spot_imgspot_img
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Pengolah Angka dengan Berbagai Karakteristik, Ini Pilihannya!

Aplikasi Pengolah Angka dengan Berbagai Karakteristik, Ini Pilihannya!

- Advertisement -

Aplikasi pengolah angka dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menghitung cepat. Jenis aplikasi ini dapat Anda manfaatkan pada perangkat HP ataupun PC secara lebih mudah hanya dalam beberapa waktu saja.

Baca juga: Aplikasi Pemilah Sampah Buatan Arek Malang, Sangat Menginspirasi!

Anda pun dapat memperoleh aplikasi ini dengan mendownloadnya di layanan Google Play Store. Fungsi dari pengolah angka ini, tentu sangat memudahkan Anda saat melakukan penghitungan angka serta data dalam jumlah yang banyak.

Dengan demikian, berbagai kegiatan kantor pun dapat Anda kerjakan secara mudah. Terutama untuk menghitung angka dalam jumlah yang banyak, sehingga Anda tidak perlu menghitungnya menggunakan komputer atau PC. Hanya dengan smartphone saja, maka Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengolah angka secara lebih cepat.

Daftar Aplikasi Pengolah Angka

Dalam kehidupan sehari-hari, aktivitas mengolah angka merupakan salah satu kegiatan yang paling penting. Terutama bagi Anda yang bekerja dalam bidang keuangan, maka akan sangat terbantu dengan adanya pengolahan angka.

Aplikasi pengelola angka pada umumnya disebut dengan Spreadsheet. Spreadsheet adalah salah satu program komputer yang digunakan untuk menangkap, memanipulasi, serta menampilkan angka yang umumnya tersusun dalam bentuk baris atau kolom.

Selanjutnya kolom dan baris dalam pengolahan angka tersebut saling terkait satu sama lain. Hal ini artinya, apabila Anda mengubah satu angka dari keseluruhan angka, maka nilai dari tabel yang lainnya juga turut berubah sehingga memiliki nilai sama.

Baca juga: Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

Aplikasi mengolah angka ini memiliki fungsi untuk merangkai serta memproses data yang berbentuk angka dalam berbagai keperluan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menjadi alat bantu untuk membuat tabel data serta grafik angka yang telah dikelola.

Menggunakan aplikasi pengelola angka sangat membantu dalam proses pembuatan laporan pekerjaan, terutama bagi Anda yang bekerja dalam bidang marketing. Berikut ini beberapa jenis aplikasi pengelola angka yang dapat membantu pekerjaan Anda.

KSPREAD

Aplikasi Pengolah Angka

Terdapat berbagai jenis aplikasi untuk mengolah angka, salah satunya yang cukup direkomendasikan adalah KSPREAD. Aplikasi ini adalah salah satu spreadsheet yang bersifat open source. Selain itu, KSPREAD juga multi-platform sehingga dapat Anda gunakan dalam berbagai jenis platform.

Arti dari aplikasi yang bersifat open source adalah aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis di internet serta bebas digunakan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, yang Anda perlukan adalah mengunduh aplikasi tersebut. Selanjutnya menginstalnya pada perangkat komputer yang Anda gunakan.

Secara sekilas, tampilan aplikasi pengolah kata satu ini hampir sama dengan Microsoft Excel yang memperoleh kelengkapan fasilitas baris dan kolom. Aplikasi KSPREAD juga memperoleh kelengkapan berbagai jenis karakteristik serta keunggulan.

Keunggulan Aplikasi KSPREAD

  • Mempunyai kemampuan yang dapat Anda gunakan untuk mengurutkan berbagai jenis data.
  • Mempunyai tampilan yang cukup menarik dengan kelengkapan berbagai macam menu dan sejumlah tombol. Dengan demikian, semakin mempermudah dalam penggunaannya.
  • Aplikasi pengolah angka satu ini juga memperoleh kelengkapan grafik yang cukup beragam dan menarik.
  • Selain memiliki banyak grafik, KSPREAD juga mempunyai banyak tabel sehingga dapat membuat kerja Anda lebih maksimal dan optimal lagi.

Google Sheet

Aplikasi olah angka yang cukup direkomendasikan selanjutnya adalah Google Sheet. Google Sheet merupakan aplikasi buatan Google yang dapat Anda manfaatkan untuk mengelola angka sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Aplikasi Krealogi untuk UMKM, Revolusi Digital untuk Optimalkan Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda dapat dengan mudah dalam mengelola serta mengedit angka pada pekerjaan Anda. Menariknya lagi, aplikasi ini telah terintegrasi dengan akun Google secara langsung.

WPS Office

Dalam aplikasi ini terdapat tiga fitur yang dapat Anda manfaatkan. Aplikasi tersebut terdiri dari Spreadsheet, Word, dan Presentation. Untuk aplikasi pengelola angka pada perangkat PC atau laptop, maka Anda dapat menggunakan Spreadsheet yang mempunyai fungsi hampir sama dengan software kelola angka lainnya.

Perbedaannya adalah bentuk dari aplikasi serta fitur yang tersemat lebih sederhana, tidak seperti yang ada pada aplikasi pengolah angka pada umumnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memperoleh kelengkapan menu serta desain yang cukup mudah untuk Anda operasikan sehingga sangat membantu menyelesaikan pekerjaan Anda.

Meskipun sederhana, akan tetapi fitur yang tersemat di dalamnya cukup lengkap. Dalam aplikasi ini, Anda juga masih dapat menggunakan angka, rumus, tabel, hingga fungsi dengan memanfaatkan Kingsoft Office. Anda tidak perlu khawatir, karena data yang Anda buat tetap dapat dibuka dan digunakan kembali.

GNOME Office (Gnumeric)

Aplikasi Pengolah Angka

Pilihan aplikasi pengolah angka selanjutnya adalah GNOME Office. Aplikasi ini mempunyai sifat multiplatform serta open source. Sehingga menjadikannya sebagai aplikasi yang berkualitas tinggi untuk dikembangkan ke dalam sebuah proyek office.

Dengan menggunakan aplikasi GNOME Office, maka sangat membantu dalam membuat lembaran kerja yang memudahkan kinerja Anda. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, maka semakin banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Apalagi, aplikasi ini dapat Anda download secara gratis dari menu Play Store. Dengan demikian, Anda pun dapat menghitung data angka secara lebih mudah dan praktis.

Abacus

Salah satu aplikasi pengolah angka pada perangkat PC atau laptop ini merupakan hasil pengembangan dari sebuah proyek mahasiswa asal Portugal. Software satu ini dikembangkan menjadi software Spreadsheet.

Baca juga: Aplikasi Desktop Pemeriksaan, Ketahui Fungsi dan Cara Kerjanya

Hal menarik dari aplikasi Abacus adalah memiliki ukuran cukup kecil sehingga tidak terlalu memberatkan perangkat. Anda tak perlu khawatir untuk mengunduh aplikasi ini meski penyimpanan perangkat hampir habis.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur lengkap yang mudah untuk Anda pelajari. Banyaknya fitur jelas saja membantu Anda saat mengoperasikan aplikasi ini. Kebutuhan pengelolaan angka bisa terpenuhi dan memberi hasil yang optimal.

StarOffice Calc

Pilihan aplikasi pengelola angka yang dapat Anda pertimbangkan selanjutnya adalah StarOffice Calc. Merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Sun MicroSystem dan memiliki sifat multiplatform.

Dengan demikian, aplikasi ini dapat Anda gunakan pada berbagai sistem operasi, baik Linux, Solaris, Unix, serta Windows. Sama halnya aplikasi untuk mengolah angka lainnya, aplikasi ini juga memperoleh bekalan dengan sejumlah fitur dan karakteristik cukup beragam.

Fitur dan karakteristik tersebut sangat penting untuk Anda gunakan dalam proses mengolah data angka. Berikut ini beberapa karakteristik dari aplikasi StarOffice Calc:

  • Aplikasi olah angka satu ini telah memperoleh kelengkapan fitur Function Wizard yang dapat Anda gunakan untuk membantu dalam menambah penulisan sejumlah rumus yang cukup sulit.
  • Selain itu, aplikasi juga memperoleh kelengkapan 275 fungsi serta formula untuk dibuat oleh para pengguna aplikasi yang bersangkutan.
  • StarOffice Calc hadir dengan fasilitas grafik atau chart yang berfungsi untuk menampilkan data-data dalam bentuk tampilan grafik sesuai dengan format yang pengguna inginkan.
  • Dalam aplikasi pengelola angka satu ini juga terdapat fasilitas data manipulation serta presentation yang bermanfaat untuk mengukur sekaligus mengelola data. Selanjutnya menampilkannya ke dalam bentuk grafik sehingga dapat lebih mudah untuk Anda pahami.

Aplikasi Pengolah Angka WingZ

Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi WingZ merupakan salah satu software yang memiliki sifat multiplatform. Untuk menggunakannya dengan kebutuhan non komersial, aplikasi ini bersifat free.

Fitur yang cukup menonjol dari aplikasi pengolah angka satu ini adalah perangkat dapat menganalisis berbagai data tertentu yang memiliki sifat dinamis.

Di dalam aplikasi WingZ juga terdapat berbagai fitur yang cukup lengkap dan dapat membantu pengolahan data pada bidang statistik, rekayasa, ketersediaan matriks kerja, hingga data keuangan.

Aplikasi WingZ juga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan penting, khususnya dalam sebuah perusahaan. Untuk dapat menggunakannya, Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu kemudian lakukan proses instalasi.

Gunakan berbagai fitur di dalamnya yang cukup mudah untuk Anda pelajari. Dengan demikian, pekerjaan pun dapat terselesaikan secara baik dan cepat.

Xess

Sama halnya jenis aplikasi pengolah angka sebelumnya, software satu ini juga masuk dalam software spreadsheet yang bersifat multiplatform. Aplikasi ini dikembangkan oleh AIS atau Applied Information System.

Anda bisa menggunakannya dalam beberapa versi, yakni Enterprise serta Lite yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Jika Anda menggunakan versi Enterprise, maka Anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Aplikasi Untuk Menulis Cerita Terbaik Jadikan Anda Penulis Beken

Pasalnya, dalam versi ini telah dirancang khusus bagi pengguna dari kalangan perusahaan. Namun jika Anda sebagai kalangan perorangan, maka dapat menggunakan versi Lite yang telah hadir khusus untuk perorangan.

Namun sangat sayang, harga dari aplikasi kelola angka satu ini cukup mahal. Bahkan mempunyai harga lebih mahal dari Microsoft Excel. Namun Anda tidak perlu khawatir. Anda pun akan memperoleh fungsi cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Lotus 123

Aplikasi pengolah angka ini besutan dari perusahaan IBM. Lotus 123 hadir satu paket bersamaan dengan paket office lainnya yang terkenal dengan sebutan Lotus SmartSuite.

Aplikasi Lotus 123 milik IBM ini berada di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Pada awalnya, Lotus 123 menggunakan serangkaian perintah-perintah yang pengetikannya dengan keyboard.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, dengan penggunaan program Lotus pada perangkat Windows, maka aplikasi ini pun mulai mengalami perkembangan serta penyesuaian.

Terutama untuk penggunaan pada sistem operasi Windows, maka aplikasi ini populer dengan sebutan Lotus 123 for Windows. Aplikasi olah angka satu ini mempunyai beberapa karakteristik yang menjadi kelebihan dari aplikasi Lotus 123.

Berikut ini beberapa kelebihan yang terdapat pada aplikasi Lotus 123:

  • Mempunyai berbagai fungsi analisis yang cukup kompatibel dengan Excel
  • Terdapat kemudahan dalam melakukan copy serta memindahkan lembar kerja
  • Cukup kompatibel dengan rumus, teks, fungsi, serta grafik dari file Excel
  • Selanjutnya aplikasi pengolah angka satu ini juga memiliki berbagai fasilitas yang berupa fitur Smart Label. Fitur ini mempunyai fungsi untuk membuat rumus secara lebih mudah dan cepat
  • Menariknya lagi, aplikasi Lotus 123 dapat Anda gunakan hingga 65,356 baris, sehingga menjadikannya salah satu aplikasi yang dapat Anda andalkan.

XXL

Pilihan aplikasi pengelola angka selanjutnya adalah XXL. Salah satu aplikasi besutan Universitas Nice ini dapat Anda jalankan menggunakan komputer dengan sistem operasi Unix.

Aplikasi ini mempunyai tampilan GUI unik serta memperoleh kelengkapan berbagai fungsi kompleks untuk mengolah angka yang memang cukup jarang pengguna umum manfaatkan.

Dengan berbekal aplikasi pengolah angka ini, maka Anda pun tidak perlu membuat laporan secara manual yang tentunya memakan waktu cukup lama. Selain itu, hadirnya aplikasi ini juga semakin memaksimalkan pekerjaan Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -