BI Serahkan Bantuan Traktor kepada 10 Kelompok Tani di Ciamis

Bantuan Traktor di Ciamis
BI Tasikmalaya menyerahkan bantuan traktor tangan dan kendaraan operasional untuk kelompok tani di Kabupaten Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya bersama anggota DPR RI Didi Irawadi menyerahkan program bantuan traktor tangan dan kendaraan operasional pertanian kepada 10 kelompok tani di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jum’at (27/8/2021).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Darjana, mengatakan, sektor pertanian di kabupaten Ciamis yang terbesar di Priangan Timur. Sehingga bantuan traktor tersebut sudah tepat diserahkan kepada kelompok tani di Ciamis.

“Bantuan ini sebagai bentuk dorongan terhadap para kelompok tani yang ada di kabupaten Ciamis. Agar lebih produktif dalam mengembangakan produk pertanian. Nanti hasilnya bisa lebih menguntungkan untuk para petani,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Darjana, data BPS ekonomi dari 17 lapangan usaha, 24 persen pertanian yang ada di kabupaten Ciamis menduduki rangking satu di wilayah Priangan Timur. Karena itu, para petani harus bisa terus melakukan inovasi-inovasi yang terbaik guna mempertahankan hasil pertanian.

“Sangat tepat bantuan ini kami berikan terhadap kelompok pertanian, artinya produktif dalam menjalankan produksi hasil pertanian bisa terus meningkat. Terlebih Ciamis merupakan daerah terbesar kedua dari Tasikmalaya dalam mengembangkan pertanian,” jelasnya.

Saat ini, kata Darjana, pertanian yang maju sekarang sudah mengalahkan industri perdagangan, jasa dan lainnya. Maka dari itu kepada kelompok tani, bisa terus bersemangat dalam mengembangkan hasil pertanian. Terlebih di masa pandemi Covid-19.

Meski wilayah pertanian tidak terganggu pertumbuhannya di masa pandemi Covid-19 ini, produksi terus bisa ditingkatkan. Sehingga bantuan ini sesuai dengan kebutuhan petani.

Bantuan Traktor untuk Kelompok Tani di Ciamis Berdampak Baik

Sementara Nur Mutaqin, anggota DPRD Ciamis, mengatakan bantuan yang diberikan pihak BI terhadap kelompok pertanian yang dibinanya ini jelas membawa dampak bagus. Petani bisa dengan mudah ketika dalam mengembangkan usaha pertanian ketika alatnya ada.

“Traktor tangan ini sangat kita butuhkan. Karena banyak kelompok pertanian saat ini menggarap lahan pertanian tidak hanya di sawah, melainkan lahan perkebunan dengan mengembangkan umbi jenis porang,” jelasnya.

“Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada pihak BI dan juga Didi Irawadi anggota DPR RI yang sudah bisa memfasilitasi kelompok pertanian di kabupaten Ciamis. Terutama untuk mendapatkan bantuan sebagai jalan mengembangkan produk pertanian,” katanya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu