Setting Audio Mobil Agar Menghasilkan Suara yang Berkualitas

Setting Audio Mobil
Ilustrasi Setting Audio Mobil. Foto: Ist/Net

Setting audio mobil sebenarnya bisa kalian lakukan dengan mudah bahkan bisa saja secara otodidak. Hal ini lantaran pada audio mobil memiliki pengaturan yang tidak jauh beda seperti pada sistem audio lain. 

Dengan berbekal kemampuan yang seadanya, kalian tetap bisa mengotak-atik audio hingga memiliki suara yang sesuai dengan keinginan. Salah satu hal yang menjadikan ruang kabin menjadi nyaman yaitu karena adanya sistem audio yang berkualitas.

Baca Juga : Menghubungkan HP ke Tape Mobil, Berikut Pilihan Cara Mudahnya 

Tak heran jika sebagian besar pemilik kendaraan memilih mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menciptakan sistem audio terbaik. Dengan begitu, bisa menciptakan rasa puas tersendiri bagi pemilik mobil tersebut.

Cara Setting Audio Mobil Agar Suara Lebih Berkualitas

Berbicara mengenai audio mobil, sebenarnya komponen ini bukanlah bagian terpenting dalam kendaraan. Hanya saja banyak pemilik kendaraan yang memanfaatkannya sebagai aksesoris tambahan untuk menunjang kenyamanan ketika berada di dalam mobil. 

Biasanya dalam mobil mewah tak hanya terdapat audio saja untuk kebutuhan memutar mp3. Dalam mobil keluaran baru, biasanya sudah lengkap dengan dengan visual berupa gadget yang terletak di kepala kursi maupun panel dashboard. 

Namun ketika membahas mengenai sistem audio, maka hal ini merujuk pada kendaraan untuk semua kelas, termasuk menengah ke bawah. Nah untuk itu simak cara setting audio pada mobil yang bisa kalian coba agar suara lebih berkualitas.

Ubah Pengaturan Audio ke Posisi Nol

Cara setting audio mobil yang pertama dengan mengubah seluruh settingan audio yang sudah tersedia ke dalam posisi nol. Untuk melakukannya, kalian bisa masuk ke bagian head unit (HU) untuk bisa menemukan menu setting audio. 

Baca Juga : Head Unit Berbasis Android, Fitur Hiburan Mobil Terbaru

Dalam melakukan setting audio ini, HU adalah bagian yang cukup penting agar proses bisa berjalan lancar. Nah, setelah kalian masuk ke dalam HU, maka saatnya mengubah seluruh pengaturan hingga berada di posisi angka nol. 

Pengaturan tersebut meliputi Treble, Bass, Mid dan Balance. Hal yang harus kalian perhatikan saat melakukan pengaturan untuk audio mobil ini adalah dengan menutup seluruh kaca. Tujuannya untuk memudahkan kalian dalam mengenali suara apakah sudah pas atau belum.

Mengatur Volume

Setelah berhasil merubah seluruh posisi dalam posisi nol, maka setting audio mobil selanjutnya dengan mengatur volume. Kalian bisa memulainya dengan menyalakan volume sesuai keinginan agar bisa menciptakan kondisi nyaman saat berada di kabin. 

Pada umumnya, kendaraan standar memiliki suara speaker yang lebih kencang di sebelah kanan. Sementara untuk sebelah kiri terdengar lebih rendah dari bagian kanan.

Mengatur Balance

Ketika kalian sudah menemukan volume yang sesuai, cara setting audio mobil selanjutnya dengan mengatur balance. Pengaturan balance ini bertujuan untuk memperoleh suara yang seimbang. 

Setting balance ini perlu kalian otak-atik agar suara yang terdengar benar-benar sama rata. Artinya suara yang akan keluar antara bagian depan dan belakang speaker bisa menghasilkan suara yang seimbang. 

Nah, ketika settingan ini berhasil maka suara yang muncul akan berada di bagian speaker tengah depan. Sementara apabila mobil menggunakan audio dengan versi tweeter di pilar A. Suara yang keluar juga akan lebih terdengar pada speaker bagian depan pengendara.

Pengaturan Fader

Langkah mudah selanjutnya untuk setting audio mobil yaitu dengan mengatur Fader pada HU. Pengaturan ini memiliki kaitan yang terhadap jenis speaker yang terpasang pada mobil. 

Setting Fader ini artinya kalian mengatur suara yang keluar pada bagian depan dan belakang speaker. Speaker dengan bentuk oval biasanya memiliki kualitas suara yang lebih rendah daripada speaker bulat. 

Baca Juga : Fitur Mobil yang Jarang Diketahui, Sering Nganggur Padahal Canggih

Hal ini lantaran ketika Fader dalam posisi nol, suara yang keluar akan bersumber dari arah belakang. Agar suara yang keluar memiliki kualitas yang sama, maka kalian harus mengurangi suara dari depan. Sehingga pada bagian keduanya, memiliki keluaran yang seimbang.

Pengaturan Bass & Treble

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu melakukan pengaturan suara antara bass dan treble. Bass merupakan suara rendah pada speaker, sementara treble merupakan suara yang lebih tinggi. 

Akan tetapi beberapa HU juga tersedia menu setting middle (sedang). Meskipun suara bisa kalian atur selera, namun untuk mendapatkan hasil setting audio mobil yang berkualitas. Sebaiknya mulai dari treble terlebih dulu, kemudian middle dan terakhir barulah bass. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto