Polres Tasikmalaya Resmikan Rumah Ramah Anak

Rumah Ramah Anak
Rumah Ramah Anak yang diresmikan Polres Tasikmalaya di sekitar asrama Polisi. Foto: Apip/HR

Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Peringati Hari Anak Nasional, Polres Tasikmalaya meresmikan sebuah rumah ramah anak di lingkungan asrama Polisi.

Kado ulang tahun ini juga menjadi tempat berlindung bagi anak yang tengah menghadapi hukum.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono, mengatakan, rumah tersebut memang khusus bagi anak-anak yang sedang berhadapan dengan hukum, baik itu sebagai pelaku, korban maupun saksi.

Bahkan, dalam Undang-undang menyebut mengamanatkan agar memberikan perlakuan khusus.

“Kalau di Polres itu kan kurang layak karena sering berhadapan orang dinas, sehingga anak pun berbeda melihatnya. Jadi, kita siapkan tempat agar mereka bahagia ketika di sini,” ujarnya, Jum’at (23/7/2021).

baca juga: Dugaan Ujaran Kebencian, NU Tasikmalaya Laporkan 1 Akun FB ke Polisi

Selain itu, pihaknya juga memberikan sebanyak 400 bola untuk anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ada di sekitar Asrama Polisi (Aspol) Polres.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto, mengapresiasi langkah kepolisian yang telah memberikan bukti nyata terhadap generasi penerus.

Sehingga, hal tersebut menjadi motivasi bagi pihaknya untuk bersama-sama memberikan perlindungan kepada seluruh anak-anak.

“Ini sebagai bentuk antisipasi ketika ada yang berhadapan dengan hukum yang mana mereka kerap mendapatkan ancama maupun intimidasi. Sehingga ini sangat tepat sekali,” pungkasnya. (Apip/R6/HR-Online)