Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Muka Berminyak, Cegah Sebelum Terlambat

Penyebab Muka Berminyak, Cegah Sebelum Terlambat

Penyebab muka berminyak bisa terjadi karena berbagai faktor. Baik karena sering makan cemilan yang mengandung banyak minyak hingga tekanan stres. Mengenal pemicu gangguan ini penting untuk menjaga kesehatan kulit muka dan mencegah penyakit.

Kulit muka yang terlalu berminyak menjadi problem yang sering menjadi keluhan kaum wanita. Selain menimbulkan perasaan wajah yang terkesan kotor, muka atau kulit wajah yang berminyak juga dapat memicu munculnya jerawat dan komedo.

Wajah yang berminyak juga bisa memicu terjadinya penuaan dini. Kondisi ini tentunya menjadi problem yang lebih sering kaum hawa rasakan. Apalagi gangguan ini bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Memang sebagian orang ada yang memiliki kulit wajah yang jenisnya berminyak. Namun, penyebab muka berminyak bisa bertambah parah karena faktor penunjang lainnya.

Mengenai apa saja faktor penunjang lain yang dapat semakin memperparah kondisi muka yang berminyak, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi menariknya untuk Anda. So, let’s check these out!

Ragam Penyebab Muka Berminyak

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Kulit wajah berminyak sebenarnya merupakan kondisi lumrah yang bisa terjadi pada siapa saja. Secara umum kulit wajah berminyak terjadi karena kelenjar pada kulit yang memproduksi sebum secara berlebih.

Produksi sebum dengan jumlah berlebihan ini kemudian dapat menjadi penyebab kulit berminyak dan menimbulkan masalah lain pada kulit. Seperti komedo, kulit berjerawat, kulit berkerut, dan sebagainya.

Selain kondisi alami yang memicu wajah menjadi berminyak, ada beberapa kondisi lain yang semakin memperparah kulit wajah menjadi semakin berminyak. Nah, berikut ini beberapa penyebab muka berminyak yang sebaiknya Anda tahu.

Penggunaan Kosmetik

Kosmetik yang terlalu tebal dan berat dapat menghalangi keluarnya keringat dari pori-pori. Sehingga hal ini dapat membuat keringat tertimbun dan wajah menjadi berminyak.

Selain itu, produk kosmetik yang dapat menghalangi kelenjar minyak, folikel rambut atau pori-pori juga harus Anda jauhi.

Baca Juga : Manfaat Masker Daun Kelor untuk Kecantikan, Bisa Atasi Kulit Berminyak

Pastikan Anda selektif dalam menggunakan produk perawatan kulit. Pilih produk yang berlabel non komedogenik. Karena produk ini tidak akan menyumbat pori-pori, folikel rambut, serta tidak menjebak minyak dalam kulit.

Mengonsumsi Makanan Tak Sehat

Selain dapat mengakibatkan obesitas dan metabolisme yang tidak lancar, mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan lain. Salah satunya memicu terjadinya kulit wajah berminyak.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat perlu kita lakukan. Beberapa makanan tak sehat perlu kita kurangi jumlah konsumsinya. Hal ini karena dapat mengakibatkan berbagai gangguan.

Termasuk menjadi penyebab muka berminyak dan berjerawat. Berikut ini beberapa factor itu yang sebaiknya anda tahu.

  • Makanan mengandung banyak lemak atau makanan berminyak
  • Produk turunan susu, kacang dan coklat
  • Makanan mengandung flavonoid seperti greentea
  • Jenis cemilan atau makanan manis, dan masih banyak lagi lainnya.
Baca Juga : Wajah Terlalu Berminyak saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

Beragam makanan tak sehat seperti itu perlu Anda kurangi konsumsinya. Sebagai gantinya sebaiknya konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Termasuk banyak minum air mineral minimal 2 liter setiap hari.

Stres yang Berlebihan

Tingginya tingkat stres yang kita alami juga dapat menjadi penyebab muka berminyak. Hal ini terjadi karena organ tubuh Anda akan memicu peningkatan produksi keringat berlebih ketika stress.

Akibat kelenjar keringat yang meningkat sehingga kulit akan menjadi berminyak. Oleh sebab itu, penting untuk menghindari stress agar terhindar dari hal ini. Termasuk dengan jangan terlalu memikirkan masalah melainkan dengan mencari solusinya.

Selain itu, lakukan healing dengan datang ke tempat yang sepi dan tenang. Mendengarkan musik juga dapat meringankan beban atau lakukan meditasi. Cara tersebut sangat ampuh untuk meredakan stres.

Jarang atau Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang penting untuk mengangkat kotoran, debu, dan minyak berlebih pada wajah. Jarang mencuci muka tidak baik untuk kebersihan kulit wajah. Namun, mencuci wajah secara berlebihan dan terlalu sering juga tak baik.

Anjuran untuk mencuci wajah adalah dua kali sehari dan minimal 3 hari sekali. Lakukan pada pagi hari, sore dan malam hari sebelum tidur.  Hindari menggunakan sabun yang banyak mengandung wewangian atau zat kimia keras.

Itulah berbagai penyebab muka berminyak yang penting Anda tahu. Mencegah penyebabnya berguna agar terhindar dari kondisi kesehatan kulit wajah Anda yang semakin memburuk. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -