Penyebab Gampang Ngantuk, dari Lelah, Kurang Makan, hingga Penyakit

penyebab gampang ngantuk
Kenali penyebab gampang ngantuk. Foto: Ist/Net

Penyebab gampang ngantuk bisa menjadi tanda bagi tubuh untuk segera beristirahat. Hal ini karena tenaga yang kita miliki sudah terkuras. Memaksakan badan terus bekerja dan beraktivitas justru bisa berakibat buruk untuk kesehatan.

Mengantuk sejatinya merupakan kondisi wajar yang bisa terjadi pada siapa saja. Setiap orang pasti pernah merasa mengantuk. Karena sejatinya mengantuk termasuk salah satu tanda alami tubuh ketika merasa lelah setelah beraktivitas.

Kesehatan dan kebugaran tubuh berkaitan erat dengan asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Dari asupan itulah kita memperoleh energi sehingga bisa melakukan aktivitas fisik yang berat

Hanya saja terkadang ada beberapa orang yang merasa gampang mengantuk. Padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas yang berarti. Lantas apa penyebab gampang ngantuk semacam ini?

Penyebab Gampang Ngantuk

Ada banyak aspek yang berpotensi menjadi penyebab seseorang menjadi mudah merasa ngantuk. Bahkan setelah orang tersebut sudah beristirahat secara cukup. Atau malah tak melakukan kegiatan fisik.

Baca Juga : Sering Mengantuk di Pagi Hari, Ini Penyebabnya!

Untuk mengetahui apa saja faktor yang berpengaruh terhadap kondisi mudah menggantung, informasi selengkapnya dapat Anda simak melalui ulasan berikut!

Efek Pengobatan

Seseorang yang mengalami sakit dan sedang mengonsumsi obat-obatan akan mudah dan sering mengantuk. Seperti minum obat jenis seperti dopamine, asetilkolin, serotonin, histamine, epinefrin, norepinefrin, glutamate, adenosine dan asam am-aminobutirat.

Hal tersebut cukup wajar karena memang mengantuk menjadi efek samping dari penggunaan atau mengonsumsi obat-obat semacam itu.

Sindrom Lelah Kronis

Lelah kronis juga menjadi penyebab gampang ngantuk yang sering terjadi pada seseorang. Orang yang mengalami lelah kronis biasanya akan mudah capek setelah beraktivitas. Bahkan akan merasa capek tanpa beraktivitas apapun.

Sindrom lelah kronis harus segera mendapat penanganan. Karena kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan yang signifikan terhadap kehidupan seseorang.

Baca Juga : Sering Ngantuk Setelah Makan? Kenali Bahayanya!

Sleep Apnea

Sleep apnea bisa menjadi penyebab jeda yang berlangsung dengan dengkuran keras dan terbangun sesaat ketika seseorang hendak menarik napas ketika sedang tidur.

Orang-orang dengan sleep apnea seringkali kekurangan oksigen ketika tidur yang biasanya memiliki kondisi bawaan kesehatan. Seperti menderita penyakit jantung, hipertensi atau ada masalah dengan memori.

Seseorang yang mengalami sleep apnea akan lebih mudah mengantuk. Selain itu, kualitas tidurnya juga akan sangat terganggu. Tentu kondisi ini harus segera mendapat penanganan dokter.

Gangguan Ritme Sirkadian

Penyebab gampang ngantuk juga bisa berasal dari gangguan ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan jam alami tubuh. Biasanya tubuh sudah memiliki jam alami sendiri untuk memberikan tanda kapan ia harus bekerja dan kapan harus tertidur.

Orang yang mengalami gangguan ritme sirkadian tidak mudah mengantuk pada malam hari. Sebaliknya, mereka justru akan lebih cepat mengantuk pada siang hari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rasa Ngantuk di Siang Hari, Ampuh Bikin Mata Melek

Beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan ritme sirkadian terganggu salah satunya jet lag. Konflik antara jam biologis pola tidur serta jam bangun karena perbedaan zona waktu yang baru dapat terjadi.

Beruntung, ada perawatan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Terapi cahaya dan penggunaan melatonin menjadi beberapa unsur perawatan yang bisa untuk mengatasi masalah ritme sirkadian tubuh yang terganggu.

Pola Makan yang Buruk

Terlalu banyak makan atau malah kurang makan menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab gampang ngantuk.

Mengonsumsi makanan yang mudah mengenyangkan terlalu banyak seperti makanan cepat saji, cokelat, cake dan sebagainya hanya dapat membuat metabolisme tubuh terhambat. Sehingga mudah lelah dan mengantuk.

Makanan seperti itu tidak banyak menambah energi. Sementara jika kekurangan makankarena diet rendah karbohidrat, atau diet rendah kilojoule juga dapat menjadi salah satu alasan seseorang pada akhirnya mudah mengantuk.

Pekerja Shift

Sebagaimana yang kita tahu bahwa Tuhan telah merancang tubuh manusia untuk bekerja di siang hari dan tidur di malam hari. Pekerja shift harus menukar kondisi alami tubuh tersebut dengan bekerja pada malam hari dan tidur di siang hari.

Kondisi ini yang menjadi penyebab pekerja shift akan mudah mengantuk pada jam yang tidak tepat. Mereka umumnya juga akan lebih mudah merasa lelah.

Itulah berbagai kondisi yang menjadi penyebab gampang ngantuk pada seseorang. Pastikan Anda memperbaiki pola tidur agar resiko mudah mengantuk yang berimbas pada produktivitas tidak akan Anda alami. (R11/HR-Online)

Editor : Eva