Nakes Terpapar Covid-19, 2 Puskesmas di Kota Banjar Tutup Sementara

Terpapar Covid-19
Banyak nakes terpapar Covid-19, pelayanan 2 Puskesmas di wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, ditutup sementara. Foto: Ilustrasi/Net.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Banyak nakes terpapar Covid-19, pelayanan 2 Puskesmas di wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, ditutup sementara.

Tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar positif Covid-19 di Kota Banjar, kembali bertambah. Penambahan kasus tenaga kesehatan terkonfirmasi positif itu merupakan pegawai di dua Puskesmas yang berada di wilayah Kecamatan Langensari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr. Andi Bastian, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Agus Budiana mengatakan, nakes yang terpapar Covid-19 itu bertugas di Puskesmas Langensari 1 dan Langensari 2.

“Tenaga kesehatan yang terpapar di Puskesmas Langensari 1 sebanyak 4 orang. Kemudian, Puskesmas Langensari 2 ada 8 orang nakes. Sementara yang lainnya juga sudah kita lakukan tracking pelacakan kontak erat,” kata dr. Agus Budiana, Rabu (21/07/2021).

Baca Juga : Satgas Covid-19 Kota Banjar Sidak Kelengkapan Prokes Sejumlah Pertokoan

Atas adanya kasus nakes yang positif itu, maka pelayanan dua Puskesmas tersebut ditutup sementara waktu selama kurang lebih sekitar 3 hari, mulai tanggal 21-23 Juli 2021. Pelayanan dialihkan ke Puskesmas terdekat.

Terkait jumlah total keseluruhan nakes terpapar Covid-19 selama pandemi, dr. Agus Budiana menyebutkan, sudah ada sebanyak 187 orang. Sedangkan yang saat ini masih positif aktif ada 27 orang.

“Total keseluruhan tenaga kesehatan yang positif dari pertama sampai sekarang semuanya ada 187 orang. Tapi yang masih aktif ada sebanyak 27 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Puskesmas Purwaharja 2 dan Puskesmas Pataruman 3 yang sebelumnya sempat tutup pelayanannya, kini telah kembali melayani masyarakat.

“Puskesmas Pataruman 3 sudah buka kembali dari hari Sabtu, dan Puskesmas Purwaharja 2 dari hari Jumat kemarin,” pungkas dr. Agus Budiana. (Sandi/R3/HR-Online)

Editor : Eva