Tenaga Kerja Asing Dilarang Masuk ke Indonesia Mulai 21 Juli 2021

Tenaga Kerja Asing
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly. Foto: Istimewa

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Tenaga Kerja Asing dilarang masuk ke Indonesia mulai 21 Juli 2021. Hal itu tertuang dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021. Permenkumham tersebut mengatur tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan, dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, Tenaga Kerja Asing yang bekerja di proyek-proyek yang sifatnya strategis secara nasional sebelumnya diizinkan masuk ke Indonesia. Namun saat ini tidak lagi bisa masuk ke Indonesia.

“Dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, orang asing yang boleh masuk wilayah Indonesia hanya pemegang VISA Diplomatik dan VISA Dinas, pemegang Izin Tinggal Diplomatik, dan Izin Tinggal Dinas, pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap,” ujar Yasonna dalam konferensi pers, Rabu (21/7/2021).

Selanjutnya orang asing yang boleh masuk ke wilayah Indonesia adalah orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan. “Misalnya tenaga kesehatan, para dokter, dan lainnya yang bertujuan untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Terakhir, orang asing yang masih dibolehkan masuk ke wilayah Indonesia adalah awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya. 

“Tenaga Kerja Asing yang sebelumnya datang sebagai bagian proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tidak lagi diizinkan. Pembatasan orang asing yang masuk ke wilayah Indonesia ini dalam rangka menekan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Tenaga Kerja Asing Dilarang Masuk, Orang Asing yang Boleh Masuk Indonesia Wajib Mendapatkan Rekomendasi

Meskipun ada pengecualian terhadap 5 kategori orang asing yang masih bisa masuk ke wilayah Indonesia, namun dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 orang-orang asing tersebut wajib mengantongi rekomendasi kementerian atau lembaga terkait jika ingin masuk ke wilayah Indonesia.

“Misalnya koordinasi dengan Kemenlu apabila ada diplomat yang hendak masuk ke Indonesia dalam rangka tugas,” katanya.

Demikian juga bagi orang asing yang ingin masuk ke wilayah Indonesia dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, maka harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan.

“Selain itu juga harus memenuhi ketentuan prokes Covid-19. Kita vaksin, kemudian PCR tes baik baik sebelum masuk maupun ketika datang,” jelasnya. 

Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 berlaku mulai 21 Juli 2021. Namun dalam pelaksanaannya masih membutuhkan transisi dua hari. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu