Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi, Bisa Jadi Karena 4 Masalah Ini

Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi
Ilustrasi Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi. Foto: Ist/net

Penyebab klakson mobil tidak bunyi banyak faktornya dan yang pasti kejadian ini sangat menjengkelkan. Ketika klakson pada kendaraan tiba-tiba mati, tidak sedikit orang yang justru mengabaikannya. Padahal, adanya klakson memiliki peranan yang sangat penting pada beberapa kondisi, misalnya untuk memberi peringatan pada pengendara lain.

Baca juga: Jenis Klakson Mobil, Beragam Pilihan dengan Suara yang Khas

Klakson termasuk komponen yang penting dalam kendaraan, tak hanya pada mobil saja pada kendaraan lain juga perannya terbilang penting. Sehingga ketika klakson ini mati, penggunanya wajar jika bingung saat ingin mendahului kendaraan yang ada di depannya. Terlebih lagi jika menemui ibu-ibu yang sering salah dalam menekan lampu sein, klakson ini sangat membantu.

Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi dan Penanganannya

Terdapat beberapa jenis klakson pada kendaraan yang bisa kita temui. Seperti klakson biasa yang berbunyi tin, klakson keong dengan suara yang sedikit lebih keras. Klakson bus dengan bunyi tulalit, hingga klakson pada mobil polisi yang karakteristik bunyinya tidak sama dengan kendaraan lain.

Meskipun ada banyak jenis klakson dan kalian bebas saat ingin menggunakannya. Sebaiknya tetap pilih klakson dengan bunyi yang tidak terlalu keras. Pasalnya, bunyinya yang keras justru membuat kaget pengendara lain dan bisa menyulut emosi. Tentu saja kalian tidak memancing keributan bukan?

Nah, apapun jenisnya, klakson pada kendaraan tetap saja bisa mengalami kerusakan dan harus segera kalian perbaiki. Sebab berkendara tanpa menggunakan klakson cukup merepotkan. Lebih lanjut, berikut ini deretan penyebab klakson mobil tidak bunyi.

Masalah pada Switch Klakson

Penyebab klakson mobil yang tidak bunyi saja karena adanya masalah pada switch kendaraan. Terletak di tombol klakson, bagian ini berkaitan langsung dengan setir kendaraan. Agar klakson bisa berfungsi kembali, kalian harus memperbaiki switch yang bermasalah ini dengan membuka setir mobil. Untuk membongkar bagian setir ini sebaiknya kalian lakukan di bengkel terpercaya. Karena jika belum ahli, bisa saja kalian terkena tinju airbag saat membongkar setir.

Kerusakan pada Bagian Sekring

Sekring adalah salah satu komponen yang berfungsi mengamankan rangkaian listrik agar mobil tidak kelebihan muatan atau daya. Ketik klakson pada mobil tidak bunyi, maka kalian bisa mencurigai sekring sebagai penyebab utamanya. Karena saat sekring mengalami kerusakan ataupun kabel terputus, hal ini berdampak terhadap sistem kelistrikan juga klakson. Akibatnya, ketika kalian menekan tombol klakson, suara akan melemah bahkan bisa saja sama sekali tidak berbunyi.

Baca juga: Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

Biasanya, letak sekring ini berada di bagian sisi mobil. Komponen ini memiliki warna yang bening seperti plastik dengan bentuk menyerupai garpu. Untuk mengatasi kerusakan ini kalian bisa membeli sekring dengan yang baru.

Relay Klakson yang Bermasalah

Memang tidak semua mobil memiliki perangkat relay. Namun jika kendaraan kalian memilikinya kemungkinan penyebab klakson pada mobil tidak bisa bunyi berasal dari relay ini. Relay memiliki fungsi yang hampir sama dengan sekring dalam hal kelistrikan mobil. Komponen ini berperan sebagai jembatan yang menghubungkan antara arus listrik dengan baterai pada mobil.

Biasanya permasalahan yang sering terjadi pada Relay yaitu karena kondisinya yang kotor ataupun usang. Agar klakson mobil bisa mengeluarkan bunyi lagi, kalian bisa membersihkan bagian yang kotor ini. Namun bila ternyata Relay telah rusak, segeralah lakukan penggantian dengan yang baru.

Kondisi Klakson yang Rusak

Klakson yang tidak berbunyi bisa saja karena kondisi klakson itu sendiri yang kondisinya tidak bagus lagi bahkan rusak. Kalian bisa melakukan tes dengan pemberian arus listrik. Ikuti langkah berikut ini:

– Langkah pertama kalian harus menghubungkan alat probe untuk mengukur elektronik ke bagian kabel klakson.

– Agar bisa menghubungkan ujungnya dengan terminal baterai bagian positif dan juga bagian lain pada klakson, pasangkan kabel jumper.

– Sentuhkan kawat jumper bagian ujungnya ke klakson. Lakukan hal ini dengan sangat cepat agar kawat tidak terlalu lama bersentuhan dengan klakson.

– Apabila klakson mobil tidak mengeluarkan bunyi, artinya klakson memang mengalami kerusakan.

Baca juga: Jenis Sekring Mobil, Hadir dengan 4 Pilihan Berbeda Bentuk dan Warna

Penyebab klakson pada mobil tidak bisa mengeluarkan bunyi bisa kalian atasi dengan membawa mobil ke bengkel. Di sana teknisi akan memperbaiki dan mengganti klakson agar bisa berfungsi seperti semula. (R10/HR-Online)