Bersihkan Mika Lampu Motor dengan Gunakan Bahan Ini

Bersihkan Mika Lampu Motor
Ilustrasi bersihkan mika lampu motor. Foto : Net/Ist

Tidak ada salahnya jika Anda rutin bersihkan mika lampu motor. Sebab, jika headlamp atau wadah lampu motor sudah menguning, maka akan berpengaruh terhadap pencahayaan sepeda motor.

Adapun penyebab mika lampu motor menguning bisa karena beberapa faktor. Seperti sepeda motor yang terlalu sering kena sinar matahari atau dijemur, atau bisa juga karena watt lampu yang terlalu besar.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Namun, untuk penyebab karena terkena sinar matahari tentunya sangat sulit untuk menghindarinya. Sehingga, untuk menjaga agar wadah lampu tidak menguning, maka Anda harus rajin-rajin merawatnya.

Bahan Terbaik untuk Bersihkan Mika Lampu Motor

Ketimbang membeli tempat lampu motor yang baru, karena tentu harganya mahal (jika orisinil), maka lebih baik Anda membersihkannya sendiri.

Akan tetapi, saat membersihkan sebaiknya perhatikan bahan-bahan yang akan Anda gunakan. Karena, salah memilih bahan bukannya menjadi bersih malah mika lampu motor akan menjadi rusak.

Nah, berikut ini bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan mika lampu motor.

Gunakan Pasta Gigi

Tidak sedikit yang menganjurkan untuk menggunakan bahan yang satu ini. Sebab, pasta gigi atau odol fungsinya sendiri untuk memutihkan.

Dalam odol ini terkandung zat abrasif, seperti soda atau silica yang bisa membersihkan noda kuning pada bagian wadah lampu motor.

Akan tetapi, pemakaian odol dalam bersihkan mika lampu motor hanya untuk kondisi yang belum parah.

Caranya adalah cuci wadah lampu tersebut dengan menggunakan air bersih. Lalu, menutup sekeliling mika lampu dengan menggunakan selotip kertas.

Kemudian, tuang odol pada kain yang bersih, lembut dan agak basah. Setelah itu, gosok pelan-pelan kain tersebut pada permukaan mika. Perhatian arah gosokan, yang benar adalah gerakannya memutar.

Jika saat proses menggosok ternyata odol masih kurang atau belum bersih, maka Anda bisa menambahkannya pasta gigi.

Baca Juga : Lampu Variasi Motor, Menjadikan Berkendara Anda Lebih Keren

Selain untuk bersihkan mika lampu motor, odol juga bisa untuk meminimalisir goresan. Nah, untuk membersihkan atau menghilangkan goresan tersebut, lakukan gosokan dengan kuat sampai goresan memudar.

Apabila Anda merasa wadah lampu itu sudah cukup bersih, maka selanjutnya lap mika kembali dengan menggunakan campuran air bersama odol.

Langkah terakhir, bilas dengan air bersih lalu keringkan pakai kain lembut. Apabila Anda ingin hasil yang maksimal, bisa pakai pemoles elektrik.

Bahan Khusus Pembersih Mika

Pasta gigi memang banyak dipakai oleh banyak orang untuk bersihkan mika lampu motor. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memakai bahan yang khusus untuk membersihkan mika. Tidak sulit untuk mencari pembersih mika. Sebab, banyak beredar di pasaran.

Sementara untuk kelebihan dari bahan pembersih khusus mika ini adalah bisa sampai ke bagian pori-pori, dan hanya memerlukan waktu 25 menit saja tanpa Anda harus membongkarkan kaca.

Sedangkan jika Anda menggunakan bahan ini, caranya yaitu menutup sekitar mika lampu dengan memakai selotip kertas.

Setelah itu, amplas bagian mika lampu. Akan tetapi apabila Anda merasa takut ketika mengamplas akan timbul goresan, maka sebaiknya basahi terlebih dulu amplas tersebut pakai air sabun.

Proses sending atau amplas ini tujuannya untuk bukan hanya untuk bersihkan mika lampu motor saja. Melainkan juga untuk mencerahkan serta mengikis kembali lapisan yang sudah kusam.

Langkah mengamplas tahap pertama adalah untuk menghilangkan kotoran dan juga bercak jamur yang menempel pada wadah lampu. Langkah kedua agar goresan dalam bisa hilang. Serta langkah terakhir agar mika terasa halus kembali.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri untuk Pemula

Ketika proses sanding telah selesai, selanjutnya adalah mengoles bagian mika lampu motor dengan menggunakan cairan kompon. Hal itu tujuannya supaya terlihat bening seperti baru kembali.

Agar mika lampu tersebut tidak kembali kusam atau menguning dalam waktu dekat, maka Anda bisa memberi lapisan lagi, yaitu dengan menggunakan cairan coating.

Hindari Penggunaan Bahan yang Salah

Tidak sedikit orang yang saat bersihkan mika lampu motor menggunakan lotion autan. Padahal cara penggunaan bahan tersebut salah.

Sebab, lotion autan tersebut hanya untuk membersihkan permukaan kaca saja. Sedangkan untuk wadah lampu yang dari bahan mika atau plastik malah akan bertambah parah.

Cairan dalam autan yang masyarakat gunakan untuk anti nyamuk ini mengandung zat yang sifatnya panas. Jadi, mika atau plastik tentu akan rusak jika menggunakan bahan ini.

Untuk itu, saat bersihkan mika lampu motor harap hati-hati dalam penggunaan bahannya. Jangan sampai bahan tersebut bersifat panas, yang tentunya akan merusak mika lampu motor. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto