Penyebab Transmisi Matic Rusak Hingga Jebol, Pengemudi Wajib Tahu

Penyebab Transmisi Matic Rusak
Ilustrasi Penyebab Transmisi Matic Rusak. Foto : Ist/Net

Penyebab transmisi matic rusak sebenarnya bisa terjadi karena usia pakai yang sudah cukup lama. Namun bisa juga karena kesalahan penggunanya dalam mengendarai mobil yang secara suka-suka.

Terkadang memang kebiasaan ceroboh bisa menjadikan petaka bagi kendaraan itu sendiri. Seperti yang kita tahu, kemajuan zaman juga mempengaruhi teknologi pada bidang otomotif kini semakin berkembang pesat.

Baca Juga : Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic dan Fungsinya

Bahkan setiap kendaraan keluaran baru kini menyediakan bermacam-macam fitur yang bisa memanjakan penggunanya. Terlebih lagi kini produksi mobil matic semakin meningkat, sehingga menjadikan pencintanya tergiur untuk memiliki.

Sayangnya, dari sekian banyak orang yang menggunakan kendaraan bertransmisi matic lupa dengan perawatan. Masih ada saja yang hanya gemar menggunakan, namun lalai dalam memperhatikan kondisi kendaraan.

Tentu saja kebiasaan tersebut menjadikan mobil tidak awet hingga menjadi penyebab transmisi matic cepat rusak.

Penyebab Transmisi Matic Rusak Sehingga Sulit Memindahkan Gigi

Persneling pada sebuah kendaraan memiliki peran yang sangat krusial, baik motor maupun mobil. Akan tetapi, komponen yang satu ini juga kerap mengalami kerusakan.

Sehingga menyulitkan penggunanya untuk memindah gigi. Tak terkecuali pada mobil dengan transmisi matic, permasalahan seperti ini juga sering terjadi.

Hal seperti ini tentu saja membuat sejumlah pengendara merasa khawatir. Apalagi ketika kendaraan dalam posisi melintas di jalan raya dengan intensitas kendaraan yang ramai.

Selain bisa menyebabkan kemacetan, kejadian ini juga bisa membahayakan pengguna jalan. Sebelum transmisi matic benar-benar rusak, sebenarnya kalian sudah bisa merasakan tanda-tandanya.

Seperti suara kendaraan yang aneh tidak seperti biasanya, kemudian perpindahan gigi yang terasa kasar dan masih banyak lagi. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab transmisi pada mobil matic menjadi rusak? Simak penjelasan berikut!

Lupa Mengganti Oli

Dalam semua jenis kendaraan, oli memang memiliki peran yang sangat penting. Seperti yang kita tahu, oli merupakan pelumas yang bisa mendukung performa mesin termasuk mendukung perpindahan gigi transmisi.

Baca Juga : Penyebab Kopling Bergetar Saat Dilakukan Perpindahan Transmisi 

Namun seiring pemakaiannya, oli pada transmisi matic juga bisa mengalami penurunan performa. Nah, ketika saat itu tiba sebaiknya segera lakukan penggantian agar semua komponen dalam mobil tetap terjaga.

Bukan tanpa alasan, terlambat mengganti oli bisa menjadi penyebab transmisi matic menjadi rusak. Hal ini jelas sangat mungkin mengingat fungsinya yang juga berpengaruh terhadap perpindahan gigi.

Gear Box Mengalami Kerusakan

Salah satu penyebab transmisi mobil matic menjadi rusak yaitu karena terjadi kerusakan pada bagian gear box. Biasanya masalah seperti ini terjadi lantaran kabel gear box mengelupas bahkan terputus.

Dampaknya, kalian akan tetap bisa memindahkan tuas, namun gigi tidak berpindah. Ketika tuas berhasil berpindah, namun terasa berat ketika menginjak pedal gas.

Kondisi seperti itu bisa menjadi tanda bahwa terjadi kegagalan ketika memindah gigi. Hal ini menjadi salah satu masalah yang bisa terjadi.

Kebiasaan Menggunakan Posisi Low (L)

Menggunakan posisi L pada mobil matic sebenarnya tidak ada salahnya. Hanya saja posisi L ini sebaiknya kalian gunakan ketika berada di jalan yang menanjak.

Jika kalian menggunakan posisi L ini saat mengendarai mobil di jalan yang landai atau menurun. Maka,  jangan heran jika transmisi matic menjadi jebol.

Untuk itulah sebaiknya tetap perhatikan cara berkendara. Karena kesalahan kecil bisa saja menjadi penyebab transmisi pada mobil matic cepat rusak bahkan berakibat fatal.

Switch Rem Bermasalah

Penyebab transmisi pada mobil matic menjadi rusak terkadang karena kerusakan pada switch rem. Kerusakan ini mengakibatkan switch rem tidak tertekan ketika menginjak pedal rem.

Nah, kondisi seperti ini menjadikan tuas transmisi tidak akan berpindah meskipun kalian sudah menginjak pedal rem hingga penuh. Jika sudah seperti ini sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat agar segera mendapat perawatan.

Penggunaan yang Asal-Asalan

Dalam mengendarai kendaraan terkadang seseorang tidak begitu memperhatikan dampak dari kesalahan berkendara. Mereka sering menganggap bahwa mobil matic cukup dengan menginjak rem dan gas saja tanpa harus memperhatikan komponen lain.

Misalnya saja ada orang yang memindah tuas persneling ketika mobil matic belum berhenti dengan sempurna. Kebiasaan seperti ini bisa menjadi penyebab transmisi matic menjadi cepat rusak dan jebol. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto