Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita BanjarRatusan Karyawan Pabrik Kayu di Kota Banjar Terpapar Covid-19

Ratusan Karyawan Pabrik Kayu di Kota Banjar Terpapar Covid-19

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ratusan karyawan pabrik kayu di Kota Banjar, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (06/07/2021). Terpaparnya ratus karyawan pabrik tersebut langsung mendapatkan perhatian Satgas tingkat kota.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar, H. Agus Nugraha mengatakan, ada 139 karyawan pabrik kayu di Kota Banjar yang positif virus Corona.

“Hari Selasa 7 Juli 2021, kita rapat koordinasi membahas masalah ratusan orang karyawan pabrik kayu yang terpapar virus Corona. Karena tadi Satgas Kecamatan Banjar sudah datang ke lokasi dan ada informasi agak riskan membahayakan,” terangnya.

Dengan adanya kejadian terpaparnya ratusan karyawan pabrik kayu, Satgas Covid-19 Kota Banjar akan mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi penularan virus yang lebih banyak lagi.

“Disatu sisi kita ada regulasi yang tidak boleh menutup pabrik karena itu masalah ekspor. Solusinya paling nanti kita lihat rasio sumber daya manusia. Dibagi shift karyawannya yang tidak terpapar tanpa mengurangi volume produksinya,” ujar Agus.

Agus juga menjelaskan, nantinya pihak perusahaan akan melakukan pemanggilan untuk koordinasi tentang penanganan selanjutnya terhadap ratusan karyawan pabrik yang positif Covid-19.

Rencananya Satgas Covid-19 Kota Banjar akan mengundang pihak perusahaan untuk mengambil keputusan penanganan bersama. Termasuk sistemnya akan seperti apa saat ada karyawannya yang terpapar cukup banyak.

Baca Juga : Kecelakaan Kerja Buruh Pabrik di Kota Banjar, Korban Dilarikan ke RS

Puskesmas Banjar 2 Tracking Kontak Erat Karyawan Pabrik

Sementara itu, Kepala Puskesmas Banjar 2, Siti Mariani mengatakan, yang pertama terpapar virus Covid-19 itu merupakan warga yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Pataruman 1.

“Jadi surveillance dari Puskesmas Pataruman 1 konfirmasi ke petugas Puskesmas Banjar 2, karena yang positif itu kerjanya di PT BKS. Lalu kita tracking dan dapatlah kontak erat sebanyak enam orang,” terangnya.

Kemudian, dari 6 orang yang kontak erat melakukan swab test PCR, hasilnya 3 orang terkonfirmasi positif virus Corona.

Selanjutnya, hari Senin tanggal 5 Juli kemarin, Satgas Covid-19 Kota Banjar juga mendapat informasi dari pihak pabrik BKS, bahwa ada yang sakit sampai pingsan sebanyak dua orang.

“Setelah itu petugas datang ke lokasi dan ternyata itu masih satu bidang dengan yang sebelumnya terkonfirmasi,” ungkap Siti.

Dalam pelacakan kontak erat yang dilakukan petugas kesehatan, lanjut Siti, hal itu berdasarkan kejujuran dari masing-masing orang. Tapi yang mengaku hanya enam orang saja yang pertama melakukan pemeriksaan.

Namun, setelah ada yang sakit langsung memeriksa sebanyak delapan orang, dan tujuh orang diantaranya reaktif hasil rapid antigen. Kemudian hasil PCR juga positif.

Sedangkan, setelah melakukan pemeriksaan pertama sebanyak 900 orang karyawan, terdapat 88 orang yang terpapar virus Covid-19. (Sandi/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -