Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruRumah Konsep Terbuka Menjadikan Ruangan Tampak Lebih Lega

Rumah Konsep Terbuka Menjadikan Ruangan Tampak Lebih Lega

Rumah konsep terbuka menjadikan ruangan tampak lebih luas. Konsep terbuka menjadi salah satu desain yang banyak peminatnya saat ini. Definisi dari rumah terbuka merupakan desain yang menggabungkan dua atau lebih ruangan.

Namun tanpa dengan menggunakan sekat atau pembatas antar ruangan. Konsep rumah ini sebagai salah satu solusi bagi pemilik rumahnya apabila tidak memiliki rumah dengan lahan besar.

Inilah Beberapa Desain Rumah Konsep Terbuka

Untuk menjadikan rumah seakan-akan tampak lebih lapang, ketahui beberapa desain rumah terbuka berikut ini.

Desain Dapur dan Ruang Makan Terbuka

Anda dapat memadukan ruangan terbuka pada bagian dapurnya untuk menjadi salah satu jalur gas buangannya. Aktivitas dapur tentunya menjadi salah satu sumber polusi udara dalam rumah. 

Baca Juga: Kanopi Untuk Dapur Terbuka, Cocok dengan Gaya Rumah Apapun

Maka untuk mengatasinya, dengan memilih penghisap asap dapur. Selain itu, juga dapat mencoba desain dapur terbuka sederhana. Hal itu agar polusi udara dari dapurnya mudah terbuang.

Anda juga dapat menyatukan area dapur dan ruang makan. Hal itu dapat menjadi sebuah daya tarik. Kegiatan makan sehari-hari semakin menyenangkan sambil menikmati suasana.

Ruang Terbuka Tempat Berkumpul Santai

Apabila Anda memiliki area depan rumah yang memadai, Anda dapat mencoba membuat beranda untuk duduk sambil ngopi dengan keluarga. Selain itu, juga dapat membuat patio yang tersambung dengan area rumahnya. 

Baca Juga: Model Jendela Rumah Bagian Depan Untuk Hunian Lebih Indah

Menambahkan kursi dan meja agar menjadikan area duduk lebih nyaman. Memudahkan membaca buku atau hanya sekedar mengobrol. Apabila memungkinkan, dapat memberikan atap pada area bersantai rumah konsep terbuka tersebut. 

Padukan dengan Ruang Kerja

Memilih memadukan ruangan void antara dapur atau ruang makan mungkin sudah biasa. Terlebih untuk konsep hunian modern dan minimalis. Namun Anda juga dapat menghubungkan ruang kerja dengan ruang terbuka.

Perpaduan dengan ruang kerja untuk menghadirkan suasana menyenangkan. Selain itu, juga akan menambah inspirasi selama bekerja. Terlebih dengan adanya tren work from home saat ini. Anda lama-kelamaan akan merasa jenuh dengan ruangan yang tertutup dan tampak monoton.

Baca Juga: Skylight Rumah Minimalis Untuk Jalan Cahaya Alami

Anda dapat menjadikan udara lebih segar sembari bekerja. Hal itu karena adanya konsep ruang terbuka yang terhubung dengan ruang kerja Anda. Memilih menggunakan jendela besar atau menjadikan konsep ruang kerja outdoor.

Anda tetap dapat memaksimalkan penggunaan furniture untuk ruang kerjanya. Namun tetap menggunakan konsep yang alami pada rumah konsep terbuka. Perlunya membuat jalan kecil dari bebatuan taman yang menghubungkannya dengan ruang kerja.

Taman dalam Rumah

Menghadirkan taman tidak hanya pada bagian luar rumah. Namun Anda juga dapat menerapkannya pada bagian dalam rumahnya. Taman indoor kini menjadi tren yang banyak peminatnya. Banyak pilihan tanaman indoor yang dapat Anda pilih. Mulai dari jenis tanaman karet, lidah mertua, dan yang lainnya. 

Desain Ruang Keluarga Terbuka

Memilih menggunakan jendela besar yang terbuka lebar. Sehingga menjadikan sinar matahari yang masuk lebih banyak. Hal itu juga akan menjadikan ruangan tampak lebih lega. Selain itu, menampilkan ruangan keluarga sedikit furniture lebih tertata rapi.

Dengan adanya pohon-pohon besar yang tumbuh sejajar sebagai pembatasnya. Warna-warna natural dari alam menjadi elemen penting dari konsep terbuka untuk menghadirkan kesan yang hangat dan nyaman.

Area Terbuka Sebagai Penghubung

Membuat konsep area terbuka pada bagian halaman rumah terkadang menjadikan Anda lebih khawatir dengan aktivitas anak yang sangat aktif. Untuk dapat mengawasi gerak-gerik anak, Anda dapat membuat taman atau courtyard pada bagian tengah rumahnya.

Tidak hanya untuk jalur sirkulasi, namun area ini juga sebagai penghubung menuju ruangan lainnya. Memilih penggunaan sliding door pada sisi ruangan. Sehingga Anda masih dapat memperhatikan tingkah anak saat bermain. Tentu menarik untuk jadi salah satu inspirasi Anda bukan?

Kolam Renang Terbuka

Area kosong yang terbuka dapat membuatnya sebagai kolam renang. Konsep kolam renang terbuka tampak menyatu di samping rumah. Anda dapat membatasinya dengan ruangan lain menggunakan partisi kaca.

Pembatas ini membagi ruangan lain dengan area kolam renang. Sehingga akan tetap menjaga privasi pada masing-masing areanya. Kini Anda dapat mengetahui desain rumah konsep terbuka. Konsep terbuka menjadikan ruangan akan tampak lebih lega. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img