Cegah Covid-19, Santri Ponpes Al Hasan Ciamis Jalani Vaksinasi

Santri Ponpes Al Hasan
Para santri Ponpes Al Hasan Ciamis menjalani vaksinasi. Foto: Ferry/HR-Online

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Kodim 0613 Ciamis kembali melakukan vaksinasi. Kali ini untuk santri di pondok pesantren atau Ponpes Al Hasan Ciamis, Jumat (23/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut, para santri sangat antusias menjalani rangkaian kegiatan vaksinasi Covid-19. Kegiatan digelar di Aula Pondok Pesantren Al Hasan.

Pengurus Pondok Pesantren Al Hasan Ciamis, Ilan Mochamad Fauzan mengatakan, ada sekitar 100 santri yang mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 ini.

“Santri yang menjalani vaksinasi itu kurang lebih dari mulai yang berusia 12 tahun. Kemudian, harus ada izin dari orang tua kalau tidak kami tidak izinkan,” katanya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini masih ada bahkan virusnya juga ada varian barunya (Bermutasi). Maka, untuk menekan penyebaran dan sebagai ikhtiar lingkungan pesantren, para santri melakukan vaksinasi.

“Minimal dengan vaksinasi ini bisa menimalisir terjadinya penyebaran Covid-19 dan juga selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Ilan menambahkan, di Ponpes Al Hasan ini ada 500 santri. Namun, yang baru vaksinasi hanya 100 santri.

“Kenapa harus ada izin orang tua karena, para santri berhak juga mengikuti arahan atau intruksi dari orang tua, jadi bukan semuanya kewenangan pesantren,” ucapnya.

Ilan berharap, dengan adanya vaksinasi Covid-19 yang bekerjasama dengan Kodim 0613 ini berjalan dengan lancar. Kemudian, herd immunity atau kekebalan tubuh bisa segera terbentuk.

“Supaya para santri Ponpes Al Hasan bisa terlindungi dari paparan virus Corona,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang