Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Chinese Doctors, Kisah Tenaga Medis Melawan Wabah

Sinopsis Film Chinese Doctors, Kisah Tenaga Medis Melawan Wabah

Sinopsis film Chinese Doctors bercerita tentang pertempuran tenaga medis China di garis terdepan melawan wabah Covid-19 yang saat ini jadi pandemi. Ini merupakan sebuah film bencana Tiongkok tahun 2021 yang berlatar Rumah Sakit Jinyintan Wuhan, Hubei, Tiongkok.

Chinese Doctors rilis dan tayang pertama kali pada tanggal 9 Juli 2021 lalu. Film dengan sutradara Hongkong Andrew Lau ini sekaligus untuk memperingati ke-100 tahun Partai Komunis Tiongkok.

Bekerja sama dengan rumah produksi Bona Film Group Limited, film ini mengadaptasi dari pengalaman nyata para tenaga medis dalam menangani awal pandemi di Wuhan.

Review Sinopsis Film Chinese Doctors, Perjuangan Tenaga Medis di Garis Terdepan

Film ini menceritakan kembali awal kejadian saat Wuhan tertimpa wabah Covid-19. Dalam trailernya, memperlihatkan betapa paniknya para tenaga medis menghadapi situasi situasi saat itu.

Baca Juga: Sinopsis Paradise Garden, Adaptasi Wattpad Thriller Tayang Akhir Juli

Suasana rumah sakit tampak sesak, pasien yang terjangkit wabah datang silih berganti. Sementara, tenaga medis menyambutnya dengan mengenakan pakaian hazmat (alat pelindung diri/APD).

Kisah pada film ini sendiri terfokus pada sang presiden rumah sakit, Zhang Chingyu serta dua dokter yang merupakan utusan dari provinsi Shanghai dan Guangdong. Dokter tersebut bernama Wu Chenguang dan Tao Jun.

Dengan memperhitungkan rumah sakit lain, seperti RS Tongji Wuhan, RS Paru Wuhan, RS Fangchai, dan RS Houshenshan, tim medis serta tenaga kesehatan Wuhan sukses mencetak rekor baru dalam sejarah perjuangan melawan wabah yang mencekam.

Gambaran Perjuangan Melawan Wabah Covid-19 di Wuhan Tiongkok

Sinopsis film Chinese Doctors banyak menampilkan adegan dan momen yang mengesankan. Salah satunya momen ketika seorang wanita yang terjangkit virus harus menjalani operasi caesar.

Selain itu juga tampil momen penggunaan ECMO untuk pasien yang telah terjangkit parah dan mengalami gagal pernapasan. Semua terkemas rapi layaknya perjuangan nyata di tengah perlawan wabah Covid-19.

Peran Zhang Jingyu, terinspirasi dari sosok mantan presiden Rumah Sakit Jinyintan Wuhan, Zhang Dinyu. Hal ini mengingat lakon asli Zhang Jingyu pernah bersama dengan Dokter Zhang Dingyu.

Baca Juga: Sinopsis Haseen Dillruba, Kisah Thriller Romance Perselingkuhan

Berdua saling mengamati detail putaran bangsal dan pertemuannya. Dengan demikian, peran Zhang Jingyu terlihat nyata dan meyakinkan.

Pencapaian Film Chinese Doctors

Sinopsis mengangkat tema kejadian nyata situasi genting awal wabah Covid-19 di China, Chinese Doctors berhasil memecah rekor baru film terlaris. Pada pekan perdana penayangan, film ini meraih US$53,5 juta atau berkisar Rp 777 miliar.

Capaian ini melebihi rekor yang telah tercatat di film sebelumnya. Film 1921 yang merujuk pada inspirasi politik negeri China berdasarkan kejadian nyata.

Kisah pada film 1921 menceritakan eksistensi Partai Komunis di China. Film 1921 ini hanya sanggup mengantongi US$21,4 juta di pekan pertama penayangan. Kendati demikian, sinopsis 1921 dan Chinese Doctors tetap mengalahkan film animasi karya China.

Kesuksesan Film Chinese Doctors

Sinopsis film Chinese Doctors memiliki capaian yang melejit berkat kerjasama kru. Dengan melibatkan sejumlah aktor yang berperan dengan mengesankan.

Zhang Hanyu memerankan sosok Zhang Jingyu merupakan presiden Rumah Sakit Jinyinten Wuhan, Tiongkok. Sedangkan Zhu Yawen lakon dari Tao Jun. Lalu ada Li Chen yang berperan sebagai Wu Chenguang, ia adalah dokter yang turut berjuang di medan pertempuran wabah pandemi.

Li Jinwen sang produser eksekutif film Chinese Doctors, mengungkapkan selama syuting kru menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, meski memungkinkan terjadi banyak kendala atau kesulitan.

Sutradara yang terkenal karena film The Captain dan Infernal Affairs, Andrew Lau juga menceritakan kru-nya yang sukses menyelesaikan proyek ini. Mereka memeriksa kembali rekaman sehabis syuting guna mengantisipasi adanya kesalahan adegan.

Pertunjukan Sebelum Debut Sang Juara Film Propaganda China

Tanggal 4 Juli 2021, 600 drone melayang berjajar di langit. Berbagai pesan penghormatan tertuju kepada pada dokter dan nakes yang bersiaga di garis terdepan pertempuran. Pertunjukan tersebut untuk mengenang dedikasi para pekerja medis Tiongkok menghadapi wabah Covid-19.

Sementara itu, pemeran dan kru berada di deretan kursi depan untuk menyaksikan film ini untuk pertama kalinya. Bahkan Yu Dong ketua rumah produksi Bona Film Group menangis ketika menonton film Chinese Doctors.

Terlihat juga sosok yang mendasari karakter lakon film, Zhang Dingyu kepala rumah sakit. Ia telah menerima gelar Pahlawan Kehormatan karena pengorbanannya dalam menyelamatkan lebih dari 2.800 pasien terpapar Covid-19 dengan rekan-rekannya.

Sinopsis film Chinese Doctors merupakan catatan penting terkait dokter-dokter di Wuhan yang telah berhasil melewati masa sulit. Film ini nantinya akan terkenang sepanjang masa, sehingga tak sedikit yang menitikkan air mata saat menontonnya. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -