Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Andong Online Andong-Go Bisa Meningkatkan Ekonomi Sopir

Aplikasi Andong Online Andong-Go Bisa Meningkatkan Ekonomi Sopir

Aplikasi andong online Andong-Go ini hadir atas program kreativitas mahasiswa atau PKM dalam ajang bergengsi di kalangan mahasiswa. Salah satu tujuannya guna mengembangkan semua kemampuan dan kreativitas untuk selalu berinovasi dalam berbagai macam bidang.

Misalnya saja di kelompok PKM-KC yang berasal dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Ini juga diketuai oleh salah satu program studi pendidikan vokasi teknik mesin bernama basroni Alex Nugroho.

Selain itu juga bersamaan dengan teman-temannya yaitu dari PGSD bernama Atikah Trisnah Sari, dari Fisika bernama Nur Khotimah. Serta dari pendidikan matematika yang bernama Dika Rizky Nur Utami dan dari pendidikan vokasi teknik mesin bernama Muhammad Hasan Basri.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang Helo, Begini Cara Memainkan dan Menarik Uang

Aplikasi Andong Online Andong-Go, Apa Tujuannya?

Para paguyuban kusir andong di wilayah DIY akan berharap supaya semua andong yang beroperasi di Malioboro bisa melengkapi menggunakan fasilitas pembayaran dengan non tunai. Salah satunya dengan menggunakan QRIS yang saling terhubung menggunakan sebuah aplikasi uang elektronik.

Pasalnya dari sekitar 384 andong yang ada di sekitar wisata Malioboro, kini baru ada sejumlah 88 andong yang lengkap dengan QRIS. Sebanyak dua aplikasi berupa uang elektronik yang cukup berbeda, yaitu sebanyak 60 andong dengan menggunakan DANA. Sementara, sebanyak 28 andong lain dengan menggunakan LinkAja.

Bahkan dengan pembayaran secara non tunai menggunakan aplikasi uang elektronik juga bisa membantu para kusir andong. Hal tersebut bertujuan untuk bisa memiliki suatu penghasilan yang utuh ketika tiba di rumah mereka.

Apabila uang pembayaran secara langsung masuk ke rekening tabungan menggunakan sistem pembayaran elektronik. Maka penghasilan akan tetap utuh ketika sampai di rumah dalam sehari.

Banyaknya Wisata

Melihat dari adanya peluang para wisatawan di Yogyakarta dan keberadaan transportasi andong membuat kelompok PKM menciptakan Aplikasi andong online Andong-Go. Pasalnya mereka mampu berinovasi guna menghasilkan aplikasi tersebut untuk memudahkan para wisatawan ketika ingin menggunakan andong.

Selain itu, dengan bimbingan oleh bapak Widodo, M.Pd, Alex dan sekelompok lain merancang aplikasi online terbaru. Nah, aplikasi online untuk bisa menggunakan andong tersebut bernama Andong-Go.

Aplikasi tersebut berhasil diciptakan dan dikembangkan oleh Alex dan kelompok lain dan khusus untuk para sopir andong maupun wisatawan. Selain itu juga mampu menawarkan kemudahan untuk semua wisatawan ketika mereka ingin menggunakan transportasi andong tanpa harus datang ke tempat pangkalan andong.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang BVZ, Begini Cara Menggunakannya yang Benar!

Berbasis Integrasi Real Time

Aplikasi andong online Andong-Go ini juga berbasis Integrasi Real Time yang artinya sangat mudah untuk pengguna gunakan melalui perangkat Android. Pasalnya ada dua macam aplikasi, yaitu khusus untuk para pengguna dan khusus untuk para sopir andong.

Pada aplikasi untuk pengguna juga akan ada banyak fitur yangs udah ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Misalnya saja seperti informasi seputar destinasi, paket wisata, lokasi wisata dengan peta maupun fitur guna melihat letak sopir andong.

Sama halnya seperti aplikasi transportasi online yang lain, Andong-Go ini nantinya akan langsung menghubungkan antara sopir andong dan pengguna Karena berbasis Integrasi Realtime, maka sopir andong dan pengguna bisa langsung melihat peta lokasi.

Dari adanya banyak kemudahan dari aplikasi tersebut harapannya bisa meningkatkan kembali pendapatan dari sopir andong. Sehingga mampu guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi untuk semua sopir andong.

Banyak Memberi Keuntungan

Paket wisata dari aplikasi andong online Andong-Go ini mampu memberi keuntungan untuk semua wisatawan yang ingin berlibur di suatu tempat. Karena hanya cukup sekali bayar saja dan biaya yang akan mereka keluarkan juga sangat murah dan terjangkau.

Bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi satu tempat saja, maka ada fitur yang bernama Destinasi untuk mereka manfaatkan. Pasalnya fitur ini juga tidak hanya menawarkan tempat destinasi saja, melainkan ada juga tempat kuliner maupun stasiun di Yogyakarta.

Tidak hanya itu saja, namun berkat terciptanya sebuah aplikasi dari PKM itu mampu menarik para wisatawan. Tujuannya supaya mereka datang serta mengunjungi ke berbagai macam tempat wisata yang ada di kota tersebut.

Selain hanya kesejahteraan ekonomi untuk semua sopir andong, adanya aplikasi andong online Andong-Go ini bisa terus meningkatkan ekonomi masyarakat juga. Terutama untuk mereka yang berada di kota Yogyakarta. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img