PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 2 Agustus, Aturannya Dilonggarkan

PPKM Level 4 Diperpanjang
Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4. Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 mulai 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. Meskipun demikian ada beberapa aturan yang dilonggarkan oleh pemerintah.

“Saya memutuskan memperpanjang PPKM level 4 mulai 26 juli sampai dengan 2 Agustus. Namun akan melakukan beberapa penyesuaian,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden dari Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Penyesuaian yang dimaksud seperti pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok diizinkan untuk buka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Begitu juga dengan pasar tradisional yang menjual selain kebutuhan pokok diizinkan buka sampai pukul 15.00. Kapasitas pengunjung hanya 50 persen dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara PKL, toko kelontong, agen atau outlet voucher, buka hanya sampai pukul 20.00. Begitu juga dengan usaha-usaha jasa, seperti pangkas rambut, laundry, bengkel kecil, tempat cuci kendaraan, dan usaha lainnya yang sejenis juga buka hanya sampai pukul 20.00. Termasuk juga pedagang asongan.

Sedangkan untuk warung makan dan lapak jajanan diizinkan makan di tempat, namun dibatasi hanya 20 menit.

“Pengaturan teknisnya dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” kata Jokowi.

Jokowi juga menegaskan untuk mengurangi beban masyarakat karena pandemi Covid-19, pemerintah akan meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat dan bantuan usaha mikro kecil.

“Penjelasan secara terperinci akan dilakukan Menko dan Menteri terkait,” katanya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu