Share Screen Google Duo di HP Untuk Berbagi Layar, Ini Ulasannya

Share Screen Google Duo di HP
Share Screen Google Duo di HP: IST/NET

Share Screen Google Duo di HP kini semakin mudah. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk berbagi layar ke orang lain. Google Duo adalah salah satu aplikasi video call yang merupakan besutan Google. Bahkan aplikasi ini disukai banyak orang karena kemudahan dan kelancaran saat dipakai meski minim sinyal.

Baca juga: Aplikasi Penerjemah Google Translate Bisa Digunakan Saat Offline

Sebenarnya fitur tersebut pernah dibocorkan Google pada September lalu. Saat di Twitter, baru posting sebentar saja sudah mendapatkan cuitan dan sudah pihak Google hapus.

Cara Kerja Share Screen Google Duo di HP Pengguna

Melalui fitur terbaru ini pengguna bisa menunjukkan layar HP nya saat melakukan panggilan yakni di Google Duo. Fitur tersebut hadir dengan sejumlah kemampuan baru yang hadir pada layanan Google.

Anda bisa memanfaatkan fitur screen share google duo untuk menjelajah foto maupun video pada HP. Bahkan untuk merencanakan aktivitas bersama saat video call.

Selanjutnya fitur ini mampu diakses dengan memilih opsi screen pada menu aplikasi Google Duo. Tapi saat belum aktif, Anda akan ada pemberitahuan fitur ini untuk memperlihatkan informasi sensitif yang ada di layar HP tersebut.

Saat sudah aktif maka pengguna yang berbagi layar tidak bisa melihat lawannya dan hanya bisa melihat notifikasi pada bagian status bar dengan tanda Ongoing screen Sharing.

Hanya saja fitur tersebut belum tersedia untuk seluruh pengguna Google Duo karena baru bergulir secara bertahap.

Cara menggunakan Share Screen Google Duo di Hp adalah buka google di ponsel Android Anda dan cari kontak yang ingin Anda hubungi. Lalu mulai saja panggilan.

Ketuklah pada layar untuk memunculkan kontrol dan pilih ikon effect yang sudah terlihat yakni tiga bintang atau bisa ketuk tombol lainnya di simbol titik tiga.

Baca juga: Video Call Pakai WhatsApp Bisa Sampai 8 Orang, Begini Caranya

Selanjutnya pilih Share Screen. Nanti sebuah pop up box akan muncul pada layar untuk mengkonfirmasi share screen dan klik Start Now.

Setelah berhasil aktif maka Anda bisa menggunakan ponsel seperti biasa dengan anggota panggilan dapat melihat.

Aplikasi Google Duo Tersedia di Android TV

Google dalam beberapa bulan terakhir memang telah meningkatkan fitur serta kemampuannya. Salah satunya di Google Duo yang kini sudah bisa Anda unduh melalui Android TV.

Google terus memberikan inovasinya terutama Share Screen Google Duo di HP, padahal sebelumnya Google Duo baru tersedia pada smartphone baik Android, iPhone, komputer, tablet dan smart display.

Faktanya kehadiran Google Duo di Android TV adalah berselang empat tahun. Bahkan setelah untuk pertama kali publish aplikasi Duo .

Sedangkan informasi hadirnya Google Duo di Android TV adalah dari teaser dari Google. Bahkan dalam teaser tersebut Google juga menyebutkan Duo ini akan tersedia versi Beta untuk Android TV.

Namun hal ini bertentangan, karena daftar di Play Store Android TV tak menyebutkan Google Duo masih dalam versi Beta ini. Nah untuk para pengguna Android TV yang memiliki built in kamera dalam perangkat mereka tentu bisa secara langsung melakukan video call.

Sedangkan pada pengguna yang Android TV tidak memiliki kamera, maka hanya bisa melakukan panggilan suara saja.

Video Call Menggunakan Webcam

Bagi Anda yang tak bisa menikmati fitur Share Screen Google Duo di Hp tersebut, Anda bisa menggunakan opsi lain. Opsi tersebut adalah dengan pemasangan webcam untuk menikmati video call Google Duo via Android TV.

Hal ini karena platform TV yang mulai dengan Android 9 telah memiliki dukungan webcam native. Namun Anda harus memperhatikan fitur baru tersebut.

Karena berdasar pada percobaan dari Gizmochina, apabila setelah pemasangan maka aplikasi tersebut tidak muncul pada app drawer.

Baca juga: Aplikasi Video Call MeeTime Siap Meluncur untuk Meningkatkan Produktivitas

Maka satu-satunya cara demi meluncurkannya dengan membuka setting. Setelah itu Anda buka menu aplikasi dan pilihlah Duo.

Saat pengguna dalam panggilan suara, maka mikrofon remote akan mengambil alih suara. Sedangkan suara orang yang Anda hubungi akan dapat terdengar dari speaker TV. Kalau tidak di speaker eksternal yang tersambung ke TV.

Oleh karena itu kehadiran aplikasi Duo di Android TV memang masuk akal karena kondisi saat ini video call menjadi hal yang populer bagi para pengguna. Itulah informasi terkait Share Screen Google Duo di Hp. Anda bisa menggunakan fitur tersebut mulai saat ini. (R10/HR-Online)