Telinga Sakit Sebelah Kiri, Apa Sebab dan Cara Mengatasinya?

telinga sakit sebelah kiri
Penanganan telinga sakit sebelah kiri. Foto: Ist/Net

Telinga sakit sebelah kiri mungkin termasuk jarang terjadi. Namun jika Anda mengalaminya akan terasa sangat menyiksa. Karena itu, kenali faktor yang menyebabkan gangguan ini agar memudahkan dalam penanganannya.

Telinga adalah indera pendengar yang tentu saja memiliki fungsi sangat vital dalam mendengar. Namun ada kalanya gangguan pada telinga bisa terjadi dan kita rasakan.

Ada berbagai jenis gangguan yang bisa menyerang organ telinga. Mengutip dari laman Smarter Health, salah satu gangguan telinga yang sering terjadi adalah telinga berdengung atau tinnitus.

Tinnitus tak hanya menyerang salah satu bagian telinga saja, sehingga bisa terjadi pada telinga kanan atau kiri. Gangguan ini juga tidak termasuk berbahaya dan biasanya akan hilang sendiri.

Selain itu juga ada gangguan yang sering menyerang pada bagian tertentu dari telinga. Termasuk telinga sakit sebelah kiri. Meski hanya satu bagian saja, rasa sakit yang timbul pada salah satu bagian telinga tetap akan sangat mengganggu.

Ada sejumlah faktor yang bisa memicu timbulnya gangguan. Terutama karena kurang rajin membersihkan telinga.

Baca Juga : Sakit Telinga Bagian Dalam, Kenali Faktor Penyebabnya!

Penyebab Telinga Sakit Sebelah Kiri

Bagi Anda yang mengalami sakit pada telinga Anda harus mencari tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Berikut sejumlah penyebab maupun cara mengatasi rasa sakit yang timbul pada telinga sebelah kiri yang Anda harus tahu.

Perubahan Tekanan Udara

Adanya aliran atau perubahan tekanan udara secara drastis juga dapat menyebabkan telinga sakit sebelah kiri. Seperti ketika kita berada dalam pesawat atau elevator yang dapat mengakibatkan telinga sakit dan berdengung.

Bahkan, bukan tidak mungkin setelah naik pesawat atau elevator, telinga akan terganggu sementara waktu dalam beberapa detik atau menit. Namun gangguan ini biasanya akan hilang sendiri jika penyebabnya juga hilang.

Untuk menghindari telinga sakit karena perubahan tekanan udara, ada beberapa tindakan antisipasi yang bisa Anda lakukan. Seperti dengan mengunyah permen karet dan menggunakan penutup telinga ketika akan naik pesawat atau berada dalam elevator.

Baca Juga : Gejala Kanker Nasofaring dan Penyebabnya yang Wajib Anda Tahu

Penumpukan Kotoran Telinga Sebelah Kiri

Secara normal, telinga akan memproduksi kotoran dan bertugas menyapu kotoran keluar sepanjang waktu. Ketika proses harian telinga ini tidak berhasil maka kotoran akan menumpuk dan mengeras. Hal inilah yang berpotensi bisa menyumbat saluran telinga dan menimbulkan rasa sakit.

Selain rasa sakit, penurunan pendengaran juga akan terjadi karena getaran suara terhalang masuk ke telinga karena kotoran yang mengeras tadi. Karena itu penting untuk rajin membersihkan telinga secara rutin.

Untuk membersihkan telinga dengan kapas, cotton bud atau benda lain sebaiknya harus hati-hati. Akan jauh lebih baik jika pembersihan telinga Anda lakukan ke dokter umum atau dokter spesialis THT secara rutin.

Infeksi Telinga

Penyebab telinga sakit sebelah kiri paling umum terjadi selain kotoran adalah infeksi. Cara kerja telinga baik bagian luar, tengah atau bagian dalam dapat mempengaruhi terjadinya infeksi ini.

Baca Juga : Sering Mual dan Pusing? Ini Penyebab yang Sering Terjadi

Berbagai macam faktor mulai dari berenang, penggunaan headphone secara berlebihan atau pun cara pembersihan telinga yang kurang tepat atau terlalu dalam dapat menjadi penyebabnya.

Sakit Gigi Sebelah Kiri

Sakit gigi sebelah kiri dapat mengakibatkan terjadinya tekanan pada sekitar gigi sebelah kiri sampai area telinga. Akibatnya telinga sebelah kiri bisa berdengung dan sakit, karena saraf telinga juga tertekan akibat sakit gigi tersebut.

Dalam dunia medis, sakit gigi bisa memicu terjadinya penyebaran rasa sakit pada bagian tubuh lainnya. Termasuk yang sampai pada telinga sebelah kiri, rahang dan leher.

Sakit gigi sebelah kiri bisa terjadi karena sejumlah factor. Seperti gigi berlubang, abses gigi, gigi bungsu, atau terjadinya pembusukan gigi. Segera periksakan ke dokter gigi untuk mengatasi masalah ini.

Masalah Tenggorokan

Masalah tenggorokan juga bisa menyebabkan terjadinya telinga sakit sebelah kiri. Seperti panas dalam, tonsillitis, serta radang pada faring dan laring dapat menyebabkan gangguan pada telinga kiri.

Tidak hanya sebelah kiri, telinga sebelah kanan juga seringkali berdengung ketika masalah tenggorokan terjadi.

Masalah pada tenggorokan memang sering mengakibatkan terjadinya rasa sakit dan tekanan berlebih pada bagian telinga baik telinga sebelah kiri atau kanan. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa masalah tenggorokan tersebut terjadi sudah cukup parah.

Itulah berbagai penyebab telinga sakit sebelah kiri yang Anda perlu tahu dan pahami. Jika Anda mengalami gangguan ini pastikan Anda segera mencari solusi. Bawa ke dokter jika masalah lanjutan muncul atau Anda rasakan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva