Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Spion Elektrik dan Retract yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Spion Elektrik dan Retract yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan spion elektrik dan retract mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Karena memang terkesan sama. Spion mobil merupakan benda yang sangat bermanfaat untuk menghindari kecelakaan. Sedangkan spion yang bagus adalah spion yang mampu memberikan penglihatan yang luas untuk jarak pandang kanan dan kiri secara baik.

Baca juga: Jenis Kaca Spion Mobil yang Wajib Anda Ketahui Beserta Fungsinya

Sebagaimana fungsinya, spion tak hanya digunakan untuk pindah jalur saja, namun juga untuk berbelok ke kiri maupun kanan. Selain itu spion juga bisa sebagai pemanis atau pelengkap bentuk mobil. Di Jaman canggih sekarang ini mengatur kaca spion dapat dilakukan dengan mudah.

Ini Perbedaan Spion Elektrik dan Retract Secara Detail

Kebanyakan orang masih bingung dengan perbedaan elektrik mirror dengan retract. Meskipun memiliki fungsi yang sama yakni untuk penglihatan ketika berkendara. Nah untuk membedakannya, mari simak penjelasan berikut.

Dari Sisi Definisi

Sekarang ini spion hadir dengan sistem elektrik. Spion Elektrik atau Electric mirror merupakan sepasang spion yang memiliki fungsi spion pada umumnya hanya saja sudut pandang pada elektrik mirror ini dapat Anda sesuaikan untuk menjamah area yang lebih luas serta jelas.

Sedangkan Spion retract merupakan spion yang bisa melipat secara otomatis. Spion ini dapat dioperasikan dengan menggunakan tombol meski dari dalam kabin.

Meskipun memiliki perbedaan Spion elektrik dan retract, keberadaan spion ini memang memberikan manfaat sehingga pengendara tidak perlu melipat spionnya secara manual.

Nah, dari definisinya saja sudah terlihat berbeda. jika elektrik mirror lebih pada penyesuaian sudut pandang, sedangkan spion retract lebih pada pelipatan otomatis.

Berdasarkan Fungsi dan Kemudahan

Dengan elektrik mirror, maka Anda dapat menyesuaikan sudut spion secara mudah tanpa manual. Menyesuaikan sudut pandang lebih mudah dan dalam waktu singkat. berbeda dengan cara manual.

Baca juga: Mengatasi Spion Motor Longgar dan Lepas dengan Mudah

Terutama dalam kondisi darurat, Anda dapat menyesuaikan sehingga terhindar dari resiko kecelakaan. Anda dapat menyesuaikannya dengan sentuhan tombol saja. Kapanpun Anda dapat mengubahnya sehingga lebih efektif.

Sedangkan perbedaan spion elektrik dan retract, pada retract Anda secara mudah menutup dan membuka spion tersebut baik setelah digunakan maupun saat Anda berada pada jalan yang sempit.

Sehingga mampu melindungi Anda dari gesekan dengan mobil lain atau benda yang memiliki peluang menggores.

Tentu saja dengan spion retract, Anda tidak perlu lagi menekuknya secara manual. Hal ini justru akan merusak mekanisme dari spion tersebut jika Anda menekuknya dengan manual.

Segi Tombol

Selain itu perbedaanya pada segi tombol. Pengaturan untuk elektrik mirror ada 4 arah yakni kanan kiri atas bawah. Umumnya ada panel switch sebagai input untuk menggerakkan kaca pada empat arah berbeda tersebut.

Sedangkan perbedaan spion elektrik dan retract pada tombol switchnya hanya untuk membuka dan menutup saja. Biasanya juga bisa dengan remot.

Namun memang harus dengan tombol atau remot yang ada pada bagian depan pengemudi saat menyetir. Sehingga melipat spion harus menggunakan tombol tersebut dan tidak boleh melipatnya secara manual karena akan merusak mekanisme dari spion elektrik itu sendiri.

Keuntungan Menggunakan Spion Elektrik dan Retract

Dari penjelasan tersebut, keduanya memang memiliki perbedaan, namun terlepas dari semua perbedaan tersebut keduanya memiliki keuntungan untuk pengendara.

Pertama, dengan spion retract tersebut, dapat melindungi spion mobil dari kerusakan. Baik dari senggolan dengan mobil lain atau saat parkir. Sehingga spion tidak mudah patah dan lebih aman saat kondisi darurat.

Kedua, pengendara dapat melipat secara otomatis saat berkendara dalam kondisi berpapasan. Sedangkan dengan spion elektrik, pengendara dapat menyesuaikan sudut pandang dengan mudah imbas dari melipat tersebut.

Ketiga, meskipun terdapat perbedaan Spion elektrik dan retract, namun dari segi tampilan mobil menjadi terlihat lebih mewah. karena memiliki teknologi canggih berupa spion elektrik tersebut. Mobil lebih aman, awet dan tampak keren.

Kekurangan Spion Elektrik atau Retrac

Di balik kelebihan atau keuntungan tentulah memiliki kelemahan. Mobil yang memiliki mekanisme spion elektrik atau retract umumnya memiliki kelemahan pada komponennya. Sehingga motor pada kaca tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut terjadi saat tidak bisa bergerak sesuai fungsinya.

Baca juga: Spion Variasi Motor Menambah Kendaraan Semakin Terlihat Sporty

Selain itu saklar elektrik mudah tak berfungsi. Komponen didalamnya terjadi kerusakan baik pada sirkuit atau lainnya akibat seringnya beroperasi.

Bahkan jika spion terlipat dengan manual atau tidak sengaja oleh tukang parkir, maka akan terganggu mekanisme dari spion tersebut.

Dengan mengetahui perbedaan spion elektrik dan retract serta keuntungan dan kelemahan, maka Anda dapat mempertimbangkan sebelum memasangnya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -