Penyebab Seal Kruk As Mobil Bocor, Pengendara Wajib Tahu

Penyebab Seal Kruk As Mobil Bocor
Ilustrasi Penyebab Seal Kruk As Mobil Bocor. Foto: aca.co.id

Penyebab seal kruk as mobil bocor memang sangat beragam yang akhirnya berdampak pada mesin kendaraan. Bahkan kejadian oli merembes akibat terjadinya kebocoran ini merupakan hal yang lazim dan sering terjadi. 

Akan tetapi, meskipun termasuk hal yang wajar bukan berarti kalian bisa menyepelekan kondisi ini begitu saja. Dalam kendaraan, oli memiliki peran yang krusial agar menunjang kinerja mesin. 

Baca Juga : Noken As Mobil Memiliki Fungsi yang Penting Bagi Kendaraan

Jika mengalami kebocoran, tentu saja hal ini akan mengakibatkan mesin kekurangan oli. Sehingga komponen-komponen pening dalam mobil tidak bisa terlumasi oli dengan merata. Akibatnya mesin kendaraan akan cepat aus bahkan bisa mengalami kerusakan.

Penyebab Seal Kruk As Mobil Bocor yang Kerap Terjadi

Seal kruk as mobil yang mengalami kebocoran sering menjadi penyebab kenapa kendaraan masuk bengkel. Biasanya kondisi seperti ini sering terjadi pada mobil dengan usia pakai yang sudah terlalu lama. Kejadian seperti ini awalnya berupa rembesan oli yang bisa terlihat pada area mesin.

Jika pengguna mobil tidak menyadarinya, lama-lama oli dalam mesin bisa habis. Dampaknya sendiri cukup serius dalam sebuah mesin kendaraan, karena bisa menyebabkan mobil tiba-tiba mogok hingga rusaknya bantalan poros. Untuk itu sangat penting bagi pemilik mobil untuk selalu melakukan pengecekan kondisi mesin secara berkala.

Fungsi Poros engkol atau kruk as yaitu untuk mengubah gerak piston menjadi gerak berputar. Sehingga pada bagian ini akan lebih cepat aus dan rusak hingga mengakibatkan kebocoran. Namun tak hanya itu saja yang menjadi biangnya, berikut ini beberapa penyebab seal kruk as mobil bocor.

Kerusakan pada Baut Tap Oli

Kerusakan bagian ini biasanya karena kesalahan sederhana namun akibatnya cukup fatal karena bisa menjadi penyebab kebocoran seal kruk as. Terkadang pada saat mengganti oli, tanpa sengaja mungkin saja kalian mengencangkan baut dengan sangat kuat. Terlihat sepele, namun tanpa sadar alur drat mengalami kerusakan.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Ambles Beserta Cara Mengatasinya

Kemudian ketika penggantian oli tahap selanjutnya, maka harus mengendurkan baut lagi. Nah, sebagian ulir tadi akhirnya ikut mengelupas lalu ikut keluar. Hal ini menjadikan kalian sulit untuk mengencangkan baut karena adanya sebagian yang rusak.

Artinya, kerusakan inilah yang menjadi penyebab seal kruk as mobil bocor hingga oli sering merembes ke mesin. Untuk mengatasinya, maka kalian harus mengganti baut dengan yang baru. Lalu ketika mengganti oli, selalu gunakan gasket baut tap oli yang baru.

Kebocoran pada Seal Crankshaft

Penyebab seal kruk as mobil bocor selanjutnya karena seal crankshaft telah bocor. Letak seal ini berada di bagian depan dan belakang poros engkol. Ketika bagian ini mengalami kerusakan maka di dekat pulley akan muncul rembesan.

Bocornya pada area ini harus segera kalian atasi karena tetesan oli dapat merusak peredam karet pulley. Jika peredam karet rusak maka pulley bisa oleng. Sementara di bagian belakang ketika terdapat kebocoran maka di antara transmisi dan sambungan mesin akan ada tetesan. Untuk penggantian bagian belakang ini cukup rumit lantaran harus harus menurunkan kopling set dan bak transmisi terlebih dulu.

Packing Carter

Bagi kendaraan yang menggunakan gasket karet, kerusakan pada bagian paking bak oli ini cukup lumrah. Pasalnya mobil yang sudah berusia cukup tua, kondisi bak oli bisa mengeras. Nah, karena mengeras inilah, maka bak oli mudah rusak hingga mengakibatkan oli menetes atau merembes.

Baca Juga : Ciri-Ciri Mobil Turun Mesin yang Seharusnya Kalian Ketahui

Untuk mengatasi penyebab seal kruk as mobil bocor ini caranya dengan mengganti gasket dengan yang baru. Namun, saat ini sudah banyak kendaraan yang meninggalkan menggunakan karet dan memilih menggunakan sealer. 

Mengenai harga memang cenderung lebih mahal, namun kualitasnya pun menyesuaikan. Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan ini yaitu dengan memperhatikan bak oli. Apakah terdapat oli yang menempel di sekelilingnya atau tidak, jika iya, maka kalian harus segera menggantinya.

Kerusakan pada Bagian Seal Filter Oli

Penyebab seal kruk as bocor yang selanjutnya yaitu karena seal filter oli mengalami kerusakan. Tentu kalian sudah tahu bahwa terdapat karet bulat pada bagian filter oli yang berfungsi sebagai gasket. 

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa dalam pemasangannya tidak boleh terlalu kencang. Karena proses pemasangan yang terlalu kencang berpotensi mengakibatkan kerusakan pada karet. 

Akibatnya, maka oli akan keluar hingga merembes ke bagian mesin. Nah, sebagai antisipasi agar meminimalisir penyebab seal kruk as mobil bocor, sebaiknya gunakan tangan saja untuk pengencangan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto