Pilihan Cemilan Sehat Sebagai Hidangan Penutup Usai Makan Berat

Cemilan Sehat
Anggur beku bisa menjadi salah satu pilihan cemilan sehat sebagai hidangan penutup. Foto: Net/Ist.

Pilihan cemilan sehat sebagai hidangan penutup yang bisa jadi rekomendasi buat kamu setelah menyantap makanan berat. Karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, biasanya orang akan mencari camilan yang sehat. Terlebih saat pandemi Covid-19.

Hidangan penutup adalah pilihan tepat usai mengonsumsi makanan berat. Pada umumnya camilan cenderung dengan makanan yang manis, seperti es krim atau kue.

Camilan yang sehat idealnya memiliki kandungan beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin dan serat. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada 8 pilihan makanan cemilan sehat untuk hidangan penutup usai makan berat.

8 Pilihan Cemilan Sehat Sebagai Hidangan Penutup

Kurma

Baca Juga : Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Enak, Bergizi, dan Anti Gemuk

Kurma sering dijadikan sebagai pemanis dalam resep makanan karena mengandung banyak gula alami. Selain itu, kurma kaya akan kandungan vitamin B6, serat, magnesium, dan kalium.

Buah Segar

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan fungsi tubuh. Kamu bisa pilih buah musiman seperti semangka, pir, atau jambu biji.

Buah musiman rasanya akan lebih enak lantaran belum diawetkan atau diproses. Jika kamu tidak bisa menemukan buah yang segar, kamu juga memilih buah-buahan yang beku.

Anggur Beku

Pilihan cemilan sehat untuk hidangan penutup yang berikutnya adalah anggur beku. Ini bisa menjadi cemilan penutup terbaik lantaran lebih manis rasanya setelah didinginkan dalam freezer.

Baca Juga : Kuaci Cemilan Sehat yang Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Diabetes

Caranya sangat mudah, cuci lalu keringkan seikat buah anggur, kemudian simpan di atas loyang. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas/freezer hingga anggur membeku.

Coklat Hitam

Tahukah kamu bahwa dalam 15 gram coklat hitam, 86 persennya hanya memiliki kandungan 2 gram gula. Tetapi, 15 gram dark coklat atau coklat hitam mempunyai rasa yang manis dan kaya akan flavonoid yang bisa membantu melindungi kesehatan jantung.

Apel

Apel bisa menjadi pilihan cemilan sehat sebagai hidangan penutup. Senyawa alami yang terkandung dalam buah tersebut bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit diabetes, jantung, bahkan beberapa jenis penyakit kanker.

Yogurt Yunani

Baca Juga : Crispy Jamur Tiram, Cemilan Pas Nikmati Teh

Untuk cemilan sehat setelah konsumsi makanan berat, pilih yogurt Yunani yang rendah lemak. Kamu bisa menambahkan kayu manis, lalu mengaduknya.

Dengan mengonsumsi yogurt Yunani akan memberi kamu kalsium yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sereal

Pilihan cemilan sehat yang berikutnya yaitu sereal yang dapat kamu buat kapan saja. Kamu bisa mengolah sereal menjadi minuman sehat dengan susu nabati tanpa pemanis yang rendah lemak.

Pastikan kamu memilih sereal yang mengandung gandum utuh 100 persen dan untuk gula per porsinya tidak lebih dari 6 gram.

Apel dan Selai Kacang

Apel dan selai kacang bisa menjadi pilihan sebagai cemilan sehat usai menyantap makanan berat. Kamu cukup mengiris satu buah apel lalu oleskan selai kacang satu sendok makan.

Kamu juga bisa menaburkan kayu manis yang akan menambah rasa manis dan antioksidan pada buah apel tanpa perlu menambahkan gula.

Itulah 8 pilihan cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi sebagai hidangan penutup usai mengonsumsi makanan berat. (R3/HR-Online)

Editor : Eva