Vespa GTS Swiss Edition Hanya 300 Unit, Simak Kelebihannya

Vespa GTS Swiss Edition
Vespa GTS Swiss Edition. Foto : Net/Ist

Vespa memperkenalkan produk terbarunya yakni GTS Swiss Edition. Seri terbaru sepeda motor besutan Vespa ini antara lain GTS 300 Super dan juga seri GTS 125 Super.

Namun sayang, pabrikan sepeda motor asal Italia ini hanya memproduksi atau mengeluarkan seri terbarunya ini ke pasaran hanya 300 unit saja. Dan itu juga hanya tersedia di dealer resmi Vespa.

Pencinta sepeda motor legendaris ini terutama di Swiss tentu akan sangat senang dengan kehadiran format terbaru seri 125 dan juga 300 cc tersebut.

Baca Juga : Vespa Sprint 150 2021, Spesifikasi dan Harganya di Indonesia

Selain itu, dengan memproduksi hanya 300 unit saja, maka konsumen banyak yang memburunya untuk sekedar barang koleksi maupun karena rasa cintanya pada Vespa.

Spesifikasi Vespa GTS Swiss Edition

Motor roda dua besutan pabrikan otomotif legendaris asal Italia ini memang sengaja dibuat terbatas, dan juga hanya dipasarkan di negara Swiss saja.

Terlebih nama besar Vespa yang sudah diakui oleh hampir seluruh negara di dunia. Bahkan, tidak sedikit komunitas vespa yang tersebar termasuk di Indonesia.

Vespa memang sering memproduk sepeda motor skuter namun dengan bahasa desain yang mumpuni. Sehingga, tidak heran apabila pabrikan otomotif ini selalu menghadirkan varian dengan edisi terbatas, dan membawa tema yang klasik namun menarik.

Seperti salah satunya adalah Vespa GTS Swiss Edition, baik itu varian GTS 125 Super maupun 300 Super.

Desain dan Warna

Tidak berbeda jauh dengan sebagian besar motor Vespa yang sudah keluar dengan edisi terbatas, yang berubah hanya pada estetika. Sedangkan kinerja mesin tidak begitu menjadi orientasinya.

Hal tersebut terlihat pada bagian body yang menggunakan cat khusus dengan warna yang terkenal dengan nama Grigio Materia. Sementara pada bagian depan, terpasang lencana atau logo dari Vespa.

Logo yang dibuat secara eksklusif untuk Edisi Swiss ini, terpasang pada bagian dalam pelat depan, tepatnya pada bagian bawah kiri.

Keistimewaan dari pelat yang terpasang pada Vespa GTS Swiss Edition antara lain, aluminium dengan emboss 3D. Kemudian terdapat fitur tahun pembuatan, dan juga penomoran berturut-turut 1 sampai 300.

Penomoran individu dari GTS Super “Edisi Swiss” membuatnya menjadi barang koleksi yang didambakan oleh konsumen atau penggemarnya. Sebab, desain ukiran tersebut bisa menjadi nilai jual tersendiri.

Baca Juga : Vespa Primavera Sean Wotherspoon Terbaru Hadir dengan Tampilan Unik

Sehingga tidak salah jika tradisi kendaraan Vespa edisi terbatas yang legendaris ini berlanjut pada model GTS Swiss Edition.

Sementara untuk tampilan lainnya tidak jauh berbeda dengan yang ada pada versi reguler. Seperti headlight LED atau lampu model terpisah. Lampunya ini lengkap dengan DRL atau daytime running light. Selain itu, pada bagian mika belakang begitu kompak dengan tambahan LED round.

Sedangkan untuk mempertahankan identitas dari Vespa ini, adalah hadirnya beberapa aksen krom, velg dan juga jahitan joknya yang khas.

Spesifikasi Mesin dan Fitur GTS Swiss Edition

Dasar teknis Vespa GTS Swiss Edition ini sesuai dengan versinya yakni Super 125 dan juga 300. Jadi, skuter yang memiliki bodywork abu-abu yang mengkilap tersebut, untuk varian GTS 125 sendiri memiliki mesin dengan 3 katup dan injeksi berpendingin air.

Skuter besutan Vespa ini memakai mesin i-Get dengan kapasitas 124,5 cc. Kemudian untuk tenaganya bisa menghasilkan daya 14 Hp atau tenaga kuda pada 7.600 rpm. Serta torsi 10,2 Nm pada 6.000 rpm.

Sementara untuk varian GTS 300 Super terpasang mesin HPE (High Performance Engine) dengan kapasitas 278,3 cc. Sedangkan untuk tenaga maksimal yang seri ini hasilkan yaitu 23,8 tenaga kuda pada 8.250 RPM, dengan torsi maksimum 26 Nm / 5.250 RPM.

Sehingga, model 300cc ini adalah mesin paling bertenaga sepanjang masa yang pernah terpasang pada motor skuter Vespa.

Sedangkan untuk kelengkapan Vespa GTS Swiss Edition lain tidak berbeda jauh dengan versi atau varian standar. Yakni ban berukuran 12 inci, ABS/ASR, port USB, bike finder, lampu LED serba bisa serta speedometer analog.

Akan tetapi, Anda jangan menganggapnya motor Vespa ini ketinggalan zaman. Sebab, pada bagian sistem konektivitas “MIA” Piaggio sudah bisa menghubungkan ponsel pintar dengan motor ini.

Kemudian untuk fitur fasilitas keamanan juga tetap menjadi fokus Vespa. Seperti pada variab GTS 300 Super terpasang fitur Anti-Slip Regulations atau ASR. Selain itu juga, dengan lontaran tenaga yang besar, tidak perlu takut akan keseimbangan.

Untuk harga Vespa GTS Swiss Edition, varian 125 harganya CHF 5.745 atau kurang lebih Rp 90 jutaan. Sedangkan untuk varian GTS 300 Super banderolnya CHF 6.545 atau kisaran Rp 103 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto