Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruNakes Puskesmas Mangkubumi Tasikmalaya Tak Kenal Libur

Nakes Puskesmas Mangkubumi Tasikmalaya Tak Kenal Libur

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Kepala Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mengapresiasi kinerja nakes atau tenaga kesehatannya, yang tak tahu kalender atau tak kenal hari libur.

“Jadi kalau ada panggilan hari apapun atau jam berapapun bahkan tengah malam sekalipun, mereka (nakes) siap berangkat,” ucap Kapus Mangkubumi, H Arif Prianto, Minggu (18/7/2021).

Seperti saat ini ada pasien positif Covid-19 jenis kelamin laki-laki berusia 44 tahun, yang setiap dua minggu sekali harus rutin cuci darah atau hemodialisa.

Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab antigen pada Jumat (16/7/2021) tersebut, adalah warga Desa Cipawitra, Kecamatan mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Arif menurutkan, bahwa nakes puskesmas Mangkubumi merujuk pasien tersebut biasanya rutin cuci darah 2 minggu sekali, yaitu hari Senin.

“Namun karena terkonfirmasi positif Covid-19, jadi ruangannya ada khusus. Dan jadwalnya berubah hari Minggu untuk cuci darah di RSUD Dr Soekardjo,” tuturnya.

Lebih lanjut Arif menambahkan, tim atau para nakes Puskesmas Mangkubumi membantu untuk merujuk pelaksanaan cuci darah sampai selesai.

Meski tak kenal libur, sambungnya, akan tetapi yang menjadi masalah saat ini adalah jumlah nakes Puskesmas Mangkubumi yang terbatas. Padahal, sekarang ini warga di Kecamatan Mangkubumi yang sedang menjalani isolasi mandiri ada 100 orang lebih.

Jadi, meski dengan segala keterbatasan yang nakes miliki, namun tetap berusaha semampunya untuk melayani masyarakat di wilayah Puskesmas Mangkubumi.

“Terutama prioritas pasien yang mengalami kegawatdaruratan, seperti yang punya keluhan sesak napas,” katanya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto