Penyerbukan pada Tumbuhan dengan Berbagai Macam Prosesnya

Penyerbukan pada Tumbuhan dengan Berbagai Macam Prosesnya
Ilustrasi penyerbukan pada tumbuhan. Foto: Ist/Net

Penyerbukan pada tumbuhan yang biasanya dengan bantuan berbagai perantara. Tidak hanya manusia dan hewan, tumbuhan juga sebagai salah satu makhluk hidup yang ada di bumi.

Tumbuhan tentunya membutuhkan proses berkembang biak. Hal itu yang tidak bisa lepas dari adanya proses penyerbukan.

Penyerbukan adalah proses perpindahan serbuk sari dari kepala bunga jantan menuju kepala butik betina. Pertemuan serbuk sarinya dan putik akan menyebabkan reproduksi peluruhan gamet pada tumbuhannya.

Baca Juga: Contoh Penyerbukan Silang yang Terjadi Pada Tumbuhan Sekitar

Inilah Beberapa Penyerbukan pada Tumbuhan

Biasanya pada proses penyerbukan memperoleh bantuan oleh berbagai perantara. Seperti halnya air, angin, burung, serangga, bahkan manusia.

Berdasarkan Asal Serbuk Sari

Penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya terdapat empat macam penyerbukannya. Untuk itu, ketahui beberapa macam penyerbukannya berikut ini.

Penyerbukan Sendiri (Autogami)

Jenis penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunganya sendiri. Hal itu artinya, serbuk sari yang jatuh ke kepala putih pada bunganya sendiri. Ciri-ciri dari penyerbukan sendiri bunganya termasuk bunga yang sempurna.

Bunga tersebut terdapat kelamin jantan dan betina dalam satu bunga. Contohnya pada pohon mangga, jambu, rambutan, bunga turi, bunga sepatu, bunga telang, dan yang lainnya.

Baca Juga: Alat Pernapasan pada Tumbuhan, Baik Secara Umum Maupun Khusus

Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

Penyerbukan tetangga merupakan proses yang asalnya serbuk sarinya dari bunga yang lain. Namun bunga tersebut letaknya masih pada tumbuhan tersebut. Terjadinya penyerbukan tetangga ini karena bunga jantan dan bunga betina tidak pada satu bunga.

Sehingga penyerbukan memerlukan 2 bunga pada tumbuhan yang sama. Untuk dapat melakukan proses penyerbukannya. Contohnya pada tanaman jagung, padi, kelapa, bunga mawar, dan yang lainnya.

Penyerbukan Silang (Alogami)

Pada penyerbukan silang merupakan jenis penyerbukan yang lebih kompleks. Hal itu yang berarti serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain. Penyerbukannya yang berbeda tumbuhan, namun masih sejenis.

Contohnya pada tanaman kamboja, melinjo, pinus, dan lainnya. Sebenarnya hampir semua tumbuhan dapat melakukan penyerbukan silang. Namun masih melalui bantuan dari manusia.

Penyerbukan Bastar (Hibridogamy)

Penyerbukan bastar adalah proses saat asalnya serbuk sari dari bunga lain pada tumbuhan lainnya. Tumbuhan tersebut yang berbeda jenis atau setidaknya memiliki satu sifat yang berbeda. Serbuk sari jantan jatuh ke kepala putik (betina) bunga lainnya dengan varietas berbeda.

Nantinya akan menghasilkan varietas atau spesies baru. Contohnya pada bunga mawar merah dan mawar putih, lili kuning dan lili merah muda, atau yang lainnya.

Penyerbukan Berdasarkan Perantara

Proses penyerbukan pada tumbuhan berdasarkan perantaranya terbagi menjadi empat macam. Untuk itu ketahui beberapa macam penyerbukan berdasarkan perantara berikut ini.

Penyerbukan dengan Angin (Anemogami)

Jenis penyerbukan ini yang menggunakan bantuan angin yang berhembus. Pada proses penyerbukannya terjadi saat angin meniup serbuk sarinya. Sehingga terlepas dari tangkainya, kemudian dapat masuk ke dalam kepala putik.

Penyerbukan dengan bantuan angin biasanya terjadi pada bunga yang memiliki mahkota kecil. Namun warnanya yang tidak mencolok. Contohnya pada pohon kelapa, rumput, jagung, padi, kelapa sawit, dan yang lainnya.

Penyerbukan dengan Hewan (Zoidiogami)

Jenis penyerbukan ini yang menggunakan bantuan hewan. Seperti burung, kupu-kupu, lebah, kelelawar, siput, atau serangga lainnya.

Penyerbukan ini biasanya terjadi pada tumbuhan yang memiliki bunga yang menarik.  Contoh pada bunga mawar, melati, kenanga, sepatu, dan yang lainnya.

Penyerbukan dengan Air (Hidrogami)

Proses penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang terendam air. Hal ini juga bisa saat terkena air hujan atau tumpahan air lainnya. Sehingga menjadikan serbuk sarinya rontok dan mendekati kepala putik. Contohnya tumbuhan ganggang, hydrilla, dan yang lainnya.

Penyerbukan Bantuan Manusia (Antropogami)

Proses penyerbukan lainnya yang menggunakan bantuan campur tangan manusia. Hal ini karena ada beberapa tumbuhan yang tidak bisa melakukan penyerbukannya sendiri. Ciri-ciri tumbuhan yang memerlukan penyerbukan ini seperti memiliki serbuk sarinya.

Pada kepala putiknya yang tidak dalam satu bunga tunggal dan juga serbuk sarinya sulit rontok. Contohnya pada tumbuhan salak, vanili, semangka, buah naga, dan yang lainnya.

Proses penyerbukan pada tumbuhan biasanya bisa dilakukan sendiri dan dengan bantuan perantara. Hal itu akan membantu tumbuhan dalam proses berkembang biak dengan baik. (R10/HR Online)

Editor: Jujang