Tata Cara Sedekah Subuh Mempermudah Anda dalam Menyalurkannya

Tata Cara Sedekah Subuh Mempermudah Anda Dalam Menyalurkannya
Ilustrasi Tata Cara Sedekah Subuh. Foto: Ist/Net

Tata cara sedekah subuh sudah seharusnya dipahami oleh setiap muslim. Adanya tata cara tersebut juga menjadikan kita lebih mudah untuk mengarahkan ke mana dana yang kita miliki untuk disedekahkan. Sudah menjadi pengetahuan umum bagi kita bahwasanya sedekah subuh itu memiliki banyak keutamaan yang menguntungkan.

Sedekah subuh merupakan salah satu amalan yang ringan namun masih sulit untuk dikerjakan oleh beberapa orang terutama umat muslim. Sebenarnya kita bisa sedekah bukan hanya ketika waktu subuh saja akan tetapi kapanpun kita mau dan hal yang ingin kita sedangkan itu ada kita bisa menyedekahkannya.

baca juga: Orang yang Berhak Menerima Sedekah, Berikut Urutan dan Penjelasannya

Tata Cara Sedekah Subuh dan Dalilnya

Bagi yang masih belum bisa melakukan sedekah subuh ini, perlu Anda tahu bahwasanya dalam hadis riwayat Bukhari Muslim menjelaskan setiap pagi Allah menurunkan dua malaikat.

Dari hadis itu bisa kita simpulkan bahwa salah satu keistimewaan dari sedekah subuh adalah malaikat yang akan turun ke bumi dan mendoakan hal-hal yang baik kepada siapapun yang melakukan sedekah pada waktu subuh tersebut. 

Bagi Anda yang merasa bahwa sedekah akan mengurangi harta yang kita miliki hal tersebut merupakan suatu kesalahan besar titik pasalnya Allah akan mengganti setiap rezeki yang kita infakkan dengan jumlah berlipat bahkan melebihi angka yang kita keluarkan.

baca juga: Keutamaan Sedekah Subuh yang Dahsyat, Mendapat Doa dari Malaikat

Tata Cara Melakukan Sedekah Subuh yang Benar

Setelah mengetahui hal tersebut perlu Anda tahu juga mengenai bagaimana sih cara yang seharusnya kita lakukan untuk bisa sedekah di waktu subuh. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara melakukannya, simak penjelasan berikut ini dengan seksama.

Mengisi Kotak Amal

Untuk tata cara yang pertama adalah Anda bisa mengisi kotak amal yang ada di masjid. Lebih tepatnya Anda bisa menuliskan ketika shalat subuh telah selesai dan jamaah sudah tidak ada di masjid lagi. Bukankah dalam Islam juga mengajarkan alangkah lebih baiknya jika kita bersedekah akan tetapi orang lain tidak mengetahui.

Selain itu Islam juga mengajarkan bahwa Tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah. Bagi kaum laki-laki Anda bisa langsung memasukkan sendiri ke kota amal yang berada di masjid. sementara untuk kaum perempuan Anda bisa menitipkan sedekahnya ke suami nanti atau Ayah atau saudara Anda yang ingin shalat ke Masjid ketika waktu subuh tiba.

baca juga: Keutamaan Bersedekah Harta, Hidup Jadi Tenang dan Rezeki Melimpah

Mentransfer Uang yang Akan Disedekahkan

Kemudian untuk cara sedekah subuh yang selanjutnya Anda bisa dengan mentransferkan uang sesuai dengan keikhlasan Anda ke rekening yang Anda tuju. Tentunya tata cara yang satu ini juga akan menjadi pilihan yang lebih baik. Alasannya karena hanya diri sendiri dan Allah yang mengetahui berapa jumlah harta yang ingin Anda sedekahkan.

Alangkah lebih baiknya juga jika Anda menjadikan keluarga kerabat orang tua atau yang lainnya sasaran untuk penerima transfer. Anda juga bisa mempercayakan harta tersebut kepada lembaga sosial yang memang memiliki tugas untuk menyalurkan sedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Memberi Makanan Kepada Tetangga

Selanjutnya tata cara sedekah suku yang bisa Anda lakukan adalah memberi makan kepada tetangga, pondok pesantren, yatim piatu tempat-tempat yang lain yang membutuhkan makanan.

Mengenai waktu kapan lebih tepatnya kita memberikan makanan tersebut adalah, ketika waktu subuh akan tetapi matahari belum terbit.

Memberi dan Mengantarkan Bantuan

Tata cara sedekah subuh yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengantarkan dan memberikan sumbangan kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah subuh yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengantarkan dan memberikan sumbangan kepada mereka yang membutuhkan.

Waktu yang menjadi rekomendasi Anda mengatakan bantuan tersebut adalah setelah Subuh.

Manfaat Sedekah Subuh

Umumnya kita ketika memberikan sedekah itu berupa materi uang maupun sembako. Tetapi ternyata dalam Islam berbagai macam pemberian yang kita berikan kepada orang lain dengan tujuan kebaikan juga dianggap sebagai sedekah.

Sedekah juga merupakan wujud dari kasih sayang dan Simpati tolong menolong kepada sesama. Dengan kita bersedekah maka akan tercipta kerukunan serta kedamaian dalam hidup. Dalam lingkungan sekitar kita masih banyak tipe orang yang mengetahui cara namun tidak mengamalkan setelah Ia juga mengetahui apa saja manfaat atau keutamaannya.

Teruntuk Anda yang masih berpikir dua kali untuk melakukan sedekah subuh alangkah lebih baiknya menyimak penjelasan berikut ini mengenai manfaat atau keutamaannya. Amalkan juga tata cara sedekah subuh tersebut. Supaya Anda juga lebih mudah untuk mengarahkannya. (Muhafid/R6/HR-Online)