Penyebab Vertigo Mendadak, dari Fisik hingga Serangan Penyakit

penyebab vertigo mendadak
Kenali penyebab vertigo mendadak. Foto: Ist/Net

Penyebab vertigo mendadak bisa terjadi karena berbagai faktor. Baik karena faktor kelelahan fisik maupun adanya suatu penyakit tertentu. Mengenal pemicu gangguan ini penting untuk penanganan yang efektif dan cepat.

Vertigo adalah suatu kondisi saat kepala mengalami sensasi berputar yang hebat. Penyakit ini umumnya terjadi secara mendadak dengan sensasi apa yang kita lihat berputar-putar.

Mengutip dari laman Smarter Health, vertigo muncul biasanya dengan sejumlah gejala lainnya. Seperti rasa pusing dengan durasi yang berlainan. Bahkan kondisi ini bisa semakin parah jika berada dalam lingkungan yang berisik dan ramai.

Ragam Penyebab Vertigo Mendadak

Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya gangguan ini. Seperti karena gerak terlalu cepat, kelelahan atau berbagi faktor lainnya. Selain faktor tersebut, berikut ini berbagai penyebab vertigo mendadak yang sebaiknya Anda tahu.

Labirinitis

Gangguan labirinitis dapat muncul jika infeksi terjadi pada labirin telinga bagian dalam. Area tersebut memiliki suatu sistem saraf yang menurut medis kita kenal sebagai vestibulocochlear. Saraf ini berfungsi dalam mengirimkan informasi ke otak tentang posisi, gerak kepala, dan suara.

Baca Juga : Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Dihindari

Orang yang mengalami labirinitis akan mengalami gangguan pada sistem saraf tersebut. Akibatnya, gejala yang ia akan rasakan adalah vertigo dengan ciri pusing berulang.

Vertigo Posisi Paroksismal Jinak

Penyebab vertigo mendadak yang menyerang seseorang salah satunya karena vertigo posisi paroksismal jinak. Kondisi ini menjadi penyebab paling umum vertigo mendadak yang dialami seseorang.

Biasanya terjadi karena dipicu oleh perubahan gerak kepala secara cepat, seperti pukulan atau benturan di kepala.

Penyakit Meniere

Ketika penumpukan cairan terjadi pada telinga bagian dalam, episode vertigo mendadak yang berlangsung akan terjadi dalam beberapa jam.

Biasanya orang yang mengalami meniere akan mudah migraine dalam beberapa menit atau berlangsung beberapa jam.

Baca Juga : Perlu Diwaspadai! 4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Vertigo

Neuritis Vestibular

Neuritis vestibular atau radang saraf vestibular dapat terjadi karena infeksi. Ketika orang mengalami vertigo karena neuritis vestibular, ia akan mengalami mual, penglihatan yang kabur, atau perasaan yang tidak seimbang. 

Kondisi selain penyakit tersebut juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan vertigo. Penyebab vertigo mendadak itu antara lain:

  • Sakit kepala migrain
  • Cedera kepala
  • Operasi telinga
  • Infeksi
  • Kelemahan otot

Cara Mengatasi Vertigo Mendadak

Penyakit vertigo umumnya datang secara tiba-tiba tanpa persiapan. Kondisi ini bisa menjadi sangat berbahaya saat kita sedang beraktivitas. Karena itu penting mengenal penyakit ini beserta penanganannya.

Ketika mengalami vertigo, ada beberapa cara sebagai langkah pertolongan pertama atas kondisi vertigo yang Anda bisa lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan.

Baca Juga : Sakit Kepala Migrain, Penyebab dan Gejalanya yang Wajib Diwaspadai

Duduk Pada Tempat Yang Aman

Pencegahan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo adalah duduk segera mungkin di tempat yang aman. Serangan vertigo yang terjadi dapat membuat penderitanya cenderung tersandung atau jatuh dan menimbulkan cedera.

Sebelum vertigo Anda mereda, pastikan Anda jangan beranjak dulu dari tempat duduk. Duduk sampai kepala terasa mendingan dan tidak mengalami pusing lagi.

Jika vertigo mendadak yang Anda alami terjadi ketika Anda sedang berkendara atau berada di jalan, sebaiknya sesegera mungkin Anda harus meminggirkan kendaraan Anda.

Tidur Sejenak

Bagi Anda yang belum pernah mengalami vertigo akan tetapi mengalaminya secara tiba-tiba, penyebab vertigo mendadak semacam ini bisa terjadi karena Anda kurang tidur.

Oleh sebab itu, pastikan ketika vertigo sedang Anda alami tidurlah sejenak. Lakukan sesegera mungkin untuk mengurangi gejala Anda.

Menghirup Aromaterapi

Cara mengatasi masalah vertigo ketika Anda alami juga bisa dengan menggunakan herbal aromaterapi. Seperti dengan minyak esensial, minyak peppermint, maupun dengan menggunakan lemon balm.

Biasanya beberapa tetes minyak herbal ini perlu kita letakkan atau tuang pada kapas atau tisu. Kemudian uapnya perlu Anda hirup.

Minum Obat yang Dapat Meredakan Sakit Kepala

Pastikan Anda selalu sedia obat yang dapat meredakan rasa sakit kepala yang menyerang ketika vertigo Anda alami. Setelah itu, jika dalam tiga hari belum juga sembuh segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah berbagai penyebab vertigo mendadak yang Anda perlu tahu dan pahami beserta tips dan trik untuk mengatasinya. Pastikan untuk menjaga selalu kesehatan Anda setiap saat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva