Tanda Imun Tubuh Melemah, Waspadai agar Kondisinya Tetap Stabil!

Imun Tubuh
Tanda imun tubuh melemah yang perlu kamu kenali dan waspadai. Foto: Net/Ist.

Tanda imun tubuh melemah yang perlu kamu kenali dan waspadai, terlebih di tengah wabah virus Corona yang saat ini sedang meningkat. Oleh karena itu, untuk bisa tetap menguatkan sistem imunitas salah satu caranya dengan melakukan berbagai kegiatan.

Penting kamu ketahui bahwa susah untuk memprediksi kapan imun tubuh menurun dan kapan meningkatnya. Sehingga, menjaga kondisinya supaya bisa tetap stabil menjadi cara efektif.

Namun, kamu juga harus mengetahui apa saja tanda-tanda yang membuat sistem imun tubuh menjadi turun. Seperti yang HR Online rangkum dari berbagai sumber, berikut ini tanda-tandanya;

Kenali Tanda Imun Tubuh Melemah

Mudah Merasa Lelah

Baca Juga : Buah yang Mengandung Vitamin C Bagus untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Saat sistem imun tubuh kita mulai menurun, kamu akan merasakan kelelahan atau mudah lelah. Mungkin hal ini yang paling utama akan kamu rasakan.

Apalagi jika kamu tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan yang sangat banyak, kemudian istirahat sudah cukup tapi masih saja gampang merasa lelah.

Stres Meningkat

Hampir semua masyarakat Indonesia tak bisa memungkiri masa pandemi yang dijalani memang terasa membawa dampak cukup besar. Baik secara fisik dan juga psikis.

Bahkan, menurut laporan dari American Psychological Association bahwa, stres yang berlebihan serta berkepanjangan dapat melemahkan respons sistem daya tahan tubuh.

Baca Juga : Vitamin Penangkal Virus Corona, Mampu Tingkatkan Imun Tubuh

Tubuh jadi Rentan Terkena Penyakit

Kondisi ini menjadi salah satu tanda imun tubuh melemah. Sehingga, tubuh pun akan menjadi rentan terkena berbagai jenis penyakit. Seperti misalnya kamu sering merasakan kepala pusing, tenggorokan sakit. Atau bahkan mengalami batuk yang muncul dalam waktu bersamaan.

Meski rasa sakitnya datang cuma sebentar, namun jika frekuensinya cukup sering. Bahkan, bukan tidak mungkin masalah tersebut menjadi alarm bahwa kondisi tubuh kamu sedang tidak baik atau dalam kondisi baik-baik saja.

Nyeri pada Persendian

Nyeri pada persendian termasuk tanda imun tubuh melemah. Penyebabnya karena sistem kekebalan tubuh yang lambat dalam waktu cukup lama.

Baca Juga : Peran Imunitas Tubuh Terhadap Virus Corona yang Wajib Anda Tahu

Dengan begitu, kamu pun bakal mengalami kondisi vaskulitis, yakni timbulnya peradangan pada bagian pembuluh darah akibat infeksi atau autoimun.

Luka yang Sulit Sembuh

Adanya luka yang sulit untuk sembuh, ini juga bisa menjadi tanda imun tubuh menurun. Saat kulit terluka, cara agar bisa cepat sembuh tergantung pada kondisi kualitas imun. Apabila daya tahan tubuh kamu turun, maka penyembuhan luka pun akan terhambat.

Itulah beberapa tanda imun tubuh menurun yang perlu kamu waspadai. Jika salah satu dari tanda tersebut di atas ada yang kamu alami, sebaiknya rajin mengkonsumsi vitamin, dan jangan malas berolahraga. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah