Penyebab Snack Video Tidak Bisa Dibuka, Simak Alasannya!

Penyebab Aplikasi Snack Video Tida Bisa Dibuka
Ilustrasi Penyebab Aplikasi Snack Video Tida Bisa Dibuka. Foto:Ist/Net

Penyebab Snack Video tidak bisa dibuka beberapa waktu yang lalu sempat menjadi pertanyaan sebagian besar penggunanya. Seperti yang kita ketahui, Snack Video hampir sama dengan aplikasi berbagi video TikTok.

Snack Video merupakan salah satu aplikasi besutan dari perusahaan bernama Kuaishou Technology Beijing, China. Aplikasi ini adalah salah satu platform untuk memproduksi konten video pendek yang juga menyediakan fungsi streaming real time terbaru.

Dengan adanya fitur ini memungkinkan para pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lain. Lalu menjadi lebih terkenal di berbagai belahan dunia. Para pengguna juga dapat membagikan streaming langsung ini kepada pengguna lain.

Setiap pengguna juga bisa berlangganan ke pengguna lain pada saat ingin menyaksikan konten streaming real time pengguna. Namun beberapa waktu terjadi masalah bahwa yakni Snack Video tidak dapat terakses oleh para penggunanya.

Lalu apakah penyebab dari permasalahan yang terjadi pada aplikasi berbagi video dengan pengguna yang cukup banyak tersebut?

Baca Juga: Aplikasi Edukasi Kuncie Telah Resmi Rilis Sebagai Media Belajar Bisnis

Mengetahui Penyebab Snack Video Tidak Bisa Dibuka

Snack Video dalam beberapa waktu terakhir cukup melambung namanya sebagai salah satu aplikasi yang hampir sama dengan aplikasi TikTok. Kedua aplikasi tersebut memiliki manfaat yang sama yakni berbagi video dengan durasi pendek.

Pada aplikasi Snack Video mempunyai beragam fitur serta konten video yang berhubungan dengan music, komedi, olahraga, makeup, dan lain sebagainya. Aplikasi Snack Video menyajikan berbagai video ciptaan para konten kreator yang cukup menghibur.

Dari awal kemunculannya, aplikasi ini memang cukup menarik perhatian. Hal ini karena para penggunanya mampu menghasilkan uang dengan cepat.

Selain itu, cara kerja dari aplikasi Snack Video pun tergolong cukup mudah menggunakan referral dengan mengundang teman untuk bergabung pada aplikasi ini. Maka tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan aplikasi Snack Video.

Aplikasi ini mempunyai sistem koin yang nantinya dapat pengguna tukarkan dengan uang. Para pengguna Snack Video dapat memperoleh koin yang dapat mereka tukar ke mata uang rupiah dengan mengirim saldo ke dompet digital seperti Go Pay dan OVO.

Caranya adalah dengan melakukan login, memberi like, mengikuti profil, serta mengundang orang lain untuk bergabung hingga menonton video.

Namun sangat sayang, dalam beberapa waktu terakhir, akun pengguna tidak dapat mengakses Snack Video karena sudah terblokir serta telah terbatasi aksesnya dengan alasan tertentu.

Berdasarkan penyebab Snack Video tidak bisa dibuka, akan tetapi pemblokiran ini hanya bersifat sementara. Jika aplikasi ini telah memenuhi syarat dan ketentuan sesuai dengan ketetapan, maka para pengguna pun dapat kembali mengaksesnya secara lebih lancar.

Selain itu, terdapat beberapa cara untuk mengatasi penyebab aplikasi Snack Video tidak bisa terbukanya bagi para penggunanya.

Baca Juga: Aplikasi Nonton Film di Laptop, 14 Rekomendasi Terbaik Berkualitas

Inilah Penyebab Snack Video Tidak Bisa Dibuka oleh Pengguna, Berikut Penjelasannya

Bagi pengguna setia aplikasi Snack Video, beberapa hari belakangan ini merasakan permasalahan pada aplikasi ini. Para pengguna mengalami kesulitan dalam mengakses Snack Video.

Bahkan banyak pengguna yang menanyakan Snack Video tidak bisa terbuka. Perlu Anda ketahui bahwa pemerintah telah dengan sengaja memblokir aplikasi Snack Video dalam sementara waktu.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara, Mohammad Fredly Nasution beberapa waktu lalu mengeluarkan pernyataan jika saat ini aplikasi Snack Video telah Satuan Tugas Waspada Investasi Pusat SWI bahas secara seksama serta mereka nyatakan sebagai aplikasi ilegal.

Pasalnya, pada aplikasi ini tidak terdapat izin serta merupakan money game atau permainan uang. Dalam hal ini, SWI telah berkoordinasi dengan pengurus Snack Video mengenai izin kegiatan aplikasi tersebut.

Penyebab Snack Video tidak bisa dibuka lainnya adalah karena aplikasi ini tidak mempunyai badan hukum resmi di Indonesia yang bertanggung jawab atas segala aktivitasnya di wilayah negara ini.

Oleh karena itu, berdasarkan berbagai masalah tersebut, maka pihak terkait selanjutnya memutuskan untuk melakukan pemblokiran pada Snack Video secara sementara.

Terjadinya pemblokiran ini berdasarkan tindak lanjut dari adanya pertemuan oleh pihak berwenang dengan pihak pengelola aplikasi tersebut. Lalu menyampaikan ketentuan dasar yang harus pihak Snack Video penuhi.

Snack Video juga tidak mempunyai badan hukum formal Indonesia yang bertanggung jawab atas kegiatannya. Berdasarkan berbagai alasan tersebut, maka Kominfo memutuskan untuk melakukan pemblokiran pada Video Snack dalam waktu sementara.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin, apabila syarat serta ketentuan yang Satgas SWI tetapkan telah terpenuhi, maka Snack Video akan kembali dapat pengguna gunakan kembali.

Jadi untuk sementara waktu ini, bagi Anda yang telah menggunakan serta menginstal Snack Video, maka dapat mengalami gangguan akses pada aplikasi tersebut. Mulai dari terbuka dengan waktu yang cukup lama, gagal akses, ataupun gagal muat konten.

Adanya pembatasan dari pemerintah tersebut berlangsung hingga pihak Snack Video berhasil memenuhi administrasi serta ketentuan yang telah pemerintah tetapkan.

Lending Illegal

Seperti informasi yang telah ada sebelumnya, bahwa penyebab Snack Video tidak bisa dibuka adalah tidak adanya izin resmi dari pemerintah dan menyatakannya sebagai aplikasi ilegal.

Oleh karena itu, OJK juga turut menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap penawaran berbagai pihak yang seolah memberikan keuntungan.

Akan tetapi justru berisiko merugikan para pengguna. Di luar Snack Video, pihak SWI juga mengidentifikasi 27 entitas kegiatan usaha yang mereka duga hadir tanpa memiliki izin. Seperti pada Vtube dan TikTok Cash.

OJK juga meminta masyarakat untuk lebih memperhatikan, memeriksa perizinan, serta legalitas kegiatan komersial. Selain itu, OJK juga meminta masyarakat untuk lebih memastikan penggunaan login tersebut sesuai dengan ketentuan.

Lalu yang terakhir, selain dengan adanya penyebab Snack Video tidak bisa dibuka, maka OJK juga mewajibkan masyarakat untuk lebih berpikir bijak serta tidak mudah terpancing dengan godaan reward benefit atau bonus.

Pada Februari tahun lalu, Satgas telah berhasil menemukan 51 kegiatan peer to peer lending ilegal yang bisa mengganggu masyarakat. Pasalnya, kegiatan tersebut seringkali menimbulkan ancaman serta intimidasi jika pengguna sampai berhutang.

Dengan demikian, satgas pun terus menerus bekerja dalam menghilangkan aktivitas peer to peer lending illegal. Satgas selanjutnya mengirim blok situs serta aplikasi reguler pada Kementerian Kominfo.

Bahkan juga menyerahkan laporan segala informasi pada Bareskrim Polri guna melaksanakan prosedur penegakan hukum. Terdapat 28 entitas komersial yang belum mendapatkan lisensi tersebut antara lain: 6 aset kripto, 14 money game, valuta asing, serta robot valuta asing.

Selanjutnya terdapat 3 penjualan langsung, 1 penyedia konten video, 1 crowdfunding ekuitas, dan aktivitas lainnya. Satgas juga menyatakan bahwa satu entitas telah mendapatkan izin usaha yakni PT Brilian Nusantara Mandiri. Pasalnya, perusahaan ini telah mendapatkan izin pemakaian sistem pemasaran yang berjenjang demi aktivitas penjualan produk.

Cara Membuka Snack Video yang Tidak Bisa Dibuka

Bagi Anda salah satu pengguna Snack Video yang mengalami masalah ini, terdapat jalan lain untuk mengatasi penyebab Snack Video tidak bisa dibuka, Anda dapat menggunakan fasilitas VPN untuk menghindari pemblokiran. Dengan demikian, Snack Video pun dapat berjalan lancar.

Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  1. Saat menjumpai akun yang tidak bisa terakses, maka tutup terlebih dahulu aplikasi Snack Video.
  2. Masuk ke Google Play Store, download aplikasi Turbo VPN secara gratis.
  3. Kemudian install Turbo VPN, buka aplikasi tersebut.
  4. Dan muncul menu awal Turbo VPN, lalu tap I AGREE.
  5. Kemudian Anda tinggal tap ikon bergambar wortel untuk menghubungkan perangkat.
  6. Selanjutnya akan tampil permintaan sambungan, tekan OKE.
  7. Jika telah terhubung, tekan tombol home untuk keluar karena VPN berjalan di latar belakang.
  8. Lalu Anda dapat menjalankan ulang aplikasi Snack Video seperti biasanya.

Penggunaan VPN memang sebagai salah satu cara sederhana dalam mengatasi penyebab Snack Video tidak bisa dibuka. Tips ini juga tidak dapat mereka nyatakan sebagai cara yang sepenuhnya aman.

Untuk lebih aman Anda dapat mengatasinya dengan update versi terbaru dari aplikasi ini. Dengan masuk ke Play Store serta cari aplikasi Snack Video kemudian klik update.

Cara lain untuk mengatasi penyebab Snack Video tidak bisa dibuka lainnya adalah dengan mengubah DNS pribadi menjadi otomatis. Pengaturan yang terdapat pada perangkat ponsel Anda. Lalu klik menu Jaringan serta Koneksi Lainnya.

Selanjutnya tap menu DNS Pribadi dan pilih Otomatis untuk mengubah DNS Pribadi Anda agar menjadi otomatis. Setelah Anda berhasil mengubah pengaturan DNS Pribadi, maka silahkan coba cek masuk aplikasi Snack Video.

Fitur Aplikasi Snack Video

Selain penting mengetahui penyebab Snack Video tidak bisa dibuka, para pengguna juga perlu mengetahui beberapa fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini.

Dalam aplikasi Snack Video terdapat beragam fitur menarik. Aplikasi Snack Video menyediakan fungsi streaming real time baru. Fitur ini sebelumnya memberikan fungsi kepada para penggunanya untuk dapat berinteraksi langsung dengan pengguna lain.

Selain itu, terdapat pula music and beauty filter yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan musik latar favorit serta memilih filter wajah sesuai dengan yang mereka inginkan.

Selanjutnya terdapat fungsi anotasi yang dapat bermanfaat bagi para pengguna untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lain. Untuk dapat memberikan pengalaman media sosial terbaik bagi pengguna, Snack Vode juga meluncurkan program SnaXperience.

Pada fitur ini, pengguna dapat mengundang Snackers (para pengguna Snack Video) untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan idola mereka.

Menariknya lagi, Snack Video juga memberikan pendapatan kepada para pengguna dengan menonton video serta sistem mengundang teman.

Menyikap Tentang Penyebab Snack Video Tidak Bisa Dibuka

Dengan adanya masalah yang terjadi pada aplikasi Snack Video ini, para pengguna tidak perlu panik terkait dengan aplikasi Snack Video. Anda hanya dapat mengikuti beberapa langkah dari solusi sebelumnya.

Kemudian, menunggu pihak aplikasi Snack Video memenuhi persyaratan serta ketentuan dari pihak Satuan Tugas Waspada Investasi Pusat.

Dengan memahami penyebab Snack Video tidak bisa dibuka menjadi salah satu hal penting untuk Anda perhatikan. Hal ini bertujuan supaya Anda juga dapat terlihat dari perspektif yang berbeda.

Apabila asumsinya positif, maka ini menjadi usaha pemerintah dalam rangka meningkatkan keamanan data pengguna serta informasi sensitif lain yang terkait. Selain itu, jika telah memenuhi regulasi serta persyaratan, maka aplikasi tersebut cukup aman untuk Anda gunakan.

Semoga informasi mengenai penyebab Snack Video tidak bisa dibuka tersebut dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan Anda. (R10/HR Online)

Editor: Jujang