Satelit yang Siarkan Olimpiade Tokyo 2020, Ini Daftarnya

Satelit yang Siarkan Olimpiade Tokyo 2020
Ilustrasi Satelit yang Siarkan Olimpiade Tokyo 2020. Foto : Net/Ist

Setelah tayangan EURO 2020, kini satelit yang siarkan Olimpiade Tokyo 2020 menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, tidak semua satelit yang tersebar dan ada menayangkan siaran olahraga empat tahunan tersebut.

Sejatinya, Olimpiade Tokyo tersebut berlangsung pada 14 Juli sampai 9 Agustus 2020. Padahal, masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia sudah sangat menantikan penyelenggaraan olahraga 4 tahunan tersebut.

Namun, karena masih adanya wabah pandemi Covid-19 maka diundur, dan baru bisa diselenggarakan pada 22 Juli hingga 8 Agustus 2021 nanti. Akan tetapi, penyelenggaraan kali ini dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dengan hitungan hari tersebut, tentunya masyarakat di berbagai dunia tidak sabar untuk menyaksikan siaran dari berbagai cabang olahraga secara live.

Daftar Satelit yang Siarkan Olimpiade Tokyo 2020

Bagi pengguna antena terestrial atau UHF tentu tidak akan kesulitan menyaksikan atlet-atlet Indonesia berlaga. Begitu juga dengan TV kabel atau berlangganan lainnya.

Namun bagaimana dengan pengguna parabola atau TV satelit? Nah inilah yang menjadi masalah. Pasalnya, beberapa channel televisi dari satelit lain yang menyiarkan Olimpiade Tokyo 2020, sangat jarang yang Free To Air (FTA) alias gratisan.

Baca Juga : Cara Tracking Eutelsat 172b, Satelit yang Siarkan EURO 2020

Akan tetapi Anda jangan khawatir. Pasalnya masih ada satelit yang kemungkinan besar bisa Anda saksikan secara langsung, meski harus menggunakan kode bisskey.

Berikut ini daftar satelit yang siarkan langsung Olimpiade Tokyo 2020.

Telkom

Satelit yang satu ini memang sudah tidak aneh lagi, sebab milik Indonesia. Hampir semua channel Indonesia yang menghuni satelit Telkom 4 ini.

Sementara untuk channel televisi pada Telkom 4 yang menayangkan secara langsung maupun delay pertandingan olahraga bergengsi ini adalah TVRI, Indosiar dan SCTV.

Sedangkan untuk mendapatkan TVRI Nasional maupun Sport via antena parabola, Anda bisa memasukkan transponder dengan frekuensi 3921 H 3500, dan juga 3926 H 4000.

Lantas bagaimana dengan Indosiar dan SCTV yang berada dalam Emtek Grup tersebut? Anda bisa memasukkan frekuensi pada receiver parabola dengan TP 4121 H 12250.

Sementara TV berbayar yang ada pada satelit Telkom 4 yang siarkan Olimpiade Tokyo 2020 adalah Nex Parabola, dengan frekuensi 4180 V 29800. Selain itu K-Vision yang bekerjasama dengan Nex Parabola, dengan TP 3860 V 31000.

Namun sayangnya, untuk TVRI, Indosiar dan SCTV kemungkinan besar tidak bisa Anda saksikan secara FTA. Pasalnya, sesuai dengan hak siar maka channel tersebut menyensor saat pertandingan berlangsung.

Jadi, alternatif lainnya adalah menuju satelit lainnya atau menggunakan antena terestrial/UHF dan juga berlangganan seperti Nex Parabola dan K-Vision.

Thaicom 5

Pada saat penyelenggaraan Piala Eropa 2020 yang baru saja berakhir, satelit Thaicom 5 menjadi penyelamat bagi pengguna parabola.

Salah satu channel satelit Thaicom 5 yang siarkan langsung pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 adalah PPTV HD. Channel milik Thailand tersebut kemungkinan akan FTA alias gratis.

Sementara itu, mengutip informasi dari media sosial grup parabola bahwa selain PPTV HD, channel Thaicom 5 lainnya adalah NBT HD. Kemudian, True4U, New18, lau ThaiPBS, dan GMM TV.

Namun, sampai saat ini satelit Thaicom 5 yang kemungkinan besar siarkan Olimpiade Tokyo 2020 adalah milik pemerintah Thailand saja.

Sedangkan untuk memburu atau mencari PPTV HD tidak lah sulit, karena beam mencakup semua wilayah Indonesia. Anda tinggal menggeser parabola jika dari Telkom 4 maka ke arah barat.

Jangan lupa memasukkan transponder PPTV HD 3760 H 30000 atau 4080 H 30000 dan 12355 V 30000.

Measat 3

Satelit lainnya yang siarkan pertandingan olahraga Olimpiade Tokyo 2020 adalah Measat 3. Salah satu channel yang kemungkinan besar menayangkan Olimpiade yaitu RTM 1 atau TV1, yang merupakan siaran televisi milik pemerintah Malaysia.

Bisa jadi channel RTM 1 ini bakal menayangkan pertandingan olahraga bergengsi secara gratisan. Namun jika disensor pun masih bisa dibuka dengan menggunakan kode bisskey.

Sementara untuk mendapatkan channel tersebut, Anda bisa menambahkan TP 3920 H 12400. Dan Anda harus menggeser arah parabola (Telkom 4) ke arah barat.

Satelit Lainnya

Selain satelit di atas, kemungkinan besar yang siarkan Olimpiade Tokyo 2020 adalah Intelsat 19, lewat channel EMTV.

Masih ada juga satelit Apstar 6 yang baru saja menyiarkan secara langsung Piala Eropa 2020. Channel Apstar 6 ini adalah CBS Grup (MyTV, CTN, dan CNC).

Sedangkan untuk yang lainnya yaitu Asiasat 5, namun untuk satelit ini biasa lewat jalur feed.

Meski begitu, satelit yang siarkan langsung Olimpiade Tokyo 2020 secara FTA alias gratisan, maka Anda bisa mengunjungi Thaicom 5. Selain tidak berbayar juga untuk mencari channel PPTV HD sangat lah mudah. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto