Alasan Memilih Obat Herbal yang Berkhasiat Tanpa Efek Samping

alasan memilih obat herbal
Ini dia alasan memilih obat herbal. Foto: Ist/Net

Apa sih alasan memilih obat herbal ketimbang jenis pengobatan lainnya yang lebih modern? Meskipun dunia kedokteran makin maju dan berkembang dengan teknologi mutakhir, namun tak sedikit orang yang masih mengandalkan pengobatan herbal.

Sejak zaman dahulu, obat herbal seperti ramuan, jamu atau suplemen kesehatan lainnya yang terbuat dari bahan alami selalu menjadi solusi kesehatan banyak orang.

Bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi obat herbal daripada harus membeli obat kimia dari apotek. Mereka baru akan pergi ke dokter setelah tidak mampu dengan pengobatan herbal.

Herbal memang lekat dengan pengobatan tradisional. Hal ini karena alam telah memberikan solusi terhadap manusia jika mengalami sakit. Karena itu, tanaman yang memiliki khasiat obat menjadi pilihan untuk pengobatan.

Ini Alasan Memilih Obat Herbal

Lantas, kenapa banyak orang lebih memilih obat herbal? Selain karena mudah kita dapatkan atau membuatnya sendiri, ada beberapa alasan lain banyak orang masih percaya dengan penggunaan herbal.

Nah, berikut ini sejumlah alasan memilih obat herbal yang sebaiknya Anda tahu. Hal ini pula yang menjadikan herbal selalu menjadi favorit sejak dulu.

Baca Juga : Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit

Mudah Kita Dapatkan

Karena obat ini bisa kita olah dan buat sendiri dari alam yang mudah kita temukan. Untuk membeli obat herbal juga sangat mudah dan banyak yang menjualnya sebagai racikan dari bahan-bahan alami.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, bahkan bisa meraciknya sendiri di rumah jika sudah tahu komposisinya. Masalah kemudahan dan kepraktisan ini membuat herbal mudah kita dapatkan.

Obat herbal uga sudah menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin mendapatkan obat dengan cepat tanpa perlu ke dokter.

Misalkan mereka yang batuk lebih suka mengonsumsi jeruk nipis dengan madu, jeruk nipis bakar atau jeruk nipis kecap yang dapat menyembuhkan batuk secara cepat tanpa perlu ke dokter.

Rekomendasi Turun Temurun dari Orang Tua

Salah satu alasan memilih obat herbal yang banyak terlontar utamanya dari anak muda adalah karena rekomendasi atau saran turun temurun dari orang tuanya.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Gula Darah Pilihan Efektif dan Bisa Buat Sendiri

Banyak orang yang kemudian menjadikan pengalaman orang tua mereka sebagai referensi yang terpercaya. Sehingga generasi selanjutnya mencoba dan membuktikan sendiri khasiat dari herbal.

Khasiat Telah Teruji

Obat herbal juga sudah telah terbukti khasiatnya. Masing-masing bahan yang digunakan memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, baik ketika dikonsumsi secara terpisah atau pun digabungkan.

Sebagai contoh misalkan jeruk nipis yang manfaatnya sangat besar untuk mengatasi dan meredakan radang. Sedangkan madu merupakan herbal yang dapat menekan batuk.

Nah, kedua herbal ini juga bisa kita campur untuk memberi manfaat yang sangat besar dalam mengatasi masalah radang ataupun batuk.

Tidak Ada Efek Samping atau Minim Efek Samping

Karena terbuat dari bahan-bahan yang tersedia dari alam, oleh sebab itu obat herbal tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Berbahan dasar alami ini juga menjadi alasan memilih obat herbal.

Baca Juga : Herbal untuk Imunitas Tubuh, dari Jahe hingga Buah Mengkudu

Dengan bahan dasar alaminya tersebut, obat herbal menjadi sangat minim efek samping bahkan nyaris tanpa efek samping sehingga keamanannya bisa dipertanggungjawabkan.

Harganya yang Terjangkau

Alasan memilih obat herbal yang juga cukup umum karena menawarkan harga yang sangat terjangkau. Selain karena bahan-bahannya yang berasal dari tanaman yang mudah kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita.

Kemudahan dalam mendapatkan bahan baku serta pengolahan yang relatif sederhana tersebut menjadikan obat herbal dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Sangat Praktis untuk Kita Konsumsi

Obat herbal banyak yang sudah diproses secara modern dan hanya tinggal seduh saja untuk mengonsumsinya, sehingga meninggalkan kesan tidak praktis dari zaman dahulu. Bahkan beberapa obat herbal sudah ada yang siap konsumsi.

Misalkan herbal dalam mengatasi batuk yang mengkombinasikan antara jahe, madu, thyme, dan akar kayu manis yang sudah hadir dalam bentuk obat herbal sachet siap konsumsi yang pastinya aman dan praktis.

Itulah berbagai alasan memilih obat herbal yang telah menjadi bagian penting pengobatan masyarakat kita. Namun memanfaatkan herbal untuk pengobatan menyembuhkan penyakit tentunya dengan memahami komposisi, manfaat, cara konsumsi dan takarannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva