Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Temperatur Mobil Naik dan Cara Mengantisipasinya

Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Cara Mengantisipasinya

Penyebab temperatur mobil naik umumnya karena tidak terkendalinya suhu panas dalam kendaraan. Ketika menggunakan mobil berkendara, merupakan hal yang wajar jika suhu mesin temperaturnya semakin naik. Kondisi seperti ini menandakan bahwa mesin tengah bekerja untuk mengeluarkan suhu panas.

Namun ketika hal itu terjadi secara tiba-tiba, bisa saja mengundang kekhawatiran terhadap pemiliknya. Terlebih lagi jika tidak mengetahui seperti apa penyebab persisnya. Padahal temperatur suhu mobil bisa saja naik dan turun tanpa bisa kalian prediksi.

Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Cara Mengatasinya

Panas dalam mesin mobil bisa terjadi karena adanya proses pembakaran antara bahan bakar dengan udara dalam mesin. Untuk itu guna meminimalisir agar panas tidak berlebihan, maka mobil membutuhkan sistem pendingin agar bisa mengatur temperatur kinerja mesin. Dengan begitu bisa mengurangi kemungkinan kerusakan fatal akibat panas pada mesin mobil yang berlebihan.

Baca Juga : AC Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya untuk Penanganan Lebih Tepat

Naiknya temperatur mesin memang sering terjadi, terlebih pada kendaraan yang jarang mendapat perawatan. Jika kondisi seperti ini tidak segera kalian perhatikan, tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan kerusakan permanen pada mobil. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kalian perlu tahu mengenai penyebab temperatur mobil naik dan cara mengatasinya.

Habisnya Air Radiator

Ketika air radiator ini telah habis, maka akan berdampak pada kinerja sistem pendingin mesin yang menjadi tidak optimal. Sebagai pemilik mobil, kalian harus selalu memperhatikan kondisi air radiator ini. Segera tambah air radiator ketika ketinggiannya mulai berkurang agar bisa mencegah suhu panas dalam mesin mobil.

Tak hanya itu saja yang menjadi penyebab temperatur mesin mobil menjadi naik. Kesalahan dalam penggunaan air radiator juga bisa memicu kondisi ini. Penggunaan air radiator dengan air biasa maupun air mineral ternyata bisa menyumbat mesin ataupun radiator.

Bahkan, penggunaan air radiator secara asal juga bisa menyebabkan kebocoran pada radiator tersebut. Pasalnya dalam air tersebut mengandung logam dan mineral yang tidak baik bagi kinerja mesin. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, tidak ada salahnya menggunakan radiator coolant guna mengoptimalkan proses pendinginan.

Rusak atau Retaknya V-Belt

Tali kipas atau V-Belt ini berperan penting dalam menjaga kestabilan temperatur mobil. Jika terjadi masalah pada bagian ini, maka berimbas pada fungsi water pump yang menjadi terganggu. Bahkan pada tipe-tipe kendaraan tertentu, kerusakan V-Belt ini bisa menjadi salah satu penyebab temperatur mobil naik.

Untuk itu selalu cek apakah V-Belt masih dalam kondisi baik atau perlu mendapat penggantian karena terdapat beberapa kerusakan. Robek sedikit saja, maka harus segera kalian ganti dengan yang baru agar tidak beresiko terputus di tengah jalan.

Kinerja Kipas Radiator Terganggu

Meski tidak semua, namun terdapat beberapa tipe mobil yang mana V-Belt dan kipas radiator ini tersambung. Sehingga, ketika salah satu bagian ini mengalami penurunan kinerja, maka akan mempengaruhi kinerja bagian lainnya. Misalnya saja V-Belt ternyata rusak atau retak, maka kinerja kipas radiator juga menjadi terganggu.

Namun ada juga beberapa mobil keluaran baru yang menggunakan tenaga listrik pada kipas radiatornya. Jadi ketika switching melemah, rusak atau lecet bisa mengakibatkan terganggunya siklus pendinginan mesin. Kondisi ini merupakan penyebab yang menjadikan temperatur mobil menjadi naik.

Kondisi Oli

Tahukah bahwa oli tidak hanya berfungsi untuk melumasi mesin? Ternyata oli juga berperan sebagai penyekat dan pendingin dalam ruang mesin. Bahkan ketika kompresor AC kekurangan oli, maka AC mobil pun juga menjadi panas yang akhirnya berpengaruh terhadap kinerja mesin.

Baca Juga : Penyebab Mobil Injeksi Boros Bisa Jadi Tanda Kerusakan pada Mesin

Kesalahan dalam pemilihan oli bisa meningkatkan gesekan antara mesin dengan logam, sehingga kondisi ini bisa menjadi penyebab temperatur mobil naik. Pemicunya karena ketika terkena suhu panas, maka oli mudah menguap dan akhirnya tidak bisa melindungi mesin dari gesekan.

Thermostat Bermasalah

Thermostat merupakan indikator sebagai alat untuk mengukur suhu pada mesin sebuah kendaraan. Sehingga komponen ini memiliki peran penting dalam mengatur pergantian air dari sistem pendingin. Jadi ketika terjadi kerusakan pada thermostat, maka bisa hal ini menjadi penyebab temperatur mobil naik.

Alasannya, pada saat komponen ini tidak bisa bekerja akibat mengalami kerusakan, bisa menjadikan akurasi temperatur tidak tepat. Untuk ketika thermostat sudah mengalami kerusakan, segera lakukan penggantian dengan yang baru. Dengan begitu penyebab temperatur mobil naik bisa segera kalian atasi dengan baik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img