Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita NasionalBeredar Link Bansos Rp500 Ribu dari Kemensos RI, Hoaks atau Fakta?

Beredar Link Bansos Rp500 Ribu dari Kemensos RI, Hoaks atau Fakta?

Setidaknya sudah 3 orang yang mengirimkan link untuk mendapatkan bansos atau bantuan sosial Rp500 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos), yang penulis terima.

Sekilas untuk orang awam memang bantuan berupa uang tunai sebanyak Rp500 ribu sangat menggiurkan. Terlebih kondisi ekonomi saat ini yang memang sedang dalam keadaan sulit.

Ternyata, link yang penulis terima dari WhatsApp tersebut merupakan pesan berantai. Jadi, bukan hanya seorang saja yang menerima, kemungkinan tidak sedikit yang menerima.

Adapun isi dari pesan tersebut yang penulis terima adalah :

Kementerian Sosial

kondisi:

1. Pekerja yang bekerja/menganggur

2. Bukan Tenaga Kerja Indonesia

2. Anda harus warga negara Indonesia

Klik di sini untuk berpartisipasi

tenggat waktu:2021-9-8

Tanggapan Kemensos tentang Link Bansos Rp500 Ribu

Menanggapi pesan berantai yang beredar melalui pesan WhatsApp, Kemensos RI sendiri sudah memberikan penjelasan.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menyatakan bahwa telah beredar website yang mengatasnamakan atau memuat logo Kemensos RI.

Sebab, dalam situs yang menjual nama Kemensos tersebut, membuat sebuah kuesioner untuk memperoleh bonus dana bantuan Covid-19 berupa uang tunai sebesar Rp500 ribu.

Baca Juga : Hoaks Wisata Pangandaran Dibuka, Humas Setda: Jangan Percaya!

Namun sebelum menuju ke situs web tersebut, Anda harus mengklik link bansos Rp500 ribu dari Kemensos.

Sementara untuk kuesioner tersebut, agar Anda bisa mendapatkan dana bansos Covid-19, maka wajib menjawab beberapa pertanyaan atau survey.

Setelah itu, website tersebut meminta kepada pendaftar untuk menshare atau membagikan kepada orang lain via aplikasi WhatsApp. 

Setidaknya, ada 2 link bansos Rp500 ribu dari Kemensos yang penulis terima. Untuk yang pertama . Kemudian yang kedua adalah .

Namun ada juga link-nya berupa , seperti yang ada dalam rilis dari Kemkominfo.

Hoaks atau Fakta?

Sementara untuk menanggapi beredarnya link yang menawarkan bansos Rp500 ribu tersebut, Humas Kemensos RI langsung mengklarifikasi.

Masih mengutip dari rilis Kemkominfo tertanggal 6 Agustus 2021, bahwa Humas Kementerian Sosial RI mengatakan informasi dari website tersebut adalah hoaks.

Sebab, Kemensos RI tidak pernah membuat website pada link untuk pendaftaran bagi yang ingin mendapatkan bonus dana bantuan atau bansos Covid-19 yang uangnya mencapai sebesar Rp500 ribu.

Memang Kementerian Sosial sendiri mengeluarkan beberapa program sebagai upaya penanganan masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 serta selama pelaksanaan PPKM.

Program tersebut antara lain bansos, bantuan beras, Program Kartu Sembako, PKH, dan mendirikan dapur umum. Itu semua termasuk dalam perlindungan sosial.

Sedangkan untuk mengecek kepesertaan penerima bansos, Kemensos menyarankan untuk melakukan pengecekan lewat situsnya di web https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Isi Postingan Situs Web Kemensos Palsu

Setelah HR online mencoba mengklik link untuk mendapatkan bansos atau bantuan dana Coronavirus yang tersebut, ternyata pada bagian atas memang terdapat logo Kemensos RI.

Adapun isi dari website tersebut antara lain :

Selamat!

Hari ini, 7 August, 2021, Anda beruntung terpilih untuk berpartisipasi dalam survei kami. Dalam satu menit, Anda akan menerima hadiah Rp500.000.

Kami sudah mempersiapkan beberapa hadiah untuk yang ingin berpartisipasi dalam survei.

Anda hanya punya 3 menit dan40 detik, untuk menjawab survei berikut ini!

Cepat, jumlah hadiah finansial terbatas!

Sementara untuk mendapatkan bansos Rp500 ribu dari Kemensos setelah mengklik link tersebut, Anda harus menjawab 4 pertanyaan atau survey.

Untuk pertanyaan pertama “Apakah Anda seorang pekerja yang menganggur?”. Kemudian pertanyaan kedua “Apakah virus mahkota baru mempengaruhi pekerjaan Anda?”.

Kuesioner yang ketiga Anda harus menjawab “Berapa usiamu?”. Dan pertanyaan terakhir “Sudahkah Anda menerima tunjangan pekerjaan?”.

Memang dengan kondisi yang sekarang masih dalam pandemi Covid-19, ditambah pelaksanaan PPKM tentu banyak masyarakat yang terkena dampak.

Sehingga, tidak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan sekarang ini, salah satunya dengan menyebarkan link bansos Rp500 ribu dari Kemensos RI. Namun, sebelum sharing, sebaiknya saring terlebih dulu. #BersatuLawanHoaks. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -