Air Tajin untuk Bayi dengan Berbagai Macam Manfaatnya

air tajin untuk bayi
Ternyata air tajin untuk bayi banyak manfaatnya. Foto: Ist/Net

Air tajin untuk bayi cukup populer bagi masyarakat kita. Hal ini biasanya merupakan pilihan terakhir orang tua yang kesulitan memberikan ASI atau susu formula. Namun tahukah Anda jika air tajin juga bermanfaat bagi bayi?

Banyak orang yang memanfaatkan air tajin sebagai makanan alternatif untuk anaknya yang masih bayi. Air tajin memang memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi tubuh, termasuk untuk bayi.

Air tajin adalah air rebusan beras dengan bentuk yang agak kental. Minuman ini memang aman untuk konsumsi bayi. Terlebih beras adalah bahan rendah alergen yang kaya manfaat, sehingga juga baik untuk balita.

Namun karena bayi juga membutuhkan beragam nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya, maka sebaiknya perhatikan juga kebutuhan ASI atau susunya.

Oleh sebab itu, sesekali mencampurkan beras beserta air rendamannya atau air tajin sebagai makanan pendamping ASI juga bagus.

Manfaat Air Tajin untuk Bayi

Meskipun berasal dari rebusan beras, namun ada sejumlah kandungan nutrisi penting dalam air tajin. Seperti karbohidrat, gula, protein, maupun vitamin B. Nah, berikut ini berbagai manfaat air tajin untuk bayi yang sebaiknya Anda tahu.

Baca Juga : Manfaat Air Tajin untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Sebagai Sumber Energi

Air tajin yang secara rutin anak konsumsi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan energi selama bayi bermain dan beraktivitas.

Hal ini karena kandungan karbohidrat yang ada di dalam air tajin sama halnya dengan kandungan karbohidrat pada nasi. Malah tajin jauh lebih baik sehingga sangat mudah terserap oleh tubuh.

Kandungan inilah yang membantu dalam memenuhi kebutuhan energi si kecil. Termasuk ketika anak sudah selesai bermain dan menjalankan berbagai macam aktivitas lainnya ia akan tetap fit karena kandungan gizi dalam air tajin tersebut.

Mencegah Dehidrasi dan Mengatasi Diare

Diare dan dehidrasi pada bayi adalah dua hal yang bersinggungan. Bayi mengalami diare terjadi karena tubuhnya mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, air tajin untuk bayi bisa dijadikan solusi yang tepat.

Ambil satu cangkir beras, kemudian cuci sampai bersih. Rebus air beras tersebut ke dalam 3 cangkir air kurang lebih 15 menit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Daki Menggunakan 11 Bahan Alami

Air rebusan beras tersebut bisa Anda berikan untuk bayi setiap empat jam sekali. Anda bisa tambahkan gula, madu, aren atau garam untuk menambah cita rasa.

Dalam air tajin terdapat kandungan glukosa polimer yang sangat mudah terserap oleh tubuh si kecil sehingga diare dan dehidrasi bisa teratasi.

Akan tetapi jika kondisi si kecil tidak membaik atau justru bertambah parah, segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

Mengurangi Eksim atau Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik disebut juga dengan ruam kulit. Kondisi ini sangat sering terjadi pada bayi. Meski demikian, kondisi ini dapat mengakibatkan bayi merasa kurang nyaman ketika beraktivitas.

Manfaat air tajin untuk bayi ternyata juga mampu meredakan eksim atau dermatitis atopic. Oleh karena itu Anda harus segera mengatasinya. Caranya, ambil dua cangkir air tajin kemudian campurkan ke dalam air mandi si kecil.

Dalam air tajin terdapat kandungan oryzanol yang berguna dalam membantu meregenerasi sel-sel kulit yang nantinya telah mati atau rusak sehingga bisa sehat kembali.

Baca Juga : Ingin Mempercantik Wajah dengan Cara Terbaik? Ikuti Langkah Ini!

Air tajin juga menghasilkan kandungan minyak yang sangat berguna. Utamanya untuk membantu dalam proses melembabkan kulit bayi serta menyejukkan area kulit yang kering akibat eksim.

Sebagai Sunscreen Alami

Sinar matahari yang terlalu terik di luar rumah dapat menjadi pemicu pengaruh buruk kerusakan pada jaringan kulit. Ini juga bisa menyebabkan kulit kering dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Anda butuh sunscreen untuk menghalau berbagai pengaruh buruk tersebut pada kulit. Nah, inilah air tajin untuk bayi lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Anda bisa menjadikan air tajin sebagai sunscreen alami untuk kulit bayi Anda. Caranya adalah dengan mengoleskannya pada bagian wajah atau tangan sebelum bepergian ke luar rumah.

Anda juga bisa membawanya kemana-mana di dalam botol untuk dioleskan kapanpun ketika kulit bayi Anda kering, atau ketika bayi Anda akan main di bawah terik matahari. Misalkan ketika pergi ke kebun atau pantai.

Itulah berbagai manfaat air tajin untuk bayi yang Anda perlu tahu. Jadi, berikan air tajin secara rutin untuk memberikan manfaat sehat bagi si kecil. (R11/HR-Online)

Editor : Eva