Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita CiamisTerkait Pasien Terlantar, DPRD Ciamis Panggil Manajemen RSU Dadi Keluarga

Terkait Pasien Terlantar, DPRD Ciamis Panggil Manajemen RSU Dadi Keluarga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisi D DPRD Ciamis memanggil manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kamis (29/7/2021). Hal tersebut terkait pasien terlantar hingga meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi D DPRD Ciamis Syarif Sutiarsa mengungkapkan, DPRD Ciamis memanggil RSU Dadi Keluarga untuk mengingatkan rumah sakit agar melayani masyarakat sesuai SOP. 

“Kami mendapatkan laporan dari masyarakat tentang ketidakpuasan terkait pelayanan di RSU Dadi keluarga. Terutama atas kejadian terlantarnya pasien beberapa waktu lalu,” katanya.

Baca Juga : Pasien Non Covid-19 Terlantar di Parkiran, Ini Penjelasan RSU DK Ciamis

Menurut Syarif, setelah pihaknya melakukan sidak, penjelasan dari Direktur RSU Dadi Keluarga terkait SOP pelayanan kesehatan di rumah sakitnya bisa dimengerti. Namun, sayangnya di lapangan SOP tersebut tidak dijalankan, sehingga muncul ketidakpuasan dari masyarakat.

“Memang kita melihat dari satu permasalahan ini ada ketidaksinkronan SOP yang diterapkan oleh pihak RSU dan fakta pelayanan di tingkat bahwa. Sehingga mau tidak mau kita harus meluruskan permasalahan yang terjadi saat ini,” ucapnya.

Baca Juga: Buntut Pasien Meninggal Akibat Krisis Oksigen, DPRD Ciamis Sidak RS

Syarif menegaskan, dari kejadian ini Dinas Kesehatan harus melakukan evaluasi sebagai salah satu sektor pembinaan terhadap pelayanan kesehatan. 

“Tidak hanya memberikan instruksi di atas kertas, harus dilihat ke lapangan. Ini agar masyarakat merasa puas dengan pelayanan kesehatan di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Syarif berharap tidak ada lagi kejadian serupa menimpa pasien lain yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

“Permasalahan ini harus benar-benar disikapi secara serius. Sehingga tidak ada lagi pasien terlantar seperti yang terjadi di RSU Dadi Keluarga kemarin. Tingkatan atas harus terus mengawasi pelayanan kesehatan sampai tingkat bawah,” tegasnya.

Sementara itu Direktur RSU Dadi Keluarga, dr H Muhamad Iqbal mangatakan, masukan dari DPRD Ciamis menjadi pelajaran bagi manajemen untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan di rumah sakitnya.

“Masukan ini akan menjadi sebuah evaluasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang berada di RSU Dadi Keluarga Ciamis,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img