Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruReset Advertising ID di Android Mudah, Aktivitas Lebih Aman Tak Terlacak

Reset Advertising ID di Android Mudah, Aktivitas Lebih Aman Tak Terlacak

Reset advertising ID di Android bertujuan agar aktivitas Anda tidak mudah terlacak oleh pihak pengembang. Penting untuk Anda ketahui, dalam setiap smartphone mempunyai rangkaian identitas yang unik dan memungkinkan bagi perusahaan pengembang dalam melacak beragam aktivitas pengguna.

Salah satunya adalah Advertising ID yang terdapat pada semua sistem operasi iPHone, iPad, Windows serta Android. Advertising ID memiliki fungsi layaknya cookie pada website, yang dapat merekam aktivitas pengguna untuk penargetan konten maupun iklan pada kemudian hari.

Tentang Reset Advertising ID di Android

Melalui advertising ID, aktivitas dari pengguna nantinya akan dilacak, dibagikan bahkan hal terburuknya adalah kemungkinan bocor. Kemudian dijual untuk penargetan iklan dengan dengan aktivitas serta lokasi pengguna.

Baca Juga : Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Simak Tips Praktisnya

Meskipun para pengguna tidak dapat menghapus maupun menghalangi sepenuhnya penargetan iklan, akan tetapi terdapat cara untuk menguranginya. Caranya dengan reset advertising ID yang dimiliki pada setiap perangkat atau akun Google.

Hal ini membuat sistem pada Google dapat membangun ulang kembali profil, dengan demikian pengiklanan tidak akan bisa menghubungkan tindakan dari masa lalu pada website dengan smartphone yang Anda gunakan.

Pada saat membuka aplikasi yang terdapat dukungan iklan favorit, dan kemudian memperoleh konten iklan yang tidak Anda inginkan tiba-tiba muncul. Konten iklan tersebut ada akibat aktivitas terdahulu saat melakukan pencarian terhadap yang Anda perlukan.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu. Sementara membersihkan riwayat pencarian Anda, tidak akan memberikan solusi. Hanya dengan melakukan reset advertising ID di Android dapat menjadi solusi tepat.

Dalam hal ini Google menyediakan ruang iklan pada hasil pencarian. Selanjutnya iklan akan tampil pada hasil pencarian teratas Google. Dengan me-reset ID iklan, maka pengguna akan memperoleh iklan acak yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas googling Anda.

Mengenal Advertising ID di Android

Advertising ID merupakan ID individu yang dapat terreset per perangkat. Jaringan iklan menggunakan ID untuk menayangkan iklan yang menjadi target serta penargetan ulang. ID tersebut berguna untuk membangun audience atau suppression list ketika meluncurkan kampanye baru dengan mitra media baru.

Jika para pengguna Android tidak memberikan persetujuan untuk personalisasi iklan yang berupa pengaturan yang telah tersedia sejak tahun 2013, maka Advertising ID pengguna tersebut tidak dapat mereka gunakan untuk penargetan ulang iklan. Akan tetapi Advertising ID akan tetap tersedia dapat bermanfaat untuk pengukuran analytics serta pencegahan penipuan.

Cara Reset Advertising ID

Sebenarnya para pengguna tidak dapat menghapus serta menonaktifkan ID iklan secara sepenuhnya. Hal yang terbaik yang dapat pengguna lakukan adalah dengan mengatur ulang ID.

Baca Juga : Gyroscope Tidak Berfungsi pada HP, Berikut Tips Praktis Mengatasinya

Jika pengguna dapat mengatur ulang ID iklan secara teratur maka dapat menghindari dari iklan hasil dari personalisasi. Berikut ini langkah-langkah reset Advertising ID pada perangkat Android antara lain:

  • Langkah pertama, masuk pada menu Setting pada smartphone yang Anda gunakan
  • Gulir ke bagian bawah untuk menemukan Google > Google Settings. Melalui menu ini akan membuka pilihan menu pengaturan akun Google
  • Kemudian, pilih opsi dengan anam Ads. Selanjutnya akan menampilkan advertising ID pada bagian bawah yang terdiri dari rangkaian huruf serta angka random
  • Langkah berikutnya dalam reset Advertising ID di Android adalah pilih paling atas dengan tuliskan Reset Advertising ID. Ketuk OK di kotak notifikasi yang muncul.
  • Untuk menghindari adanya pelacakan aktivitas secara lebih lanjut, Anda dapat menggeser toggle opsi Opt out of Ads Personalization ke kanan.

Reset Advertising ID di Android Tidak Berarti Bebas Iklan

Sebenarnya cara ini tidak serta merta dapat menghentikan iklan yang muncul pada perangkat Android Anda. Akan tetapi kemungkinan hal ini tidak akan berdasar pada minta serta aktivitas pengguna.

Akan tetapi hal ini sama seperti menghapus data pelacakan aktivitas yang para pengembang lakukan berdasar pada Advertising ID. Dengan adanya identitas baru, hal ini berarti pengembang akan memulai pelacakan baru mulai dari awa

Meskipun para pengguna berhasil melakukan reset advertising ID di Android, namun iklan akan tetap muncul pada perangkat HP dalam berbagai aktivitas aplikasi manapun. Kemungkinan hal tersebut tidak berdasar dengan kebiasaan atau minat pengguna. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img