Aplikasi untuk Mengerjakan Soal Matematika Fitur Lengkap, Ini Daftarnya!

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika
Ilustrasi aplikasi untuk mengerjakan soal matematika. Foto: Ist/Net

Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika saat ini cukup beragam. Bagi sebagian orang, mungkin Matematika merupakan salah satu pelajaran yang seringkali sulit untuk dipecahkan.

Baca juga: Game Fight The Virus, Game Edukasi Buatan Mahasiswa UMM

Mata pelajaran satu ini telah diajarkan sejak pertama masuk sekolah. Mulai dari matematika sederhana hingga yang cukup rumit. Bahkan penggunaan pelajaran matematika tidak pernah lepas dari kegiatan sehari-hari.

Pada faktanya, terkadang soal matematika bisa sangat sulit untuk kita pecahkan. Dalam hal ini, kita memerlukan sebuah rumus serta ketelitian yang jeli untuk dapat menyelesaikan soal-soal matematika dengan lebih tepat. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini.

Saat ini banyak cara untuk belajar matematika dengan lebih mudah dan praktis. Dengan memanfaatkan adanya smartphone serta aplikasi pemecah soal matematika, maka mengerjakan soal matematika serumit apapun dapat lebih mudah untuk Anda kerjakan.

Saat ini telah banyak aplikasi smartphone yang dapat menyelesaikan soal matematika secara cepat dan tepat. Hanya dengan mengunduh aplikasi, kemudian masukkan soal matematika, maka smartphone Anda akan memberikan penyelesaian mengenai soal matematika tersebut.

Dalam sejumlah aplikasi juga memberikan jabaran tentang cara menyelesaikan soal matematika. Pemecah persamaan persoalan matematika ini terasa cukup cerdik untuk menyajikan solusi hingga langkah-langkah dalam memberikan jawab akhir. Lalu apa saja aplikasi untuk mengerjakan soal pelajaran matematika tersebut?

Daftar Aplikasi untuk Mengerjakan Soal Matematika

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang cukup berkesan. Dalam mata pelajaran ini terdapat berbagai rumus yang harus siswa hafal dan mengerti.

Selain itu, adanya pemahaman serta nalar yang juga siswa perlukan untuk mengaplikasikan rumus-rumus tersebut. Oleh karena itulah, mengapa banyak orang yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang cukup sulit.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, untuk belajar matematika saat ini semakin mudah, terutama berkat kehadiran aplikasi untuk mengerjakan soal matematika pada perangkat HP.

Nah, berikut ini beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk belajar matematika antara lain:

Photomath (Kamera Kalkulator)

Salah satu aplikasi yang cukup ajaib yang dapat membantu Anda dalam memecahkan PR Matematika putra putri Anda. Bagaimana dikatakan ajaib, pasalnya, hanya mengarahkan kamera smartphone Anda pada soal matematika yang ada, maka Photomath akan secara langsung menunjukkan penghitungan beserta instruksi bertahapnya secara lebih detail.

Selain itu juga, pengembang aplikasi untuk mengerjakan soal matematika ini juga telah menambahkan berbagai fitur menarik. Hal ini bertujuan agar aplikasi dapat mengenali tulisan tangan.

Dengan demikian soal Matematika dari guru yang yang ditulis tangan pun dapat dibantu dengan adanya aplikasi ini. Bahkan untuk fitur premium telah memperoleh kelengkapan instruksi secara bertahap secara lebih lengkap. Terdapat pula penjelasan yang lebih berwarna serta tersedia pula pengetahuan matematika tambahan lainnya.

Baca juga: Aplikasi Ujian Online Terbaik yang Memudahkan Para Siswa dan Guru

Melalui aplikasi untuk mengerjakan soal pelajaran matematika satu ini, para pengguna bisa dengan mudah menjawab persoalan matematika menurut bilangan bulat, desimal, grafik dan lain sebagainya.

Photomath ini juga memberi penjelasan mengenai animasi dan para pengguna smartphone hanya perlu menyalin solusi dari perangkat ke catatan mereka. Dalam aplikasi ini juga mendukung sekitar 36 bahasa untuk membantu orang di seluruh dunia.

Apabila ingin mengetahui bagaimana soal tersebut terjawab, maka Anda cukup tap soal matematika yang tengah diproses oleh PhotoMath, Maka Anda akan dibawa ke halaman khusus yang menjabarkan langkah semua dalam dalam jawaban soal tersebut.

Akan tetapi PhotoMath versi lama masih mempunyai kekurangan yakni tidak dapat mengenali soal matematika yang tertulis dengan tangan. PhotoMath versi lama juga tidak mempunyai kalkulator. Namun Anda tidak perlu khawatir, kedua fitur tersebut telah terdapat pada PhotoMath versi terbaru.

MalMath

Pilihan aplikasi selanjutnya yang cukup direkomendasikan adalah MalMath. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda dapat memahami proses penyelesaian matematika secara lebih mendalam.

Pemecah persamaan matematika ini sangat mendukung bagi para siswa sekolah menengah hingga mahasiswa. MalMath juga memperoleh opsi yang disorot. Dengan demikian, para siswa lebih mudah dalam memahami langkah-langkah pengerjaan soal matematika yang mereka hadapi.

Anda juga dapat dengan mudah melatih otak dengan masalah matematika yang tersedia dalam beberapa kategori serta tingkat kesulitan yang ada. Dengan menggunakan fitur analisis grafik yang terdapat pada aplikasi untuk dapat dipakai mengerjakan soal matematika ini. Maka Anda akan memperoleh solusi secara instan mengenai masalah matematika yang berdasarkan grafik.

Malmath gratis untuk Anda gunakan serta mampu memecahkan logaritma, aljabar, persamaan dan lain sebagainya dengan kesederhanaan maksimal. Setelah berhasil menyelesaikan soal matematika, maka Anda juga dapat dengan mudah membagikan atau menyimpannya untuk akses di kemudian hari.

Mathway

Mathway menjadi aplikasi untuk mengerjakan soal pelajaran matematika selanjutnya yang cukup direkomendasikan. Pasalnya, aplikasi ini cukup mudah untuk Anda gunakan serta cukup efisien dalam segala hal.

Mathway hadir dengan memiliki interface yang cukup menarik bagi sebagian besar orang yang memerlukan solusi, Anda akan mengetahui berbagai kiat-kiat pemecahan soal matematika untuk memperoleh jawaban yang tepat.

Selain itu, melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mempelajari proses pemecahan soal matematika tersebut untuk dapat menyelesaikannya sendiri.

Dengan kalkulator kamera, Anda hanya cukup memasukkan soal serta menangkapnya dengan menggunakan kamera perangkat untuk memperoleh solusinya. Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika satu ini juga menawarkan pengalaman bekerja dengan guru matematika swasta.

Pada saat membuka Mathway, maka Anda akan dihadapkan pada virtual keyboard untuk memasukkan soal matematika pada sisi bawah layar. Serta jenis soal matematika dan juga rumusnya yang terdapat pada sisi atas.

Dalam menggunakannya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk melihat langkah demi langkah dalam menjawab soal matematika. Selain itu, fitur kamera kalkulator yang tersemat pada aplikasi untuk mengerjakan soal dari pelajaran matematika ini lebih sulit penggunaannya apabila dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Auto Math

Dengan menggunakan aplikasi Auto Math memungkinkan Anda untuk memecahkan pertanyaan matematika dengan berbagai rumus sederhana. Cara kerja aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi sejenis lainnya.

Dengan mengambil foto dari persamaan matematika yang akan dikerjakan, meliputi perkalian, fraksi, divisi, kesenjangan, persamaan linear, pengurangan, algoritma dasar, aljabar, angka kuadrat, trigonometri dan lain sebagainya.

Akan tetapi berdasarkan informasi, aplikasi mengerjakan soal matematika ini belum memperoleh kelengkapan fitur membaca tulisan tangan. Serta belum dipersiapkan untuk penyelesaian jenis soal matematika yang lebih kompleks.

Baca juga: Aplikasi Belajar Tanpa Bayar, Belajar Online Saat Pandemi Lebih Efektif

Saat menggunakan Auto Math pertama kali, maka foto pertama Anda saat menyalin file data akan memerlukan waktu yang lebih lama dan kemudian akan lebih normal. Setelah foto awal berhasil terkirim, maka proses selanjutnya pun akan lebih cepat.

Trik Matematika

Salah satu pilihan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika buatan anak negeri. Karena merupakan aplikasi buatan anak negeri, maka tentunya tidak akan ada kendala bahasa apabila Anda menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan ruma putra-putri Anda.

Selain matematika dasar seperti pengurangan, perkalian, penambahan, serta pembagian, aplikasi ini juga menampilkan pengerjaan khusus matematika. Seperti pada perkalian yang berakhir pada angka 5, perkalian 2 angka puluhan. Trik Matematika tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, aplikasi untuk soal matematika ini berisi iklan pihak ketiga.

Socratic

Bagi sebagian besar orang Socratic merupakan penolong pekerjaan rumah yang cukup hebat. Aplikasi ini dapat membantu dalam setiap proses memperoleh solusi atu soal matematika. Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika satu ini bekerja dengan segera setelah Anda mengambil foto soal matematika.

Socratic juga dapat membantu para pengguna untuk mempelajari dari konsep memakai penjelasan secara lebih instan, tutorial serta set instruksi tahap demi tahap. Aplikasi ini secara akurat dalam memprediksi konsep yang tentunya akan membantu Anda dalam memecahkan pertanyaan.

Antarmuka dari aplikasi Socratic untuk Android ini mewarisi teknologi inovatif yang mampu membaca pertanyaan yang terdapat pada gambar dan dengan segera memberikan solusi secara cepat dan tepat. Selain itu, Anda juga dapat belajar lebih cepat dengan konten visual yang ditawarkan oleh pengembang dalam berbagai mata pelajaran.

Cymath

Pilihan aplikasi mengerjakan soal matematika selanjutnya adalah Cymath. Aplikasi ini hadir dengan menggunakan mesin matematika yang sama pada situs resminya, Anda dapat menyelesaikan masalah atau soal matematika dimanapun sesuai dengan berbagai topik yang diusung.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses solusi langkah demi langkah soal yang Anda hadapi tanpa adanya biaya apapun pada aplikasi ini. Dengan menggunakan Cymath dapat membantu Anda dalam memecahkan PR matematika yang berdasarkan pada kalkulus, grafik serta aljabar.

Dengan aplikasi untuk menyelesaikan soal Matematika satu ini, maka Anda tidak perlu pusing untuk memecahkan soal matematika yang cukup sulit sekalipun.

Math Experts

Aplikasi untuk mengerjakan soal Matematika satu ini hadir dengan memperoleh dukungan kelengkapan berbagai rumus. Mulai dari soal matematika, fisika, kimia serta teknik elektro yang tersusun berdasarkan kategori yang memudahkan pengguna dalam menyelesaikan persoalan secara lebih mudah. Selain itu, aplikasi Math Experts juga menyediakan fitur grafik untuk jenis soal-soal tertentu.

Dalam menggunakan aplikasi Math Experts, Anda cukup mencari kategori soal yang ingin Anda pecahkan. Serta memasukkan angka-angka pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya tap tombol Calculate untuk menemukan jawabannya.

AutoMath Photo Calculator

AutoMath Photo Calculator hampir sama dengan Photomath. Cara menggunakan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika satu ini pun juga sama, Anda hanya perlu mengarahkan kamera pada soal matematika serta memotretnya.

AutoMath Photo Calculator pun akan menjawab soal matematika yang Anda hadapi. Namun sayangnya, aplikasi ini masih belum dapat membaca soal yang tersedia dengan menggunakan tulisan tangan.

Baca juga: Aplikasi Google Form Melalui HP Android, Mudah dan Praktis

Lain dengan Photomath yang sudah dapat membaca soal tulisan tangan dengan lebih mudah. Meskipun demikian, AutoMath Photo Calculator memberikan kelebihan bagi para penggunanya.

Kelebihan tersebut adalah adanya rumus-rumus yang dapat membantu para pengguna untuk menyelesaikan soal matematika. Terdapat lebih dari 250 rumus yang dapat Anda manfaatkan. Fitur ini pun dapat menjadi alternatif apabila Anda menemukan soal yang tidak terbaca oleh kamera.

Dengan memanfaatkan salah satu dari daftar aplikasi untuk mengerjakan soal matematika di atas, maka Anda pun dapat memecahkan PR matematika secara lebih mudah. Hadirnya teknologi saat ini tentunya semakin memberikan kemudahan kepada Anda dalam belajar berbagai hal. (R10/HR-Online)