Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Makanan Menjadi Haram Dalam Islam, Ketahui dan Waspadalah

Penyebab Makanan Menjadi Haram Dalam Islam, Ketahui dan Waspadalah

Penyebab makanan menjadi haram ternyata benar-benar harus kita perhatikan. Jangan sampai kita memakan makanan yang halal menurut kita, akan tetapi pada dasarnya itu haram di mata Allah. Naudzubillahi mindzalik.

Padahal makanan adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Manusia juga tidak bisa terpisahkan dari makanan. Ia merupakan sumber tenaga yang baik.

Meskipun demikian, kita juga harus paham betul mengenai apa saja penyebab yang menjadikan makanan halal menjadi haram. Jangan sampai kita tidak tahu.

Padahal dalam agama Islam mengajarkan bahwa hendaknya manusia itu memakan dari yang halal juga thayyib. Makanan hall sendiri merupakan makanan yang tidak memiliki hukum haram, sedangkan thayyib berarti baik. Ia halal juga baik untuk tubuh dan kesehatan kita.

baca juga: Adab Sebelum Ilmu, Lebih Penting yang Manakah?

Beberapa Penyebab Makanan Menjadi Haram yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa Allah mengharamkan suatu makanan? Makanan yang haram itu bisa mengotori hati. Bukan hanya itu saja, akan tetapi jika kita makan makanan yang haram, bisa menjadi penghalang ibadah kita dengan Allah SWT.

Mungkin secara garis besar kita bisa membedakan makanan haram. Tetapi kita juga perlu waspada mengenai penyebab makanan menjadi haram.

Nah, supaya zat makanan yang masuk dalam tubuh kita itu adalah zat yang baik, alangkah lebih baiknya jika kita juga mengetahui apa yang menyebabkan makanan halal menjadi haram. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

baca juga: Shalat Tahiyatul Masjid, Penjelasan Lengkap Tata Cara dan Keutamaan

Makanan dari Hasil Mencuri

Islam sudah dengan jelas melarang segala hal bentuk curian. Hal tersebut juga bisa menjadikan makanan yang kita makan itu haram meskipun hukumnya halal.

Sebagai contohnya, suatu hari fulan mengambil mangga tempat tetangganya. Niatnya ia mau meminta izin kepada pemilik terlebih dahulu, akan tetapi saat ia panggil tidak ada jawaban dari dalam rumah, ia malah langsung membuat keputusan sendiri. Ia mengambil buah Mangga tersebut tanpa izin pemiliknya.

Buah mangga dalam agama Islam merupakan makanan yang halal. Akan tetapi karena hasil mencuri hukumnya sudah berbeda dan menjadi haram. Oleh sebab itu, marilah kita menjauhi penyebab makanan menjadi haram karena mencuri tersebut.

baca juga: Sifat Jaiz Bagi Rasul yang Harus Kita Ketahui dan Pahami

Hasil Pekerjaan yang Haram

Pekerjaan yang haram ternyata juga merupakan penyebab makanan menjadi haram. Indonesia sendiri masih banyak pekerjaan yang haram, namun tetap dipertahankan.

Manusia bodohnya juga demikian, ia mengetahui bahwa yang dilakukan bukan suatu yang baik. Akan tetapi, berani untuk bertahan demi uang. Astaghfirullah.

Apa saja pekerjaan yang haram itu? Ada judi, pelacur, dan jenis pekerjaan haram lainnya. Kita bisa mendapatkan banyak uang dari pekerjaan tersebut.

Akan tetapi ingat, jika kita menggunakan uang tersebut untuk membeli makanan, sungguh itu adalah makanan yang haram. Makanan yang akan membahayakan diri kita sendiri ketika berada di hadapan Allah SWT.

baca juga: Peristiwa di Bulan Dzulqa’dah dalam Islam yang Penting dan Bermanfaat

Makanan Halal yang Bercampur dengan Haram

Zaman seperti sekarang ini kita harus benar-benar cermat ketika memilih makanan. Pasalnya, banyak saat ini yang memperdagangkan makanan halal yang bercampur dengan makanan haram demi meraup keuntungan.

Padahal, makanan yang halal, tetapi jika bercampur dengan makanan haram meskipun hanya setetes air pun, hukumnya makanan tersebut haram.

Kita seorang muslim sudah seharusnya hati-hati dalam membeli makanan, terutama ketika berada di luar negeri. Ketika kita makan makanan haram, nyatanya yang rugi hanya diri kita sendiri. Hati menjadi rusak dan amal ibadah terhalang.

Jika kita tidak mengetahui makanan yang halal bercampur dengan haram, maka tidak mengapa. Berbeda dengan kita yang sudah mengetahui, tetapi kita juga tidak boleh pura-pura tidak tahu. Jangan lupa berdoa juga sebelum makan.

Menyembelih Hewan Atas Nama Selain Allah

Apapun yang kita disembelih bukan atas nama Allah, maka hukumnya haram. Hal yang demikian ini sudah jelas hukumnya dalam Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 3:

Semoga kita termasuk dalam salah satu hamba Allah yang bertaqwa setelah mengetahui beberapa penyebab makanan menjadi haram tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -