Tata Cara Sholat Idul Adha yang Mudah Sesuai dengan Ajaran Islam

Tata Cara Sholat Idul Adha yang Mudah Sesuai dengan Ajaran Islam
Ilustrasi Tata Cara Sholat Idul Adha. Foto: Ist/Net

Tata cara sholat Idul Adha tentunya menjadi suatu hal yang harus kita ketahui. Pasalnya, dalam agama Islam mengajarkan bahwasannya hal yang demikian itu penting.

Amalan tersebut juga tidak lakukan setiap hari, melainkan satu tahun sekali saja. Pastinya, Anda juga sudah tidak asing lagi dengan amalan yang satu ini. Jika kita mampu untuk melaksanakannya, In Syaa Allah, akan mendapatkan banyak pahala.

Idul Adha sendiri merupakan hari raya besar dalam Islam. Perayaan tersebut ada karena terdapat kisah dari zaman nabi Ibrahim AS dan Ismail AS.

Dalam kisah tersebut menceritakan tentang mimpi Nabi Ibrahim AS. Dari mimpi tersebut, Nabi Ibrahim mendapatkan perintah untuk menyembelih anaknya sendiri, yakni Ismail AS.

Orang tua mana yang rela menyembelih anaknya sendiri? Setelah mendiskusikan hal tersebut kepada putranya, akhirnya Ibrahim hendak menyembelih Ismail.

Mereka percaya jika mimpi tersebut merupakan salah satu perintah dari Allah SWT. Karena sudah yakin, jika mimpi itu perintah Allah Ta’ala, Ismail bersedia dan Ibrahim juga rela.

Peristiwa penyembelihan tersebut dilihat oleh banyak orang. Hingga pada akhirnya, atas kekuasaan Allah Ta’ala, Ismail diganti dengan domba yang besar dan gemuk. Sehingga dagingnya bisa dibagi ke banyak orang. Itu merupakan peristiwa pertama kali tentang kurban bagi umat Islam.

baca juga: Rukun Ibadah Haji dan Penjelasannya Sesuai Syariat Islam

Inilah Tata Cara Sholat Idul Adha yang Wajib Anda Ketahui

Nah, bagi sebagian orang yang belum mengetahui betul mengenai bagaimana tata cara sholat Idul Adha yang benar, perlu sekali untuk tahu tata caranya. Meskipun ketika sholat ada seorang imam, namun tak ada salahnya juga jika kita mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar.

Perlu Anda ketahui bahwasanya untuk tata cara sholat Idul Adha hampir sama dengan sholat lima waktu yang biasanya kita kerjakan. Hal yang menjadi pembeda adalah niat dan jumlah takbiratul ihram.

Jika dalam satu rakaat kita hanya melakukan takbiratul ikhram satu kali, untuk sholat hari raya haji ini adalah sebanyak tujuh kali. Jumlahnya yang dua rakaat dengan jumlah takbiratul ihram rakaat kedua sebanyak lima kali.

baca juga: Syarat Wajib Haji yang Harus Terpenuhi, Berikut Ini Penjelasannya

Bacaan Niat Sholat Hari Raya Qurban

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana bacaan niat sholat Idul Adha, jangan lupa untuk dihafalkan dan disimpan. Jangan sampai ketika kita sholat malah tidak membaca niat. Padahal niat merupakan salah satu dari tata cara sholat Idul Adha yang penting.

Selain itu, bukankah segala sesuatu yang kita lakukan itu tergantung dengan apa yang sudah kita niatkan. Jangan sampai Allah tidak tahu niat kita, padahal sebenarnya niat kita itu baik. Selain itu, jangan sampai sholat yang kita lakukan itu tidak Allah terima. Karena tidak membaca niat. Naudzubillahi Mindzalik.

Untuk tata cara sholat Idul Adha, bacaan niatnya adalah:

Mudah bukan lafadznya untuk dihafalkan? Jangan lupa untuk menghafal dan mengamalkannya ya, karena sebentar lagi sudah akan melaksanakan sholat tersebut.

baca juga: Puasa Arafah dan Tarwiyah Beserta Bacaan Niat dan Keutamaannya

Memiliki Jumlah Takbiratul Ihram yang Banyak

Seperti penjelasan pada bagian awal bahwasanya tata cara sholat Idul Adha yang benar adalah memiliki jumlah takbiratul ihram yang banyak.

Untuk rakaat pertama memiliki jumlah takbir tujuh kali. Oh iya, perlu Anda ingat juga, setiap jeda antara takbir pertama dan kedua ada bacaan yang harus kita baca.

Karena ada bacaan tersendiri, maka kita juga harus membacanya. Sudahkah Anda mengetahui bagaimana bacaan untuk jeda di sela-sela takbir? Bacaan tersebut adalah bacaan tasbih.

Sedangkan untuk tata cara sholat Idul Adha yang selanjutnya adalah untuk jumlah takbir pada rakaat kedua, bukan tujuh lagi, melainkan lima kali saja. Akan tetapi untuk bacaan setiap jedanya masih sama, yakni membaca tasbih.

Kemudian, untuk cara sholat Idul Adha yang selanjutnya adalah sama dengan sholat seperti biasanya. Membaca surat Al-Fatihah kemudian dilanjutkan membaca surat pendek lainnya. Ruku’, i’tidal, sujud, kemudian duduk di antara dua sujud, sujud lagi, sampai akhirnya tasyahud akhir, dan salam.

Ketika kita juga mengetahui bagaimana tata cara sholat Idul Adha yang benar, maka kita juga akan lebih tumakninah dan khusyuk dalam mengikuti imam sholat. Dengan begitu, In Syaa Allah, kita akan mendapatkan limpahan pahala yang banyak dari Allah SWT. Allahumma Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)