RSUD Ciamis Tak Berikan Pelayanan Pasien yang Butuh Oksigen

RSUD Ciamis Tak Berikan Pelayanan Pasien yang Butuh Oksigen
Pengumuman RSUD Ciamis tidak berikan pelayanan pasien yang butuh oksigen. Foto : Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis, Jawa Barat, dengan terpaksa tidak memberikan pelayanan kepada pasien yang butuh oksigen. Hal tersebut karena keterbatasan stok ketersediaan oksigen.

“Benar, RSUD Ciamis tidak dapat memberikan pelayanan oksigen kepada pasien,” terang Kabag Humas RSUD Ciamis, Sahlan, saat dikonfirmasi HR Online melalui pesan WhatsApp, Kamis (22/07/2021).

“Kita juga sudah memberikan pengumuman secara resmi mengenai sehubungan dengan  keterbatasan oksigen tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sahlan mengungkapkan, dengan ketidakpastian pasokan oksigen ke RSUD Ciamis, maka pihaknya dengan terpaksa harus memberhentikan dahulu pelayanan oksigen kepada pasien.

“Karena keterbatasan dan ketiadaan liquid oksigen (bahan oksigen) di depot penyedianya,” ungkapnya.

Ia pun mengklaim bahwa RSUD Ciamis sudah melakukan berbagai usaha dalam menyediakan dan memenuhi kebutuhan oksigen sekarang ini. Seperti pengadaan oksigen yang sudah mengambil dari beberapa sumber.

“Akan tetapi, memang saat ini oksigen sedang kosong di mana-mana. Selain itu, permasalahan ini menjadi masalah nasional,” katanya.

Menurutnya, untuk pelayanan oksigen diberikan kepada pasien dari sentral oksigen. Jadi, apabila ada pasokan maka semua pasien yang butuh oksigen bisa mendapatkan. Namun, jika pasokan tidak ada, maka semuanya juga tidak dapat.

“Untuk konteksnya kami tidak menolak pasien. Hanya saja, kami tidak melayani pasien yang butuh oksigen. Karena memang keadaan stok oksigen terbatas,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto