Poktan Situ Hiang Pangandaran Penuhi Kebutuhan Benih Bawang Merah

Kelompok Tani
Benih bawang merah sebanyak 1,5 ton akan ditanam Kelompok Tani Situ Hiang, Kabupaten Pangandaran, di atas lahan seluar 1 hektar dalam satu hamparan. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Poktan Situ Hiang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kembangkan diseminasi inovasi teknologi pembenihan Balitbangtan untuk memenuhi kebutuhan benih bawang merah.

Penanggung jawab kegiatan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat, Dr. Yanto Surdianto mengatakan, program ini bertujuan untuk mendorong kelompok-kelompok tani aktif agar  bisa menjadi penangkar benih resmi.

“Program ini untuk memenuhi kebutuhan benih bawang merah. Karena selama ini para petani bawang merah di Kabupaten Pangandaran merasa kesulitan. Semoga kedepan mereka tidak lagi kesulitan dalam mencari benih,” katanya, Rabu (21/07/2021).

Dr. Yanto juga berharap para petani penerima program tersebut bisa memanfaatkan dan melaksanakan program ini sebaik mungkin dan berkelanjutan.

Ia menyebutkan, saat ini kegiatan diseminasi inovasi teknologi pembenihan bawang merah sudah memasuki tahapan garap lahan dan pemupukan awal. Rencananya mulai tanam pada awal Agustus mendatang.

Baca Juga : Poktan Desa Pangkalan Pangandaran Dapat Bantuan Benih Padi Unggul

“Untuk rincian tahapannya yaitu penanaman, pemupukan tahap kedua, penyiangan, pengendalian OPT, penyiraman dan roguing,” terang Yanto.

Tim penanggung jawab kelembagaan dari BPTP Jawa Barat, Nabila An Nadjib menambahkan, kelompok tani yang sukses tentunya didukung oleh kelembagaan yang baik pula.

Pihaknya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kerjasama dan menumbuhkembangkan sistem kelompok tani dari hulu hingga ke hilir.

“Pada pelaksanaan penanaman nanti rencananya akan hadir petugas dari BPTP, BPSP sebagai fasilitator sertifikasi benih. Serta petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran,” kata Nabila.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Swadaya Desa Pangkalan, Taryana mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan semua pihak. Karena sudah menjadikan Poktan Situ Hiang sebagai penerima manfaat.

“Semoga apa yang menjadi harapan kita semua bisa berjalan dengan lancar,” ucap Taryana. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva