerjanya menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudinya.

Peringatan apabila penumpang pada bagian belakang masih ada yang tertinggal dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan. Hyundai Staria juga membenamkan Wireless Module Seat Belt Reminder (WM- SBR). Fitur pengingat akan penggunaan sabuk keamanan pertama di dunia.

Baca juga: Spesifikasi Hyundai Alcazar, Sebagai Versi Modifikasi Seri SUV Creta

Fitur ini telah mengusung teknologi komunikasi nirkabel. Memudahkan penumpang untuk menikmati keuntungan adanya sistem pengingat sabuk pengaman. Selain itu, juga kemampuan geser panjang pada waktu yang sama.

Harga

Penelusuran dari NJKB DKI Jakarta, Hyundai Staria 2021 bertuliskan harga Rp450.000.000. Apabila meluncur di Tanah Air dalam waktu dekat, sepertinya Hyundai ini ditawarkan Rp700 jutaan.

Setelah mendapatkan biaya administrasi dan pajak lainnya, perkiraan harga saat melihat NJKB Hyundai Palisade Prime tertulis Rp463.000.000. Namun saat ini ditawarkan Rp777.000.000 OTR Jakarta.

Kini MPV Hyundai Staria hadir berselimutkan kamuflase saat menjalani uji jalan. Mobil MPV Hyundai terbaru ini memiliki tampilan futuristik. (R10/HR-Online)