Susi Pudjiastuti Kritik Rencana Menteri Luhut Beli Laptop Rp 13 Triliun

Susi Pudjiastuti Menteri Luhut
Susi Pudjiastuti. Foto: Ceng/HR

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengkritik rencana Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Luhut berencana membeli laptop dan tablet merah putih. Anggaran yang digelontorkan cukup fantastis, yakni Rp 13 triliun.

“Berikan saja uangnya untuk bantuan langsung tunai,” tulis Susi melalui akun twitter @susipudjiastuti, Minggu (25/7/2021).

Dengan uang tunai tersebut, kata Susi, rakyat bisa memilih dan membeli apa yang mereka butuhkan. Karena itu, ia pun mempertanyakan kenapa anggaran sebesar itu harus dibelanjakan untuk suatu produk.

“Saat ini masyarakat perlu sehat, obat, faskes, dan makan,” lanjutnya.

Susi berharap anggaran pemerintah dibelikan pada kebutuhan masyarakat yang paling penting dan sedang dibutuhkan saat ini.

“Anggaran pemerintah tidak untuk dibelikan produk tertentu, apalagi untuk kondisi saat ini,” katanya.

Kritik Susi Pudjiastuti tersebut terlontar saat Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pengembangan laptop dan tablet merah putih. Konsorsium industri lokal kolaborasi dengan perguruan tinggi di Indonesia mengembangkan laptop merah putih tersebut.

“Laptop dalam negeri dibuat ITB, ITS, dan UGM, kerja sama dengan TIK dengan merek Dikti Edu,” jelas Luhut dalam YouTube Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Luhut mengatakan, laptop yang dibuat pada era Menteri Pendidikan Nadiem Makarim ini akan segera diterbitkan.

“Pembelian laptop dengan anggaran Rp 13 triliun, bisa dibangun industri kini,” katanya. (Ceng2/R7/HR-Online)

Editor: Ndu