Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film The Circle Tentang Teknologi Rampas Hak Privasi

Sinopsis Film The Circle Tentang Teknologi Rampas Hak Privasi

Sinopsis film The Circle yang dibintangi Emma Watson akan segera tayang. Trans Tv akhirnya menayangkan film tahun 2017 yang mengangkat genre thriller fiksi ilmiah ini.

Salah satu film barat yang satu ini merupakan adaptasi dari sebuah novel tahun 2013. Karya Dave Eggers berjudul sama, The Circle.

Awalnya tidak ada yang berniat untuk membiayai film ini. Hingga James Ponsoldt akan menyutradarainya sendiri sekaligus menjadi penuisnya.

Namun akhirnya Hanks dan Goetzman ikut memproduseri melalui Playtone. Selanjutnya Image National Abu Dhabi bersama Walter Parkes dan Laurie MacDonald mengambil alih biaya produksinya.

Sinopsis Film The Circle: 2017

Ketika mengulas film ini terasa seperti sedang membaca sebuah buku fantasi. Kemudian, yang menarik ketika menyelesaikan menonton film ini kita akan terbuka dengan sudut pandang baru.

Apalagi untuk para anak muda masa kini yang memiliki kecanduan dengan sosial media. Kita bahkan tidak terlepas dengan teknologi yang semakin mudah diakses seperti ini.

Kisah ini menceritakan tentang tokoh utama perempuan bernama Mae Holland. Kehidupannya seperti gadis pada umumnya bekerja di kantor layanan publik.

Baca Juga: Sinopsis We Have a Ghost Tentang Hantu Ernest yang Viral

Hanya saja semua mulai berubah ketika ia mengikuti sebuah eksperimen. Ia diterima dalam perusahaan teknologi dunia sekelas Google dan Facebook bernama The Circle.

Fasilitas Untuk Karyawan

Sinopsis film The Circle, memperlihatkan hidupnya yang mulanya berasal dari seorang customer service yang bertugas melayani keluhan klien. Berubah ketika bekerja dalam perusahaan ini, semua tampak lebih menyenangkan ketika semua fasilitasnya.

Mulai dari fasilitas sebuah smartphone, gelang kesehatan, asuransi kesehatan seluruh keluarga dan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Hal seperti ini tampak menggiurkan, namun semua terhubung dengan perusahaan. Mae Holland yang mulai terbiasa dengan teknologi modern tidak bisa membagi waktunya bersama keluarga.

Ketika sebuah kesempatan yang membuatnya harus bertemu orangtuanya. Namun mereka justru terganggu dengan adanya kamera yang mengawasi semua aktivitasnya.

Merambah ke hak privasi setiap manusia. Semua bertambah ketika penemuan bernama SeeChange.

Menjadi Brand Ambassador

Karena kecanduannya dengan sosial media dan mendapatkan pengikut yang banyak. Mae Holland terpilih menjadi brand Ambassador penemuan SeeChange.

Sebuah kamera kecil yang bisa ditaruh di manapun dan aksesnya luas. Maka apapun kegiatan dalam satu hari penuh bisa diakses para pengikutnya secara mudah.

Baca Juga: Sinopsis Film Malignant, Horor Pembunuhan yang Tak Berkesudahan

Hal ini membuatnya kehilangan privasi sama sekali. Ia bisa menjeda kegiatannya saat mandi saja selama tiga menit tanpa alat tersebut.

Sinopsis Film The Circle ini memberitahukan kita betapa tidak etisnya kemajuan. Semua awalnya seru dan asik karena masih kegiatan normal seperti biasa.

Semua Serba Berpura-Pura

Namun semakin lama Mae Holland sadar bahwa ia harus menahan semua aktivitas pribadinya. Mulai dari mengobrol apapun dengan sahabatnya yang bernama Annie.

Ia harus berpura-pura bahagia dan tersenyum  ketika di depan kamera. Ia akhirnya kehilangan sahabatnya tersebut karena eksperimen tersebut.

Semua sudah terasa berlebihan dan tidak menyenangkan. Seperti sebuah cerminan dari kecanduan menggunakan sosial media.

Orang yang berada dalam lingkup Mae Holland juga merasa terampas hak privasinya. Hingga akhirnya beramai-ramai mengungkapkan bahwa merasa terganggu.

Versi Resolusi Tinggi

Sinopsis Film The Circle menunjukan adegan dari rasa tidak puasnya manusia. Tokoh bernama Eamon Bailey yang merupakan pendiri dari The Circle.

Ambisinya untuk menunjukan versi terbaru dari SeeChange, dengan resolusi yang lebih tinggi. Hal ini membuatnya melakukan prediksi akan mampu mendapatkan data lokasi seseorang dalam dua puluh menit saja.

Namun jika terjadi sama saja sudah merampas hak semua yang terlibat karena privasi. Hal ini menimbulkan kekacauan dan tidak semulus yang ia bayangkan.

Kita jadi paham bukan jika perkembangan tidak terarah dengan tepat justru merugikan. Tidak semua bisa secara luas menyebar karena sebuah privasi sangat penting.

Film The Circle yang memilih Emma Watson sebagai Mae Holland. Pemeran utama yang ia bawakan dengan baik bersama Tom Hanks sebagai Eamon Bailey yang merupakan pendiri The Circle.

Tontonan ini membuka perspektif baru bagi kawula muda masa kini. Membawa pesan agar tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan sosial media.

Sinopsis film The Circle ini bisa kita saksikan dalam Trans TV malam ini. Cocok untuk jadi tontonan keluarga karena adegannya masih aman untuk segala usia. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -