Sensitivitas HP Xiaomi Dapat Diatur dengan Berbagai Cara Mudah

Sensitivitas HP Xiaomi Dapat Diatur Dengan Berbagai Cara Mudah
Ilustrasi Sensitivitas HP Xiaomi. Foto: Ist/Net

Sensitivitas HP Xiaomi harus selalu terjaga agar Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Layar merupakan komponen yang penting dalam menjalankan operasional HP. Jika layar tidak berfungsi dengan baik, maka semua prosesnya tidak bisa berjalan dengan lebih baik.

Baca juga: Cek Garansi HP Xiaomi Apakah Masuk Jenis Resmi atau Distributor

Jika sensitivitas pada layar mengalami kerusakan, artinya perlu melakukan kalibrasi layar. Dengan melakukan kalibrasi juga bisa digunakan untuk mengatur sensitivitas layar Android.

Nah, untuk melakukan hal tersebut, kami sudah menyiapkan beberapa cara yang cukup mudah untuk Anda gunakan. Setelah menggunakan cara ini, layar bisa digunakan dengan mudah tanpa harus menunggu waktu yang lama. Daripada penasaran, ada baiknya segera menyimak beberapa ulasan lengkapnya berikut ini. Dijamin, permasalahan tersebut segera lenyap dari hidup Anda.

Cara Mudah Mengatur Sensitivitas HP Xiaomi

Layar merupakan komponen penting, mengatur sensitivitasnya merupakan hal yang harus Anda lakukan. Dengan melakukan pengaturan pada layar, maka ketika terjadi sesuatu yang darurat, Anda bisa menanganinya dengan lebih mudah.

Sehingga, tidak ada keributan yang terjadi karena layar yang susah di gerakan. Beberapa masalah sering terjadi pada touchscreen sehingga mengurangi sensitivitas HP Xiaomi tersebut. Hasilnya HP mengalami hang atau respon lambat.

Pastinya hal tersebut sangat mengganggu, karena itu Anda harus segera melakukan pengaturan pada layar sentuh Xiaomi. Meski sudah ada banyak sekali aplikasi kalibrasi Android tanpa root. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan touchscreen Xiaomi secara manual, karena lebih efektif dan lebih mudah.

Kali ini, terdapat beberapa cara mudah untuk mengatur sensitivitas HP Xiaomi Anda dengan baik. dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mendapatkan layar dengan sensitivitas yang sempurna. Sehingga Anda juga bisa menggunakannya dengan baik.

Melakukan Kalibrasi Layar Xiaomi

Dengan melakukan kalibrasi, maka akan relatif mudah mengatur ulang sensitivitas pada layar Xiaomi Android Anda. Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan kembali sensitivitas HP Xiaomi Anda.

Namun, ketika Anda mengecek layar dan kondisinya baik, dan masih mengalami masalah pada layarnya, sebaiknya menggunakan cara ini untuk mengatasinya. 

  1. Pertama Anda perlu membuka pengaturan, kemudian pilih menu kalibrasi.
  2. Setelah Anda menekan menu tersebut, maka layar akan berubah menjadi hitam putih. Anda bisa tunggu hingga muncul notifikasi. Untuk melakukan kalibrasi juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengklik layar untuk melakukan kalibrasi.

Anda nantinya akan mendapatkan beberapa petunjuk, tinggal mengikuti petunjuk tersebut dan selesai. Nantinya proses kalibrasi akan berlangsung secara otomatis oleh sistem.

Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Animasi Pada Layar

Cara kedua agar sensitivitas HP Xiaomi kembali normal adalah dengan menggunakan wallpaper yang ringan. Sebisa mungkin kurangi menggunakan wallpaper yang menggunakan animasi atau fig. Hal tersebut bisa mengakibatkan HP kurang respon, sebab harus memuat animasi yang memiliki skala lebih tinggi.

Baca juga: HP Xiaomi Redmi K50 Unggul dari Segi Kamera Penta Beresolusi Tinggi

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa masuk ke menu pengaturan kemudian, pilihan developer option. Anda bisa semua melakukan pengaturan di dalamnya menjadi 5 kali.

Melakukan Pengecekan Pada Layar HP

Sebelumnya Anda juga perlu melakukan pengecekan pada layar HP. Anda perlu memastikan bahwa layar HP dalam kondisi yang bagus dan tidak mengalami kerusakan. Setelah pengecoran selesai, Anda harus bisa melakukan pengaturan sensitivitas HP Xiaomi.

Menggunakan Charger Bawaan HP

Agar sensitivitas Xiaomi bisa di sesuaikan dengan baik, Anda tidak menggunakan cas yang bukan bawaan HP ketika membelinya. Walau memiliki ukuran yang sama, dan baterai juga bisa terisi dengan baik.

Walau begitu biasanya arus yang dialirkan tidak sama dengan cas bawaan. Inilah salah satu bawaan yang membuat layar HP tidak berfungsi dengan baik. Jadi dalam masalah sensitivitas HP, penggunaan cas juga perlu Anda perhatikan dengan baik.

Melepaskan Tempered Glass HP

Bisa saja penyebab sensitivitas yang ada pada HP Xiaomi tidak berfungsi dengan baik karena tempered glass dipasang terlalu tebal. Sebaiknya Anda menggunakan tempered glass yang sedikit lebih tipis agar, sensitivitas layar bisa berfungsi dengan baik.

Membersihkan File Sampah

Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk, seperti menginstal aplikasi atau game secara terus-terusan. Hal ini, tentunya berakibat buruk pada HP, karena kapasitas penyimpanan yang penuh operasional HP bisa terhambat.

Karena itu, agar layar bisa beroperasi dengan optimal. Anda bisa mengurangi pemasangan aplikasi atau permainan yang tidak berguna. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih yang dapat mengunduhnya lewat play store.

Nah, jika sensitivitas tidak bisa berjalan dengan baik, maka Anda bisa menggunakan cara-cara berikut. Dengan begitu, layar bisa kembali Anda gunakan dengan baik dan tidak mengganggu kegiatan keseharian.

Baca juga: HP Xiaomi Mi CC11 Pro, Kabarnya Akan Rilis di India Oktober 2021

Namun, apa Anda pernah berpikir apa saja penyebab sensitivitas HP Xiaomi berkurang? Sebenarnya sensitivitas pada HP Xiaomi berkurang dapat disebabkan banyak hal. Nah, untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab Sensitivitas HP Xiaomi Berkurang

Sensitivitas HP berkurang, bisa disebabkan beberapa hal, dan Anda perlu tahu apa saja penyebabnya. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa meminimalisir sehingga layar bisa berfungsi dengan baik. Berikut penyebab layar HP sulit untuk digunakan.

Aplikasi Terlalu Banyak yang Berjalan di Background

RAM memiliki batasan masing-masing di setiap smartphone, termasuk Xiaomi. Karena itu aktivitas multitasking yang berlebihan bisa berpengaruh besar bagi HP, dan bisa membuatnya menjadi lemot.

RAM Mulai Penuh

Biasanya penyebab layar HP Xiaomi sulit di geser adalah kapasitas ruangan yang sudah mulai penuh. Kecepatan operasional sebuah HP juga berpengaruh besar pada kapasitas ruang RAM yang ada.

Bug Pada ROM

Tidak hanya RAM, penggunaan ROM yang tidak sesuai dengan perangkat Androidnya juga bisa berakibat buruk pada perangkat tersebut. Sehingga bisa menyebabkan layar sentuh tidak sensitif lagi.

Layar Terbentur

Touchscreen sebenarnya memiliki lapisan kaca tipis yang berfungsi sebagai pelindung. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada layarnya. Apalagi hal tersebut diakibatkan terjadi dan benturan.

Alur Listrik yang Berlebihan

Nyatanya terlalu banyak mengecas juga bisa mengurangi sensitivitas pada HP Xiaomi. Jadi Anda harus, mengecas dengan tepat, selain itu Anda juga harus menggunakan charger yang sesuai atau charger bawaan.

Sehingga arus listrik yang masuk bisa sesuai dengan yang HP butuhkan. Dengan begitu, HP bisa berfungsi dengan baik tanpa merusak bagian layar dan operasionalnya.

Selain berikan berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kami juga akan memberikan cara untuk mengembalikan sensitivitas HP tersebut. Dengan menggunakan cara ini, HP Xiaomi Anda bisa berjalan dengan lebih cepat dan nyaman.

Cara Mudah Menambah Sensitivitas HP Xiaomi Saat Bermain Game

Sudah banyak yang mengetahui bahwa layar sentuh kurang respon biasanya di karena penggunaan game yang berlebihan. Hal ini, terjadi karena kapasitas RAM yang terbatas. Sehingga mengalami not respond. untuk menanganinya, Anda bisa menggunakan cara yang sudah kami siapkan ini.

Untuk mengatasi HP yang layarnya lemot atau susah digerakkan saat bermain game. Maka Anda bisa menggunakan cara ini ketika Anda bermain game.

Dengan begitu proses bermain game Anda bisa berjalan dengan lancar. Mau tahu caranya? Simak ulasan berikut ini:

Langkah Mudah Meningkatkan Sensitivitas HP Ketika Bermain Game

Pertama Anda bisa memilih pengembangan dengan masuk ke menu pengaturan. Anda bisa pilih Setting pilih mengenai perangkat kemudian pilih perangkat lunak, tap pada nomor versi sebanyak 5 kali.  

Kemudian Anda bisa pilih pengembang nantinya developer option akan muncul pada pengaturan. Setelah itu Anda bisa masuk ke pengembangan. Nantinya ada bagian drawing, Anda bisa menambahkan tampilan animation scale menjadi 0,5x.

Setelah itu, pada bagian hardware-accelerated Anda bisa mengaktifkan force GPU rendering, enable 4X MSAA serta disable hardware overlay.

Terakhir, Anda bisa mengubah pada bagian application. Anda bisa mengaktifkan Don’t Keep Activities dan Show All ANRs. Setelah itu Anda juga perlu merubah limit background processes menjadi At most 3 processes menjadi lebih rendah.

Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak akan mengalami kendala pada layar HP Xiaomi  ketika bermain game. Dengan begitu pula Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan, dan bisa menjadi pro gaming terbaik.

Mengatasi Layar HP Error Saat Melakukan Panggilan

Ada kalanya HP tiba-tiba mati ketika Anda sedang bertelepon. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara ini. kami tentunya akan memberikan cara yang cukup mudah untuk Anda. Agar layar HP bisa berfungsi kembali ketika Anda sedang melakukan panggilan.

Langkah pertama Anda bisa memulainya dengan masuk ke menu hardware test. Setelah itu, Anda bisa mengklik kode menu dial “*#*#6484#*#*. Kemudian, bisa menggunakan beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan dengan baik, sesuai dengan yang kami berikan.

Selanjutnya, akan muncul menu proximity sensor, Anda bisa tap pada tap pada tombol calibrate lalu tutup lagi pada bagian atas smartphone, tahan beberapa saat dan melepaskan kembali. Anda bisa melakukan hal tersebut selama 2-3 kali dengan jeda 4 detik. Setelah sudah cukup Anda bisa menekan tombol pass.

Jika Anda ingin melakukan pengujian, maka bisa mengaktifkan fitur Pocket Protector seperti biasa. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan melakukan panggilan. Bila layar LCD yang tertera menolak, maka Anda sudah berhasil merubahnya.

Kesimpulan

Jadi, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas HP berfungsi dengan baik. Karena itu, perlu menjaga HP tersebut dengan baik agar tidak terjadi berbagai kerusakan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam menggunakan layar HP nya.

Untuk mengatasi layar HP Xiaomi yang kurang sensitivitasnya, Anda cukup melakukan langkah yang sudah kami berikan. Dengan mengikuti caranya, Anda bisa mendapatkan HP Xiaomi yang berfungsi dengan baik seperti pertama kali Anda membelinya.

Baca juga: Fitur HP Xiaomi Mi 11 Ultra yang Jarang Dimiliki Ponsel Lain

Untuk meningkatkan kecepatan dalam bermain game juga sudah kami sertakan. Jadi untuk Anda yang seorang gamer sejati, menggunakan HP Xiaomi sebagai perantaranya bisa menggunakan cara jitu ini. Dengan begitu, proses bermain game favorit Anda bisa berjalan dengan sangat lancar tanpa terhalang oleh layar yang lemot.

Jadi itulah cara menangani sensitivitas HP Xiaomi yang kurang dan cara menambah sensitivitasnya. Dengan berbagai cara ini, Anda bisa bebas menggunakan HP Xiaomi, dan tidak jengkel lagi ketika mengalami layar lemot. Terimakasih sudah menyimak artikel ini, semoga artikel ini bisa membantu memecahkan masalah Anda dengan baik. Selamat mencobanya! (R10/HR-Online)